Senangnya Menginap di Putri Duyung Cottage, Ancol (Part 1)

Terletak di dalam komplek Taman Impian Ancol, kehadiran Putri Duyung Cottage mengukuhkan Ancol sebagai destinasi One Stop Recreation buat keluarga. Apa yang lebih baik daripada beristirahat di hotel yang nyaman setelah seharian seru-seruan di Ecopark, Dunia Fantasi, Sea World, dan Atlantis? Nah, Putri Duyung Cottage yang terletak di samping Pantai Lagoon ini siap menampungmu dan seisi keluargamu di Ancol.

Dari luar, Putri Duyung Cottage ini nampak kecil dan misterius, nggak jelas seberapa besar dan luas bangunannya. Namun begitu masuk, melalui patung Putri Duyung yang besar di tengah bundaran, baru deh ketauan kalau Putri Duyung Cottage ini luas bangeeettt! Hotel yang membawa dirinya sebagai Resort Hotel ini rupanya udah berdiri sejak 1973 lho. Udah tua banget, ‘kan?

Baca Juga: Minggu Pagi di Ecopark, Ancol

 

Proses Check-In

Check-In dilakukan di gedung lobi yang berada di depan Nyiur Cafe & Resto. Disediakan jus leci dingin yang dapat dinikmati calon penghuni hotel dengan gratis! Oke banget nih buat menghilangkan lara dan dahaga di tengah udara Ancol yang hangat 😀

Selain itu, kami juga disambut dengan Nyiur Champagne sambil berbincang bersama mas Ery, Manager of Duty,, sesaat setelah tiba di Putri Duyung Cottage. Minuman ini merupakan hasil paduan antara apel, teh, dan soda, disajikan dingin berkat bongkahan-bongkahan es batunya.. Rasanya? Refreshing banget!

Kamar-kamar Putri Duyung Cottage berada di dalam “rumah-rumah” dengan tema bahari yang tersebar di area seluas hektar. Tenang, Bu. Nggak usah khawatir harus capek-capek jalan kaki dari lobi ke cottage, ada fasilitas boogie car yang dapat digunakan gratis oleh penghuni hotel. Boogie Car ini dapat menampung sekitar 4-6 orang dalam sekali angkut, tergantung dengan panjang dan lebar masing-masing orang #eh. Udah termasuk sopir dan bahan bakar. (eh, kenapa jadi kayak paket mobil sewaan gini, wkwkwk)

menuju lobi dan resto

rumah betawi di seberang nyiur cafe & resto

boogie car putri duyung cottage

nuansa kemerdekaan di area lobi

welcome drink putri duyung cottage

seorang pengunjung sedang melakukan proses check-in

mas ery, manager on duty

pemaparan profil putri duyung cottage

nyiur champagne putri duyung cottage

Menuju cottage, penghuni akan dimanjakan dengan jalanan yang bersih, teraspal mulus, diapit oleh pepohonan yang rindang. Kalau masih seger, jalan kaki aja asik banget kok. Terus kalau liat ada yang cakep, pura-pura nggak liat jalan aja biar tubrukan 🙂

Baca Juga: Kembali ke Ancol, Ada 3 Atraksi Baru Ini!

 

Fasilitas Kamar Putri Duyung Cottage

Mas Ery dan tim dari Putri Duyung sudah menyiapkan akomodasi untuk kami, rombongan para blogger. Sebuah cottage di klaster Hiu yang menghadap ke arah pantai pun dipilihkan untuk tempat kami bermalam, cihuy!

Sekilas, cottage ini berupa sebuah rumah kecil dengan 2 pintu dan 2 nomor di sisi kanan dan kiri. Setelah dibuka, voila! Ternyata rumah ini memuat 2 cottage yang terbagi di lantai atas dan lantai bawah. Kedua cottage terhubung oleh sebuah pintu, sehingga kami dapat dengan mudah berkumpul saat diperlukan. Tapi kalau sekiranya kamu sama sekali nggak saling mengenal dengan tamu di cottage sebelah, nggak usah khawatir privasimu akan terganggu. Penghuni di cottage atas memiliki pintunya sendiri untuk mengakses tangga dan masuk ke dalam kamarnya, itulah kegunaan 2 buah pintu di bagian depan.

Masing-masing cottage memiliki ruang bersama (common room), pantry, kamar dengan ranjang queen bed untuk 2 orang, dan kamar mandi.

cottage hiu yang menghadap laut

suasana sekitar cottage hiu

common room, putri duyung cottage

Ruang bersama di cottage kami dilengkapi dengan sofa, meja, dan TV layar datar yang dapat diputar ke arah sofa atau ke arah ranjang. Tangkapan TV-nya tetep oke lho meski lokasinya di pinggir laut, jernih! Ruangan ini sekaligus menjadi tempat di mana penghuni menikmati pemandangan laut dari balik jendela. Khusus buat cottage bawah, masih ada teras di depan ruang bersama dengan kursi dan meja, cocok buat bersantai sambil menikmati Laut Jakarta.

Pantry berada di sudut cottage tanpa adanya sekat dengan ruang bersama. Ada dispenser yang menyajikan air dingin (beneran dingin, segeeerrr) dan panas, kopi, teh, gula, krimer, cangkir, gelas, dan sendok.

Kamar tidurnya terasa nyaman dengan penerapan lantai kayu, dilengkapi dengan meja rias dan cermin yang bisa diubah jadi meja kerja sesuai kebutuhan, hehe. Colokan listrik tersedia di beberapa titik. Selain di dekat meja, juga ada di pantry dan kamar mandi.

toiletries putri duyung cottage

complimentary drink, putri duyung cottage

tempat tidur putri duyung cottage

kamar mandi putri duyung cottage

Kamar mandi di cottage Hiu memiliki area basah (shower) dan area kering (toilet) yang dipisahkan oleh dinding kaca. Toiletries-nya lengkap! Dari sabun cair, shampoo, shower cap, cotton bud, sanitary bag, dan odol dengan sikat gigi. Air panasnya berfungsi dengan baik dengan semburan air yang cukup. Percayalah, kamu tetap membutuhkan air panas ini karena semburan AC yang cukup menyejukkan di dalam cottage 😀

 

Fasilitas Putri Duyung Cottage

Tepat di bagian belakang properti, menghadap ke arah Teluk Jakarta, ada kolam renang berbentuk kapal yang dapat dinikmati oleh tamu hotel. Jadi, meskipun kamu nggak suka (atau nggak bisa) berenang, kamu tetep harus ke kolam renang ini buat foto-foto 😀

Yang paling gue suka, Putri Duyung Cottage memiliki promenade (jalur pejalan kaki tepi laut) berlapis kayu yang lebar, nyaman, dan bersih, bernaungkan pepohonan kelapa yang melambai-lambai. Menikmati pagi atau senja dengan berjalan santai di tepi pantai adalah salah satu kenikmatan simpel menginap di Putri Duyung Cottage.

pernikahan di putri duyung cottage

sunset di putri duyung cottage

3 bidadari mau mandi di kolam

kolam renang putri duyung cottage

weekend activity di putri duyung cottage

Selain itu, Putri Duyung Cottage juga menyediakan sepeda yang dapat digunakan di dalam area hotel dan runwheel (gratis untuk 10 menit pertama).

 

Santap Malam di Putri Duyung Cottage

Sabtu, 12 Agustus 2017, kami diajak bersantap malam di Nyiur Cafe & Resto bersama mas Ery.  Kami dijamu dengan beragam sajian menggoda selera yang tersaji rapi di atas meja prasmanan. Untuk makanan pembuka (appetizer) dan makanan penutup (desert), tersedia buah potong, salad, sandwhich mini, agar-agar, dan puding. Tamu hotel dapat memilih nasi putih atau nasi goreng untuk sajian utama, ditemani sapi lada hitam, ayam goreng, spaghetti, cap cay, ikan bakar, dan lauk pauk lainnya.

Sapi lada hitamnya endeus! Dagingnya empuk, racikan bumbunya pas. Ikan bakarnya juga enak, dari warnanya aja udah menggoda selera 😀

Nyiur Cafe & Resto memiliki gedung berbentuk lingkaran dengan atap sirap yang banyak dipakai untuk bangunan di Kalimantan. Meja-meja kayu dan kursi-kursi kayu ditata di dalam ruangan dalam beberapa kelompok kecil. Di sudut ruangan, ada hiburan live music yang menyanyikan lagu-lagu nan tak lekang oleh waktu. Seandainya pihak hotel memilih grup musik dengan genre jazz, blues, atau tradisional, that would be much better. Pengunjung terhibur, namun tanpa mengganggu keasyikan pengunjung lain yang sedang berbincang-bincang.

Selain itu, ada juga Seating Area di selasar dan outdoor, cocok buat yang lebih suka bersantap di tengah udara alami. Kalau sarapan dan makan siang, dianjurkan banget duduk di selasar atau outdoor ini. Menikmati semilir angin pantai dan pemandangan Laut Jakarta yang nggak kalah mempesona dari pantai-pantai wisata lainnya.

suasana malam putri duyung cottage

panorama dari putri duyung cottage

berbincang bersama mas ery

ikan bakar putri duyung cottage

pengunjung bersantap malam di nyiur cafe & resto

live music di nyiur cafe & resto

sajian utama putri duyung cottage

dianjuarsa.com dan missnidy.com

buah potong dan salad

main course nyiur cafe & resto

buah, salad, puding, agar-agar

Nyiur Cafe & Resto ini buka dari jam 6:45 sampai jam 22:00, namun pelayanan kamar tersedia 24 jam kok.

 

Sarapan di Putri Duyung Cottage

Esok paginya, kami disambut dengan sajian yang lebih beragam untuk bersantap pagi. Tamu hotel dapat menikmati sarapan mulai pukul 6:45.  Untuk sajian utama, gue memilih nasi putih dengan ayam goreng, tempe orik dengan kacang, dan kwetiaw. Gue juga mengambil kue isi cokelat, croissant, sosis panggang, penne, telor ceplok yang dimasak dadakan, dan semacam kue mirip apem yang juga disajikan sesuai permintaan.

Untuk pilihan minum, tamu hotel dapat memilih jus, kopi, atau teh. Selain itu, ada juga bubur sumsum dan bubur ayam yang ditata di selasar, di luar ruangan utama.

Oh ya, jangan khawatir kalau kamu adalah tipe orang yang akan segera mules setelah beberapa suap sarapan. Ada toilet di samping lobi yang nggak jauh dari ruang makan, jadi nggak perlu jauh-jauh balik ke cottage 😛

kue, sosis, penne, telur, dan jus

menikmati jus di tepi pantai

pilihan menu utama gue saat sarapan

pilihan minum untuk sarapan

Selain itu, setiap hari Minggu pagi, ada Weekend Activity yang ditawarkan Putri Duyung Cottage untuk para tamu hotelnya. Saat kami menginap di sana, kegiatan yang dipilih untuk Weekend Activity adalah menghias kue. Hm, seru juga ‘kan buat keluarga? 🙂

Gimana, tertarik nginep di Putri Duyung Cottage? Jangan cemas soal harga, kamar di Putri Duyung Cottage Ancol ini dapat kamu nikmati mulai harga Rp 600.000 atau Rp 700.000,00-an aja lho, udah dengan sarapan. Belum ditambah kode promo dan diskon dari Online Travel Agent atau kartu kredit / debit kamu, hehehe. Selan Hiu, ada cottage apa aja? Bisa nggak buat pesta semalam suntuk gitu? Jawabannya dapat kamu temukan di tulisan berikutnya, pantau terus thetravelearn ya!

Iklan

8 komentar

  1. Serius tuh cuma segitu rate-nya? dengan layanan seperti itu kirain mahal.. hehehe…

    1. Cottage-nya macem-macem sih. Yang murah biasanya cottage yang basic macam cottage kami itu, tanpa view laut. Jadi mungkin lokasinya agak di tengah.

  2. Lengkap banget, gi!

    1. Iya, kak. Cuuusss ke sana lagi 😀

  3. Putri Duyung ini hotel super lengkap. Sampai gak cukup memang kalau hanya ditulis di satu judul tulisan. Buat liburan singkat sih oke banget, ya!

    1. Iya, kak. Oke banget buat getaway cepat dari Jakarta hehehe

  4. […] kami di Paus Cottage. Untuk lebih lengkapnya soal cottage ini, bisa baca review gue sebelumnya di Part 1. Nah, buat kamu yang merasa punya uang berlebih, atau sebaliknya ingin kamar yang lebih hemat, […]

  5. […] Kembali ke Ancol, gue dan rekan-rekan blogger dapet kesempatan buat bobok-bobok menggelinjang di Putri Duyung Cottage pada bulan Agustus 2017. Sebelumnya, tepat pada tanggal 1, gue dan temen-temen blogger / influencer […]

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jilbab Backpacker

Travel-Architecture-Halal Lifestyle Blog

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

Ferdi Cullen-The Microtraveller

A microtraveller is a journey local or overseas that is short, flexible, simple, cheap – yet still fun, exciting, challenging, refreshing and rewarding

Pink Traveler

Kemasi ranselmu dan pergilah melihat dunia

#FDCG

SEBUAH CATATAN TENGIK ANAK TEKNIK

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Andromeda Noholo

Yang terjadi di Andromeda

fainun.com

Family Blogger Indonesia

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

CERITA LIANA

Travel More, Share More

Casa Fasa

Travel & Life

Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

Jalancerita

Tiap perjalanan punya cerita

Tukang Ngider

Ngider terus, terus ngider. KUY, DER!

Liza-Fathia.Com

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

Eka Hei

Selalu ada cerita dalam setiap langkah

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

Papan Pelangi

tempat berjalan dan bercerita

Peregrination

Jalan-Jalan | Kuliner | Review

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

The Spiffy Traveler

Exploring Endless Paradise

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

virustraveling.com

Pack your dream and GO!!

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Travel Blog Evi Indrawanto

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Fahmi Anhar

Travelogue

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Sharon Loh

Food dan Travel Blogger Indonesia

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Usemayjourney

Melihat, Mendengar, Memaknai

Winny Marlina

Winny Marlina– whatever you or dream can do, do it! travel

%d blogger menyukai ini: