Pengalaman Menginap di Hotel Vio Cimanuk, Dekat Gedung Sate Bandung

Udah lama banget gue penasaran sama Hotel Vio. Gimana nggak penasaran? Salah satu unitnya berdiri di depan gang menuju kost gue di Jalan Babakan Jeruk I, Pasteur. Gue lantas jadi lebih penasaran lagi setelah kantor gue pindah ke kawasan Lapangan Gasibu, karena tepat di Jalan Surapati itu juga ada Hotel Vio. Puji Tuhan, bulan Maret kemarin gue akhirnya mendapat kesempatan di hotel yang khas dengan warna ungu ini.

Secara berurut, gue akan membahas Hotel Vio Cimanuk, Hotel Vio Surapati, dan Hotel Vio Pasteur. Kita mulai dari Hotel Vio Cimanuk dulu ya.


Lokasi Hotel Vio Cimanuk

Saat mendengar kata “Cimanuk”, gue langsung merujuk ke sebuah jalan kecil di kawasan Jalan Riau (Jl. R.E. Martadinata) yang diisi deretan café, coffee shop, dan restoran. Ternyata Jalan Cimanuk ini menjulur dari Jalan Riau sampai ke samping Museum Pos Indonesia, dan Hotel Vio Cimanuk ini berada persis di ujung Jalan Cimanuk yang dekat dengan Museum Pos Indonesia. Morning Glory Rooftop Café yang pernah gue review sebelumnya juga nggak jauh dari hotel. Ini artinya, Hotel Vio Cimanuk deket banget sama kantor gue!

tampilan fasad hotel vio cimanuk

front officer hotel vio cimanuk yang murah senyum

Hotel Vio Cimanuk ini deket banget sama Gedung Sate, Lapangan Gasibu, Museum Geologi, dan kawasan nongkrong Jalan Riau. Lokasinya di tengah kota, tapi tetep rimbun nggak berisik. Benefit itu semakin “menjadi-jadi” karena Hotel Vio Bandung ini menempati sebuah bangunan tua Belanda bergaya art-deco. Kece bangeeettt!


Check-In dan Lobi Hotel Vio Cimanuk

Dari kantor, gue berangkat menuju Hotel Vio Cimanuk dengan sepeda motor. Syukurlah lahan parkirnya cukup luas. Beberapa sepeda terparkir rapi di depan pintu masuk, disewakan buat penghuni hotel. Sayangnya karena gue cuma semalem di sini, gue jadi nggak sempet cobain sepeda-sepeda lucu itu.

space di antara lobi dan ruang makan

sofa lingkar di antara lobi dan ruang makan

sofa siku di lobi hotel vio cimanuk

Lobi Hotel Vio Cimanuk sendiri berukuran minimalis dan cukup sederhana. Ada 2 sofa lingkar berwarna ungu yang terdapat di depan front desk dan di dekat ruang makan. Di atas front desk, ada akuarium cembung berisi fishball di mana tamu dapat memasukkan kartu namanya untuk nanti diundi mendapatkan kesempatan menginap gratis! Selain itu juga terdapat konter pembelian minuman dan satu space untuk seating area berupa sofa siku dengan meja.


Kamar Hotel Vio Cimanuk

Meskipun cuma punya 3 lantai, tapi fasilitas elevator (lift) tetap ada di Hotel Vio Cimanuk. Gue menginap di kamar Deluxe Room with Balcony yang ada di lantai tertinggi alias level 2 (level paling dasar dinamakan Lobby / Ground). Rasanya kayak nginep di sebuah heritage hotel karena lantai kamar dan koridornya berupa lantai parket (lantai kayu). Bahkan ada ornamen kaca patri di langit-langit meski dengan motif geometri yang sederhana.

Kamarnya luas, sekitar 18 meter persegi. Selain fasilitas standar (king-size bed, AC, coffee table, colokan listrik, TV), kamar juga dilengkapi dengan hanging corner, safety box, slippers (sandal), kursi & meja kerja kayu yang memanjang, complimentary water, complimentary drink (kopi & teh), cangkir, dan tentu teko pemanasnya. Free flow water tersedia di sudut lorong.

Kamar mandinya luas, dry area (wastafel) dan wet area (bilik pancuran) dipisahkan oleh sekat kaca. Di dalamnya sudah ada handuk badan, handuk keset, toiletries, dan gelas berkumur. Meski pancurannya bukan yang bertipe rainforest, tapi air panas berfungsi baik dan mudah diatur kok.

complimentary drinks dan teko listrik hotel vio cimanuk

king size bed di hotel vio cimanuk

tv, working desk, hanging corner, and safety box

kamar mandi hotel vio cimanuk

pemandangan dari balkon hotel vio cimanuk

mau foto-foto ala model tapi FAIL

Namanya juga Deluxe Room with Balcony, jadi tentunya ada jendela-jendela besar dan pintu buat akses ke balkon dong. Balkonnya oke banget buat ngopi pagi-pagi sambil melihat lalu lalang para pekerja kantoran yang buru-buru. Kayak gue dong coy, bisa santai-santai dulu, nyahahahaha!


Sarapan dan Fasilitas Hotel Vio Cimanuk

Walaupun nggak terlalu berlimpah-ruah, tapi menu sarapan di Hotel Vio Cimanuk udah mencakup menu-menu dasar yang biasa kita nikmati. Ada nasi putih, ayam cabe ijo, sayur, mie goreng, bakwan, bubur ayam, roti tawar, jus jeruk, air putih, kopi, teh, 1 macam buah, dan omelet on demand.

Desain interior ruang makan Hotel Vio Cimanuk ini klasik banget. Meja dan kursinya diguyur dengan warna ivory. Ada kabinet klasik juga di sudut ruangan, cocok buat sesi foto OOTD ala 70-an atau 80-an, hihihi.

melihat ke bawah dari koridor kamar

langit-langit dengan kaca patri

koridor dengan lantai kayu (kiri) dan dispenser air minum (kanan)

spot fotogenik di ruang makan

bersantap pagi di hotel vio cimanuk

menu sarapan hotel vio cimanuk

kopi dan teh hotel vio cimanuk

jus dan buah-buahan hotel vio cimanuk

menu utama sarapan hotel vio cimanuk

Nah, ruang makan Hotel Vio Cimanuk ini terhubung dengan sebuah tempat makan di depannya yang bernama Marty’s Smokehouse. Cuma gue nggak terlalu paham juga apakah Marty’s ini bagian dari Hotel Vio Cimanuk, atau jadi vendor komersial sendiri. Gue nggak sempet cobain juga sih. Tapi yang jelas, kalau kamu laper dan males keluar, tinggal melipir aja ke sini. Buka sampai jam 23:00.


Harga dan Kesimpulan

Dengan harga termurahnya yang nggak sampai di angka Rp300.000, Hotel Vio Cimanuk gue recommend banget buat kamu. Lokasinya strategis, suasananya nyaman, dan semua kebutuhan akomodasi dasar kamu tersedia. Kamar Deluxe Balcony yang gue inapi dibanderol dengan harga sekitar Rp550.000, tipe tertinggi di hotel ini. Kabari kalau nginep di sini ya, kita bisa ngopi-ngopi ganteng di balkon.

Iklan

39 komentar

  1. Mau tanya bang, kalo kita review hotel seperti ini apakah perlu izin dari pihak hotel?

    1. Nggak mas. Btw sharing lebih lengkapnya aku DM aja ya.

  2. saya fokusnya sama mba yang baju kuning hahahaa.
    btw yang fotoin siapa neh,

    1. Mau tau?

      TRIPOD, BROH

  3. aku suka sama tampilan interior ruang makannya. kayak di dapur rumahan. 😀

    1. bener, homey banget

  4. Kayak rumah ya. Tapi jadinya homey. Dan sesuai sama harganya. Rasa-rasanya aku juga pernah melewati hotel ini pas terakhir ke Bandung.

    Nug itu perutnya dikiiit lagi rata. Mumpung (belom) nggak hamil kayak aku, ratain gih buahaha. Soalnya kalau udah hamil susah buat ngeratain.

    1. Maaasss, aku lagi berusaha buat ngurusin lagi nih. Treadmill tiap hari, pengen perutnya rata lagi :((

  5. Keren nih hotelnya, bisa jadi referensi kalo lagi di Bandung! 😀

    1. Udah keren, strategis pula. Kabari kalo ke Bandung ya 🙂

  6. Sipp nih inponya! Btw memang ini kali ya yg paling strategis di bandung kalo jalan-jalan…

    1. Iya, lokasinya di tengah kota 🙂

  7. Ungu-ungu gitu ya warnanya. Violeta!
    Krna asli orang Bandung, hampir belum pernah nginap di hotel di kota ni hhihii.

    Btw, tahu hotel Arimbi mas yang di dekat stasion timur? Direview dong wkwkwkwkwk

    1. Aku juga tinggal di Bandung tapi suka-suka aja sih nginep di hotel buat pelarian singkat 😀

      Kayaknya pernah liat. Coba nanti aku agendakan. Emang kenapa sama hotel itu?

      1. Wkwkwkwwk.
        Itu hotel kelas melati sih, bangunannya jadul. Dulu waktu SD pernah mampir ke situ.

        Atau, Hotel Perdana Wisata tahu kan mas yg di sudirman? Dulu pernah kebakaran dan ada korban jiwa. Skrg sih sudah bagus hotelnya

      2. Nah Perdana Wisata tau tuh. Waduh, jadi angker nggak tuh hotelnya? 😀

      3. Nah itu mas. Hayuk dijajal, lalu direview 😀

      4. Wahahaha. Boleh, tapi kamu harus temenin!!!

      5. Hayuuuuukkksssss 😀

      6. Kapan kamu ke Bandung?

      7. Mungkin Juli mas. Masih blm ada jadwal mudik e. Ntr ku kontak via Fb yooo

  8. oke ntar aku kabari ya kalo ke sana, kita ngopi ngopi syantik nanti 😀
    Btw, harga nggak sampe 300rb ya tergolong murah sih itu, fasilitas juga oke punya. Kalo ngeliat bentuk koridor kotak gitu jadi kayak bangunan2 khas zaman belanda dulu yak #belumpernahketemuBelanda juga sih

    1. Iya, emang pake bangunan lama nih hotelnya 🙂

  9. Hendi Setiyanto · · Balas

    tampilan luar boleh vintage tapi dalemnya modern…pas nginep, ga ada penampakan apa2 kan ya? hehehe

    1. haha nggak ada kok, aman tepercaya

      1. Hendi Setiyanto · ·

        kece sih nginep di tempat kayak gini, apalagi bagi pecinta bangunan tua

      2. nggak cuma kece, tapi juga homey 🙂

  10. laaah tinggal di bandung toh bro?? kmren h+3 sampai h+5 lebaran jalan2 ke bandung.. klo tau stay di bandung dan lagi di bandung mah, kuajak ngupi2 deh hihi..

    Telat baca reviewnya, jadinya pilih hotel lain euy, mulai review hotel juga ah hihi..

    -Traveler Paruh Waktu

    1. Eh lebaran ini gue mudik ke Jogja juga sih bro, hehe. Nanti kalo ke Bandung lagi berkabar ya.

  11. Wahyu Asyari Muntoha · · Balas

    wah asik tuh kalo malem bisa kulineran sekitar sana.
    ntar deh kalo ke bandung lagi cobain kesana.

    1. Iya dong, kulineran tinggal jalan kaki bentar hehe

  12. Hotelnya keren banget ya! Aku gak liat pas lagi, main-main di Bandung akhir tahun lalu. Padahal, sempat roaming di sekitar jalan itu!

    1. (((roaming)))

      Bisa dicoba kalo ke Bandung lagi mas 😀

  13. […] Baca Juga: Pengalaman Menginap di Hotel Vio Cimanuk, Dekat Gedung Sate Bandung […]

  14. […] Hotel Vio Cimanuk, Jl. Cimanuk no. 15 (dekat Gedung Sate, Lapangan Gasibu, Museum Geologi) […]

  15. halo mas, kesana pergi naik motor? parkir motornya gimana ya? aman kah? saya rencanya mau touring pake motor.
    terimakasih sebelumnya

    1. halo, kak. iya pake motor, aman kok. ada yang jagain.

  16. […] Baca Juga: Pengalaman Menginap di Hotel Vio Cimanuk, Dekat Gedung Sate Bandung […]

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jilbab Backpacker

Travel-Architecture-Halal Lifestyle Blog

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

Ferdi Cullen-The Microtraveller

A microtraveller is a journey local or overseas that is short, flexible, simple, cheap – yet still fun, exciting, challenging, refreshing and rewarding

Pink Traveler

Kemasi ranselmu dan pergilah melihat dunia

#FDCG

SEBUAH CATATAN TENGIK ANAK TEKNIK

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Andromeda Noholo

Yang terjadi di Andromeda

fainun.com

Family Blogger Indonesia

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

CERITA LIANA

Travel More, Share More

Casa Fasa

Travel & Life

Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

Tukang Ngider

Ngider terus, terus ngider. KUY, DER!

Liza-Fathia.Com

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

Eka Hei

Selalu ada cerita dalam setiap langkah

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

Papan Pelangi

tempat berjalan dan bercerita

Peregrination

Jalan-Jalan | Kuliner | Review

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

The Spiffy Traveler

Exploring Endless Paradise

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Travel Blog Evi Indrawanto

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Fahmi Anhar

Travelogue

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Usemayjourney

Melihat, Mendengar, Memaknai

Winny Marlina

Winny Marlina– whatever you or dream can do, do it! travel

%d blogger menyukai ini: