Ketagihan Menginap di Hotel Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Novotel Jakarta Mangga Dua Square, hotel bintang 4 di Jakarta yang dekat dengan kawasan belanja, wisata, kuliner, dan mudah dijangkau dengan transportasi umum (busway TransJakarta, KRL Commuter Line, MRT). Oke, ‘kan? Baca tulisan ini sampai habis! Gue bakal share detil fasilitas di Novotel Mangga Dua dan cerita pengalaman menginap gue di sana.

Gue menginap di Novotel Mangga Dua di hari Sabtu-Minggu, 13-14 Juli 2019. Kali ini gue nggak sendiri, tapi staycation bareng temen-temen Teman Hotel Reviewer (THR). Rasanya seneng banget bisa ketemu lagi sama mereka, ngobrol panjang lebar, dan beristirahat dalam satu atap. Selain menginap satu malam, kami juga mencicipi makan siang dan makan malam di Novotel Mangga Dua. Pokoknya selama 2 hari 1 malam itu kami nggak ke mana-mana, semua kegiatan dilakukan di hotel, bener-bener staycation yang haqiqi!

:good::good:

Lokasi Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Novotel Mangga Dua beralamat di Jalan Gunung Sahari no. 1, Pademangan, Jakarta Utara, berada di dalam komplek pusat perbelanjaan Mangga Dua Square. Jangan terkecoh, meski secara administratif ada di wilayah “Jakarta Utara”, tapi lokasi Novotel Mangga Dua ini masih tergolong di tengah DKI Jakarta.

Reception desk, Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Sit and relax at Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Admiring the lobby of Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Sekitar jam 12:00, gue tiba di drop-off point Xtrans Blora yang berangkat jam 8:10 molor dikit dari pick-up point Xtrans Pasteur. Setelah makan siang di sebuah rumah makan mi ayam, gue merapat ke Stasiun Sudirman yang memang deket dari situ. Dari Sudirman, gue naik KRL Commuter Loop Line (jalur kuning) arah Tanah Abang / Duri / Jatinegara, lalu turun di Stasiun Kampung Bandan. Ongkosnya cuma Rp3.000 dan tingkat kepadatan penumpang saat itu masih bearable lah.

Jadi kalo kamu mau naik MRT Jakarta, naik aja sampe Stasiun Dukuh Atas lalu berpindah ke Stasiun Sudirman dan ikuti rute gue di atas, Sementara kalo mau naik TransJakarta, bisa naik busway koridor 5/10H/12 dan turun di halte Gunung Sahari Mangga Dua. Tiba di halte, kamu tinggal menyeberang ke mall Mangga Dua Square lalu masuk ke Novotel Mangga Dua melalui Gate 3. Sementara kalo dari Stasiun Kampung Bandan kayak gue, harus jalan kaki beberapa ratus meter dulu melalui gang perkampungan. Dari Gate 3, udah kelihatan papan nama Novotel berukuran besar yang sukses mencuri perhatian.

Lobi Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Saat gue akhirnya sampai di reception area Novotel Mangga Dua, kondisi saat itu rameee banget! Ada banyak tamu dari Timur Tengah, beberapa di antaranya sudah mengantre di depan meja penerimaan. Untung mas Ridho @hotelopedia udah check-in duluan dan udah ada di dalam kamar, jadi gue tinggal dijemput di lobi.

Ngomong-ngomong, meski berlangit-langit rendah dan nggak terlalu luas, tapi gue suka banget lobinya Novotel Mangga Dua Square ini! Pencahayaan, material, dan furnitur yang digunakan menciptakan kesan elegan. Dekorasinya pas, tak berlebihan. Gue yang wawasan arsitekturnya sangat terbatas ini susah buat menceritakannya, so I’ll let the pictures tell you.

Seating area, Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Internet Corner, Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Reception area Novotel Mangga Dua dilengkapi dengan seating area di berbagai sudut dengan sofa-sofa yang nyaman dalam berbagai rupa dan ukuran. Ada pula internet corner dengan 1 unit personal computer Apple, selfie booth, dan spa & massage counter. Empat buah elevator ditempatkan di sudut aula.

Kamar Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Gue dan temen-temen THR diinapkan dalam kamar-kamar di lantai 7. Kamar Deluxe yang kami tempati ini memiliki luas 32 m², legaaa! Di luar dugaan, kamar-kamar di Novotel Mangga Dua hadir dalam balutan desain interior modern yang elegan dan segar. Lantainya terasa hangat dipijak berkat karpet yang empuk. Kursi dan meja kerja yang lapang ditempatkan dengan apik di sudut kamar, bersisian dengan jendela lebar bertirai yang menghadap ke kolam renang di lantai 5.

Selain fasilitas standar (TV, AC, dan air panas), kamar juga dilengkapi dengan coffee & tea maker dengan 2 pasang cangkir dan gelas, minibar, slippers, safety box, dan walk-in closet. Kesan lux semakin kuat ketika melihat varian air mineral yang disediakan. Bukan air mineral Aqua dengan botol plastik seperti yang biasa kita temukan, namun air mineral Aqua dengan botol kaca! Di samping area kerja, ada area santai dengan sofa dan coffee table. Saking gedenya, sofa bisa difungsikan sebagai tempat tidur orang ketiga (((orang ketiga))).

Panoramic picture of our Deluxe Room | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

The window overlooking the swimming pool | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Sebenernya ini adalah 2 twin-bed yang disatukan hahaha | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Sofa, coffee table, working area | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Urusan di atas ranjang, bedding kamar Deluxe Novotel Jakarta Mangga Dua Square ini memanjakan tamunya dengan 3 buah bantal! Masing-masing adalah bantal putih reguler, bantal putih berukuran besar namun lebih tipis dari bantal reguler, dan bantal kecil berwarna biru muda.

Urusan permandian pun ternyata datang di atas bayangan! Tamu sudah disediakan 2 pasang handuk, sepasang bathrobe (jubbah mandi), hair dryer, dan toiletries lengkap. Toiletries-nya terdiri dari 2 buah shower gel, 2 buah shampoo, hair cap, bar soap, odol, sikat gigi. Area basah dan area kering dipisahkan oleh dinding kaca. Walaupun shower-nya bukan yang bertipe rainforest, tapi pancuran tetap berfungsi baik dan mudah disesuaikan. Ada tempat untuk meletakkan peralatan mandi.

The hot shower works fine | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Glass wall for shower | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Nah nah, kalo melihat area basahnya, beberapa di antara kamu pasti bertanya-tanya: itu dindingnya terbuka ke arah kamar? Tenang, beb. Salah satu sisi dinding pada bilik pancuran memang terbuat dari material kaca bening yang terbuka ke arah kamar, tapi ada tirai putih yang bisa dibukatutup saat dibutuhkan kok. Jadi privasi kamu tetap terjamin.

Makan Malam di Gourmet Bar Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Malam hari setelah seluruh peserta gathering berkumpul―@kepinhelmy, @krisnabrataa, Agus @fnd_familytrip, Halim @hotelindoo, Faiz @doyandolan91_, dan mas Ridho Hotelopedia―kami serempak turun ke lantai 5 untuk makan malam di Gourmet Bar, salah satu restoran yang dimiliki oleh Novotel Mangga Dua.

Menu makanan yang kami pesan adalah Ikan Bakar Sambal Dabu-Dabu (pesenan gue), Beef Burger, Nasi Goreng Kampung, Nasi Goreng Buntut, Tenderloin Steak, Rib-Eye Steak, dan nacho. Sementara untuk minuman, kami pesan Virgin Mojito, Watermelon Juice, Red Pattaya, Tropical Juice, Virgin Pina Colada, dan Peanut Frost. Ikan bakar gue hadir dengan tampilan yang sederhana, tapi enak kok, apalagi kangkungnya. Beef Burger-nya enak dan daging sapinya tebel. Nacho-nya juga enak. Gue icipin kedua nasi goreng yang dipesan dua member THR lainnya itu, enak juga dan masing-masing punya citarasa yang unik! Sementara menu lainnya nggak sempet gue cobain, hehe.

Nacho | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Beef Burger | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Ikan Bakar Sambal Dabu-Dabu | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Nasi Goreng Buntut | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Lets dig in! | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Sambil menunggu makanan datang, kami ngobrol panjang lebar dari soal perhotelan, film-film Marvel, sampai serial Netflix. Untuk masalah harga, setara dengan desain interior dan nuansa yang diberikan, middle-up gitu beb. Jadi supaya leluasa memilih menu (makan + minum) di sini, siapin aja kocek sekitar Rp150.000,00.

Sarapan dan Makan Siang di Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Keesokan harinya, gue bangun pagi-pagi supaya bisa foto-foto di lobi, Premier Lounge, dan fitness center (baca ulasannya di bawah). Setelah itu, gue sarapan bersama teman-teman reviewer lainnya.

Sarapan di Novotel Mangga Dua ada di Food Exchange (lantai 5) yang berada persis di samping Gourmet Bar, bahkan di antara keduanya nggak ada pembatas masif. Tapi, tamu dianjurkan untuk tetap menikmati sarapan di area Food Exchange dan bukan di Gourmet Bar. Mungkin buat menjaga suasana dan kebersihan bar, ya. Pilihan menu buat sarapannya bervariasi, tapi nggak berlebihan, gue nggak sampe pusing buat memilih menu. Ada menu nusantara, ada pula menu sarapan ala western, nasinya tersedia dalam beberapa pilihan. Pilihan gue jatuh pada nasi kuning, omelet, daging, sosis, fillet ikan, ham, sayur brokoli, beberapa macam kue, dan jus jambu.

Welcome to the Food Exchange | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Happy breakfast! | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

My choices for breakfast | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Cakes for desert 😀 | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Desain interior Food Exchange ini modern, elegan, dan mewah! Sekali lagi, keterbatasan wawasan arsitektur membuat gue nggak mampu mendeskripsikannya dengan sempurna. Makanan dan minuman ditata pada island dan konter-konter yang dapat diakses tamu dari 4 atau 2 sisi. Para tamu hotel duduk menempati kursi-kursi sofa yang sudah ditata rapi dalam beberapa macam set. Nuansa elegan ini nggak gue sadari saat sarapan karena suasananya sangat riuh! Untungnya saat ke sini lagi buat makan siang sebelum check-out, suasana restoran lebih sepi sehingga gue bisa mengagumi detil penataan interior ruangan.

Ternyata sajian makan siang di Novotel Mangga Dua berbeda dari sarapan lho, namun tetap bervariasi. Kali ini gue memilih nasi goreng sebagai sumber karbohidrat utama. Selain kuliner nusantara dan western (gue sempet cicipi sedikit spaghetti), kuliner Jepang juga mengisi cukup banyak spot di island makanan. Ada ramen, macam-macam sushi, dan kudapan Jepang lainnya. Buat kuliner nusantara, konter ayam penyet hadir mendampingi konter mie tarik yang sudah ada sejak sarapan. Tamu bisa memilih sendiri daging ayam dan lauk pauknya (tahu, tempe, dll) lalu menyaksikan sang koki beraksi di balik meja konter.

The main island, Food Exchange | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Seating area, Food Exchange | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

The bar and the restaurant | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Duh, monmaap banget kalo review sarapan dan makan siang ini agak-agak nggak jelas. Menunya banyak, gue nggak bisa icip semua, dan gue cuma semalam di Novotel Mangga Dua. Tumben-tumbennya gue nggak foto buffet area di setiap sudut yang biasanya gue lakukan untuk membantu menulis review. Kayaknya karena saat itu udah terlalu amazed dengan banyaknya fasilitas Novotel Mangga Dua yang gue nikmati. Idealnya, nginep 3-4 hari sih di sini biar bisa menikmati semua menu sarapan dan makan siangnya.

:peace::peace:

Premier Lounge Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Pagi-pagi sebelum sarapan, gue, mas Ridho, dan Faiz datang lagi ke Premier Lounge yang ada di lantai 8. Semalam, kami semua udah mampir juga ke sini bersama semua member THR, tapi belum menikmati fasilitas yang ada. Seperti namanya, Premier Lounge adalah sebuah lounge eksklusif yang disediakan pihak Novotel Mangga Dua. Nggak semua tamu punya akses ke lounge ini, hanya Platinum Member AccorHotels atau tamu yang menginap di kamar Premier. Kami yang menempati kamar Deluxe sebenernya nggak boleh masuk ke lounge ini. Namun sebagai hotel reviewer yang sudah bekerjasama dengan pihak hotel, jadi kami diperbolehkan.

Ngopi-ngopi di Premier Lounge Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Enjoying a quiet and relaxing ambience of Premiere Lounge Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Mau sarapan di Premier Lounge Novotel Jakarta Mangga Dua Square? Bisa!

Ada banyak banget seating area di dalam Premier Lounge Novotel Mangga Dua. Ada area dengan sepasang sofa panjang saling berhadapan, ada sofa panjang yang dipasangkan dengan kursi-kursi sofa, ada sofa extending yang berhadapan dengan kursi-kursi empuk, ada pula yang hanya berupa sepasang kursi sofa saling berhadap-hadapan. Mau buat laptopan sendiri, ngobrol berdua, ngobrol dalam forum kecil, ngerumpi, ghibah, atau malah meeting kecil sekalian, semua bisa!

Fakir listrik nggak usah cemas, karena colokan ada di banyak spot. Beberapa seating area juga dilengkapi dengan TV. If you need any assistance, selalu ada dua orang petugas yang siap membantu.

Buffet area, Premier Lounge Novotel Jakarta Mangga Dua Square

My favorite area at Premier Lounge | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Mau meeting kecil-kecilan? Bisa!

Saat malam, buffet area berada dalam keadaan kosong, tapi nuansanya elegan banget! Suka banget sama pemilihan furnitur dan lighting-nya. Spot favorit gue ada di area yang menghadap kolam renang. Sementara saat kami datang lagi besok paginya, beberapa menu sudah disiapkan di buffet area. Yes, Premier Lounge Novotel Mangga Dua bisa menjadi opsi tempat menikmati sarapan yang lebih tenang. Namun, menu sarapan di sini nggak selengkap menu di Food Exchange sebagai tempat sarapan utama, hanya ada menu-menu western breakfast yang ringan dan praktis.

Karena gue juga menyiapkan perut untuk sarapan di Food Exchange, saat di Premier Lounge pun gue cuma menikmati secangkir kopi dan membaca majalah travel yang disediakan.

Fasilitas Hotel Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Nah, sebelum mampir ke Premier Lounge pagi itu, gue sempet masuk ke dalam fitness center Novotel Mangga Dua. Monmaap nih, alur ceritanya maju mundur kayak Syahrini. Fitness center ada di lantai 5, satu lantai dengan kolam renang, Food Exchange, Gourmet Bar, dan area bermain anak (kids zone). Selain itu, di lantai ini juga ada ballroom. Pendek kata, fasilitas komunal Novotel Mangga Dua terkonsentrasi di lantai 5.

Fitness center Novotel Mangga Dua luas dengan peralatan yang cukup lengkap, seperti: dumbbell berbagai ukuran, alat-alat olahraga angkat berat, treadmill, sepeda statis, dsb. Dispenser air minum dan gelas tersedia di tepi ruangan. Salah satu sisinya memiliki jendela lebar yang menawarkan panorama kawasan Mangga Dua dan sekitarnya.

Workout dulu, Gengs! Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Fitness center Novotel Jakarta Mangga Dua Square

THR di kolam renang Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Kesimpulannya, satu malam di Novotel Jakarta Mangga Dua Square itu nggak cukup bangeeettt!!! Pengen icipin semua menu sarapan di Food Exchange. Pengen cobain sarapan di Premier Lounge. Pengen cobain breakfast on bed. Pengen ciblon di kolam renangnya yang nyegerin itu (gue bahkan nggak sempet sesi foto sendiri di kolam renang).

Dinner together | Novotel Jakarta Mangga Dua Square

Lokasinya strategis di tengah kota, bisa dijangkau dengan busway TransJakarta atau KRL. Tempat makan, tempat belanja, tempat wisata Jakarta juga deket. Sarapan, makan siang, dan makan malamnya enak-enak. Fasilitasnya lengkap banget, sangat memungkinkan buat bener-bener stay di hotel selama 2-4 hari tanpa keluar gedung sama sekali. Petugasnya juga ramah. Nggak cuma sama kami sebagai hotel reviewer kok, tapi tamu yang lain juga. Gue anaknya diem-diem memperhatikan, hehe. Novotel Jakarta Mangga Dua Square, I’ll be glad to be back.

60 komentar

1. Kak…lengkap banget loh ulasannya

2. Hotelopedia · · Balas

Ulasannya lengkap, foto-fotonya pun menarik. Makin mantep nih. Kuy kumpul lagi 😁

1. Waa makasih apresiasinya, suhuuu

3. Modelnya siapa tuuuuh? Boleh juga 😀 hahaha, by the way as always ya reviewnya mas Nugie selalu lengkap hehehe jadi yang mau cari hotel bisa baca dengan jelas detailnya 😀

1. Modelnya aku sendiri kok 😂😂😂

Makasih apresiasinya, kak. I feel honored. Semoga bermanfaat ya.

4. Nurul Sufitri · · Balas

Waw, ati2 mas Matius ngeri handuknya geser dikit kebuka dah 🙂 Aw..aw..aw hahaha! Ooooh nginepnya dapat di lantai 7 ya. uas itu 32m2 mah ya dengan desain interior yang modern dan bikin betah bobo syantik dan ngubrul2 sampai pagi. Benar2 menikmati hotel haqiqi hahaha. Makannnya berlimpah ya jadi bingung yang makan duluan yang disantap. Eh, mana2 orang ketiganya? Wkwkwkwkwk bisa muat gituh keren dah kasurnya 🙂

1. Rasanya pengen remote working terus nginepnya di Novotel Mangga Dua ini.

Hayo tebak, di antara member-member itu mana yg jadi orang ketiga 😀

5. Wah menyenangkan memang kalau staycation hotelnya nyaman ya, ga perlu keluar2 lagi hehe.

Paling suka kalau di kamar ada sofa bed nya deket jendela, kadang malah suka ketiduran di situ hehe 🙂

1. Sambil nonton TV gitu ya 😁

6. Baru tahu ada grup hotelier, asyik juga bisa staycation sama-sama. Untuk hotelnya sendiri jempolan. Novotel gitu. Foto-fotonya Nugie makin cakep.

Trus kaget ada foto Halim. Ternyata Halimnya OTe yang dimaksud hehe.

1. Waa trimakasih apresiasinya, mas.

Iya grup ini terbentuk sejak 2 tahun lalu mungkin. Belum banyak sih membernya. Tapi di IG memang sekarang banyak reviewer hotel.
      Yup, koh Halim OT 😀

7. Asyiknya gathering THR makan disediakan full yah malam, pagi, siang 👍🏼👍🏼👍🏼

Itu beneran ada orang ketiga? Knp ga pake extra bed saja?

1. Haha, karena cuma semalam juga sih mas. Jadi biar gak perlu ke mana-mana, lebih fokus di hotel 😀

8. desain lobbynya seperti futuristik gitu ya…,keren banget..
    dan aku naksir sama working area di kamar itu…, mungkin karena lagi pengen buat pojok kerja di rumah jadi cari2 inspirasi

1. Working area-nya memang luas, kak. Bisa menikmati kolam renang pula 😀

9. Interiornya kereeen..dan lihat menu yg dipesan aku langsung lapeeeer..haha..

1. Kreatif ya 2 bed dijadikan satu jd bs buat tidur bertiga, kalau cewe2 yg nginep disitu pasti abis check in lgs cus belanja ke ITC mangga dua tuh, hehehe

1. Disatuin bukan buat tidur bertiga sih, tapi buat photo session haha 😀

10. Halo mas Teguh, saya yang dari gariswarnafoto. Wah ini sih lengkap banget alirannya, kalau saya lebih ke aliran kalau ada urusan di ibu kota lebih baik menginap di tempat temen hahahaha.
    Salam kenal ya

1. (((aliran))) 😂😂😂

Ini pas ada perlu juga sama temen-temen satu komunitas, jadi menginap di sini. Tapi memang biasanya kalau di Jakarta nginep di hotel juga sih hehe. Salam kenal juga, mas. Terima kasih sudah berkunjung.

11. OMG kamarnya keren dan luas banget pasti betah di kamar ini mah. Makanannya juga terlihat enak, sukses bikin ngiler.
    Ulasannya lengkap sekali, fix bikin envy pengen staycation juga di Novotel Mangga Dua

1. Cuuusss buruan staycation di Novotel Jakarta Mangga Dua Square 🙂

12. Yervi Hesna · · Balas

Pas liat fotonya mas Teguh, rasa-rasa kenal wajahnya di IG tp bukan dg nama Travelearn ataupun Teguh. Setelah dikepoin ternyata @nugisuke. Salam kenal lagi ya di facebook.

1. Hehe iya username-nya @nugisuke. Username ini digunakan di FB, Twitter, Instagram. Namanya tetap sama, Matius Teguh Nugroho.
      Salam kenal juga, mbak Yervi

13. Wow, keren … Kurang panjang nih komennya. Hehe …

Selalu suka baca ulasannya thetravelearn. Lengkap, apik, dan detail banget. Foto-fotonya juga keren.

Yang saya suka dari hotel ini adalah dekorasi, view kamar, fasilitas penunjang lain kayak kolam renang juga oke.

1. Hehe terima kasih apresiasinya, mbak. Aku paling suka kamar dan premier lounge-nya.

14. ariefpokto · · Balas

Wah kolaborasinya seru, semua hotel reviewernya hadir di hotel serba lengkap & elegan ini. Penasaran sama premier lounge nya deh. Bener-ber exclusive. Belum pernah juga nyobain yg beginian. Mesti upgrade keanggotaan di Accor nih kayaknya. Hehehhe

1. Hehe ayo upgrade, mas. Seru banget lho benefitnya.

2. Beneran ini mah di tengah kota ya soalnya bisa belanja bebas di Mangga dua. Dekat dari mana-mana. Jalir kendaraan juga terbilang mudah. Btw, suka dengan suasana lobby yang luas begini.

1. Bener-bener hotel yang hampir sempurna ya

15. Beberapa kali lewat depan hotel ini, tapi nggak pernah masuk. Baru tahu dalamnya cantik juga. Selama ini bayangan saya, hotel ini buat pedagang yang mau borong atau berbisnis di sekitaran Mangga Dua, jadi saya selalu menganggap interiornya pasti simple. Ternyata bisa juga buat keluarga ya.

1. Sama. Aku kira interiornya bakal lawas dan sederhana seperti hotel2 lama, mana di Mangga Dua lagi. Ternyata interiornya modern dan elegan!

16. Suka interiornya, apalagi yg bagian internet corner. Modern kesannya.
    Btw, fotonya kece-kece

1. Terima kasih, mbak Rahma 🙂

17. Hotelnya bikin betah dan mager. Padahal kalau udah di Mangga Dua pengennya kan belanja-belanja juga. Tetapi, dengan hotel senyaman itu, bikin jadi galau antara mau belanja atau diam aja di hotel hehehe

1. Belanjanya di Mangga Dua Square aja, biar nggak usah jauh-jauh 😁😁😁

18. wahh keren dan mantab banget nih ulasan hotelnya.. Bisa jadi pilihan klo butuh penginapan di daerah mangga dua ya..

1. Terima kasih, mbak Dian

19. Review-nya komplit banget, dari mulai transportasi di sana, tiap printilan di hotel, sampe pengamalan satu-satu dijabarin semua. Berasa ikutan nginep di Novotel Mangga Dua deh.

& dapat satu kesan baru dari artikel ini, ternyata Mas Nugi narsis juga yaaa.

Keep up the good work!

1. Iya aku kalo review sesuatu memang harus detil supaya hati tenang 😀

Huahahaha embeeerrr. Kalau ada tempat yang mendukung, aku pasti foto-foto. Tapi bagus kan, bukan yang selfie atau foto ngadep depan dengan ekspresi sok imut 😀

20. Aku pun juga baru menyadari kalau mas nya narsis juga hihihi. Tapi bagus-bagus lho potonya, apalagi interior hotelnya emang beneran cakep. Kayaknya kalo mau nginap di sini, enakan di kamar doang, betah banget pasti haha

1. Hahaha, semoga foto-foto narsisku nggak bikin kalian kapok mampir ke sini ya 😀

Iyaaa betah banget stay di hotel

21. Aku pernah nginap di Novotel Lampung, ternyata di Mangga Dua Square fasilitasnya lebih oke lagi ya. Wah penasaran juga aku pengen cobain breakfast on bed. Belum pernah foto ala ala gitu di atas kasur. Hahaha

1. Cuuusss cobain di Novotel Mangga Dua Square kak 😀

22. Aduh pose di shower room nya… aduh… 😀 x.x

1. Posenya biasa aja kayaknya 😛

23. Wah lokasinya nggak jauh nih dari Bekasi hehe jadi bisalah nyobain staycation disini heheh. Fasilitasnya lengkap dan makananya juga enak keliatanyaa yaa bang ehhe

1. Gih cobain, Pul 😀

24. Demi foto kece, harus bgt ya 2 kasur disatukan? hahaha..

Itu foto punggung juga wajib ada kah bro? 😀

Btw, ikan bakar sambal dabu-dabu kesukaan gue pas jalan ke Manado.. enyaaaak..

-Traveler Paruh Waktu

1. Iya demi foto kece, dua kasur twin bed pun disatukan.
      Foto punggung adalah signature 😀

25. Fanny Fristhika Nila · · Balas

padahal yaaa nih hotel selaluuuuuu aku lwatin tiap pulang dan pergi kantor :D. ga pernah kepikiran mau stay di sana. sbnrnya lbh krn dekeeet banget ama kantor. berasa ga staycation wkwkwkwkkw…… tp nih hotel ama hotel le grandeur itu masuk dlm list kantor kalo semisalnya mangga dua banjir gede yg bikin ga bisa pulang, naah staff di hsbc mg dua boleh tuh stay di 2 hotel td. dicover kantor.

berharap sih sbnrnya banjir gede biar bisa nginep huahahahahah…

26. baru aja gw mau komentar, ini hotel udah keren banget, mudah2an nggak ada foto seronok.. eh

1. Lho, fotonya bikin tambah keren dong 😀

27. Alamak…Lengkap nian ulasannya…selengkap fasilitas yang disediain hotelnya xixixixiii

1. Terima kasih sudah berkunjung, mas

28. […] dengan material kaca yang dapat ditutup dengan tirai. Aplikasi ini mengingatkan gue dengan kamar di Novotel Jakarta Mangga Dua Square yang gue inapi bulan Juli lalu. Walau tipe pancurannya bukan rain shower, namun tetap mudah diatur […]

29. […] sukses melakukan gathering kedua pada bulan Juli 2019 di Novotel Mangga Dua Square, komunitas Teman Hotel Reviewer (THR) akhirnya bulan lalu―Desember 2019―kembali berkumpul. Kali […]

30. […] juga ulasan Hotel Novotel Mangga Dua Square, hotel bintang 4 dekat kawasan […]

31. […] All Sedayu Hotel Kelapa Gading, Hotel Des Indes Menteng, dan Azana Hotel Management. Sementara Novotel Mangga Dua dan Dafam Express Jakarta adalah buah dari gathering […]

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Duo Kembara

Cerita Si Kembar dan Mommy Ara menghadirkan kebaikan

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

Mollyta Mochtar

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

papanpelangi.id

Berjalan, bercerita; semoga kita terbiasa belajar dari perjalanan

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Eviindrawanto.Com

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Winny Marlina

Winny Marlina - Whatever you or dream can do, do it! lets travel

Olive's Journey

What I See, Eat, & Read

tindak tanduk arsitek

Indri Juwono's thinking words. Architecture is not just building, it's about rural, urban, and herself. Universe.