DARI JOGJA KE BANDUNG NAIK APA?

Kamu mau jalan-jalan ke Bandung? Atau mau kuliah? Bahkan mau kerja dan hidup di sana? Yah, perkenankanlah saya untuk berbagi pengalaman soal transportasi ke Bandung.

Sebenarnya, ada banyak moda transportasi yang bisa kamu pakai untuk bisa ke Bandung. Bus, kereta api, dan pesawat. Nggak bisa pakai kapal sih, soalnya Bandung jauh dari laut, nggak punya pelabuhan haha πŸ˜€

Dari pengalaman saya, moda transportasi paling tepat untuk ke Bandung adalah dengan menggunakan jasa angkutan bus patas (cepat dan terbatas). Ada banyak bus patas yang melayani rute ke Bandung dari Jogja. Ada Bandung Express, Kramat Djati, Budiman, Pahala Kencana, dll. Di sini, saya mau share soal bus patas langganan saya: Bandung Express.

Image

Yang pertama harus kamu lakukan adalah dengan membeli tiketnya. Kamu bisa membeli tiket bus Bandung Express di agennya yang terletak di Jl. HOS. Cokroaminoto (samping Pasar Klithikan), di Jl. Cik di Tiro, di Jembatan Gondolayu (timur Tugu Jogja), atau di terminal-terminal (Terminal Giwangan dan Terminal Jombor). Pembelian tiketnya ini bisa kamu lakukan mendekati keberangkatan kok. Bahkan dibeli di hari H juga bisa, soalnya penumpangnya nggak terlalu banyak πŸ™‚ Kecuali kalau pas musim liburan seperti Lebaran atau Natal di mana akan ada banyak orang yang pulang kampung, kamu harus pesan jauh-jauh hari sebelum kehabisan tiket.

Harga tiket Bandung Express dari Yogyakarta adalah Rp 70.000,00 (untuk non AC) dan Rp 90.000,00 (untuk AC). Untuk bus AC, akan mendapatkan fasilitas berupa selimut dan kursi yang lebih nyaman. Kamu juga bisa memilih mau lewat jalur utara atau jalur selatan. Kalau kamu memilih jalur utara, kamu akan melewati Sleman, Muntilan, Semarang, Jalur Pantura, Cirebon, Kadipaten, Sumedang (termasuk Jatinangor), baru deh sampai di Bandung. Perjalanan via jalur utara menempuh waktu sekitar 12 jam. Sementara jalur selatan yang berkisar kurang lebih 8 jam, akan melewati Wates, Purworejo, Jalur Pantai Selatan, Tasikmalaya, Ciamis, Garut, hingga akhirnya Bandung. Jalur selatan memang lebih cepat, tapi jalurnya lebih serem hihihi.

Bus biasanya berangkat sekitar pukul 15.30 (untuk jalur utara) dan pukul 18.00 (untuk jalur selatan), dan akan sampai di Bandung sekitar pukul 07.00 (jalur utara) atau pukul 04.00 (jalur selatan). Ada rest-point kok, jadi kamu nggak usah pusing mikirin harus puasa selama perjalanan. Untuk jalur utara, rest-point ada di daerah Weleri, Batang. Sementara untuk jalur selatan… nah ini nih gue lupa hahaha. Tapi, harganya tentu fantastis! Sekitar tiga kali lipat dari harga standar ._____.

Buat yang kuliah di UNPAD kampus Jatinangor seperti saya, tentu aja ambil jalur utara. Harganya murah kan? Kalau naik KA Bisnis, harga berkisar Rp 110.000,00 atau Rp 130.000,00. Itupun masih harus dengan ngangkot, sementara UNPAD kampus Jatinangor jauh dari stasiun. Kalau barang bawaannya banyak, naik angkot akan menjadi hal yang cukup merepotkan (seenggaknya buat orang males repot kayak gue haha). Sementara untuk KA Ekonomi, meski harganya sangat amat murah (cuma Rp 24.000,00, wow!) dan sekarang juga semua penumpang udah dijanjikan mendapat tempat duduk, tapi kamu harus mulai rebutan tiket dari seminggu sebelumnya πŸ˜₯

Nah, itu tips ke Bandung dari saya. Oh iya, bus Bandung Express ini juga bisa kamu pakai kalau kamu berangkat dari Solo, Salatiga, Semarang, Surabaya, dan beberapa kota lainnya (gue nggak terlalu hafal, maaf) Sementara untuk bus-bus patas lainnya, harganya nggak berbeda jauh kok. Beda tipis 11-12 lah yaa. Terus, sebagai tambahan, agen Bandung Express di Bandung ada di pertigaan Cileunyi, Jl. Dr. Tjipto, dan Terminal Cicaheum. Setelah datang ke agen, kamu “absen” dulu ke petugasnya. Dia akan menuliskan nopol bus yang akan kamu naiki. Kenapa begini? Karena semua jurusan naik dari tempat yang sama, biar kamu nggak salah naik πŸ˜€ Jadi, pilihan saya kembalikan kepada Anda. Semoga tips ini bermanfaat ya πŸ™‚

Iklan

95 thoughts on “DARI JOGJA KE BANDUNG NAIK APA?

  1. Kereta Pasundan sama Kahuripan. Eh tapi sekarang udah naik dikit karena kebijakan baru. Sekarang kan dapet tempat duduk semua, kalo dulu bisa berdiri gitu.

    • Agennya ada di dalam terminal kok. Cari aja yg namanya Bandung Express, saya juga nggak hafal, karena nggak pernah naik dari Cicaheum (cuma transit doang). Selama itu hari biasa (bukan musim liburan panjang kayak lebaran, natal, atau tahun baru), pesen di hari H itu bisa banget. Jam keberangkatan bus tergantung dengan kota tujuan dan dari mana kita berangkat. Untuk Jogja dan kota-kota Jateng, kalo berangkat dari agen pusat di Jl. Dr. Cipto, itu mulai jam 18.00. Kalo dari agen Cileunyi jam 19.30.

  2. just FYI sob, utk tiket kreta ekonomi mulai 1 Juni 2013 udah ga ada. yang ada tinggal kreta Ekonomi AC. Kalau mau ke Jogja naik Kereta, ada 3 pilihan KA (Kereta Api) Ekonomi AC, yaitu:
    1. KA Pasundan AC(100 rb) -> turun di lempuyangan
    2. KA Kahuripan AC(100 rb) -> turun di Lempuyangan
    3. KA Kutojaya Selatan AC (50 rb) -> turun di stasiun Kutoarjo, nah abis itu naik kreta Pramex (10 rb), turun di stasiun Tugu

  3. Oy, kalau pengin perjalanan Yogya – Bandung pakai kereta ekonomi AC, kereta yg dipakai pilihannya sama kaya bandung (Kiaracondong) – Yogya. Cuma kalau mau lebih hemat ya pakai KA Kutojaya Selatan aja, jam 6 pakai pramex dari stasiun Tugu tujuan ke Kutoarjo, terus di Kutoarjo ntar langsung naik kreta Kutojaya Selatan. Tiket bisa dibeli dari H-7, bisa dibeli di Indomaret, alfamaret, dan agen resmi lainnya.
    tapi, kalau emang ga pengin hemat2 banget ya tinggal naik kreta bisnis/eksekutif aja dari stasiun Tugu

  4. “terus kalau udh nyampai stasiun Kiaracondong ke Unpad Jatinangornya gimana ya?” kaleem Sob, tinggal naik angkot Riung-Dago (ke arah dago) -> 3 rb, terus turun d depan Unpad DU, terus tinggal naik Damri DU-Unpad Nangor (5 ribu), beres.

  5. oy, nambahin lagi Sob, buat Bandung Express jalur selatan, rest-point-nya di daerah tasikmalaya, kalau dari arah Yogya itu beberapa ratus meter dari jembatan perbatasan Ciamis-Tasikmalaya, tempatnya enakeun.

  6. Maaf nih mau tanya,
    Kalau dari jogja ke bandung tepatnya ke Universitas BSI rutenya gimana ya ?
    Dan seandainya sampai di sana malam apa ada penginapan ?

    • Naik Antapani-Ciroyom, Mas. Abis itu tanya-tanya deh BSI di mana. Saya juga kurang tahu tepatnya, soalnya bukan di daerah pusat peradaban haha. Nggak tahu juga deh di sana jam segitu ada penginapan apa nggak. Tapi kalau di daerah stasiun, dago, cihampelas, atau dipati ukur sih banyak. Kalau daerah Antapani nggak tahu.

    • Yang pertama masbro naik kereta dulu ke Bandung. Dari Balapan berarti kereta bisnis ya? Turun di Stasiun Bandung, naik Cicadas Elang. Bilang aja mau ke Trans Studio. Angkotnya warna merah :3

      • Pengenya naek yg eksekutif bos. Soalnya acara keluarga besar bawa anak2 kecil juga. Trs dr stasiun bandung ke trans masi brp km?
        Makasih ya infonya πŸ™‚

  7. PERHATIAN. JANGAN KIRIM BARANG LEWAT PAKET PAHALA KENCANA. SAYA PERNAH KIRIM PAKAI PAHALA EXPRESS, SAMPAI DITEMPAT BARANG YANG DITERIMA RUSAK. TIDAK ADA GANTI RUGI, TIDAK ADA TANGGUNG JAWAB, MALAH DIBOLAK BALIK. MAU KOMPLAIN NGGAK DILADENIN. UNTUK SAUDARA2 JANGAN KIRIM PAKET PAKAI PAHALA EXPRESS, ANDA PASTI KECEWA. DEMI ALLAH SAYA TIDAK BERBOHONG

  8. Kalo saya naik dr wonogiri ♏ΒͺÜ ke majalaya,turun dimana ya…?trs kira2 perjalanannya makan waktu berapa lama?thanks

    • Yang pertama, jelas kamu naik pesawat dulu ke Bandara Jogja. Nanti dari Bandara Jogja ada damri ke Magelang.

      Atau kalau mau via darat. Dari bandara Bandung naik angkot atau taksi ke Stasiun Bandung. Atau turun di simpang IP dan naik Bandung Express dari Jl. Dr. Cipto.

  9. SOPIR PAHALA KENCANA GAK RAMAH, GAK BERMUTU KLU BERHENTIIN PENUMPANG DI PINGGIR JALAN. MENGECEWAKAN, CUMA MOBIL SAMA PROMO DI INTERNETNYA AJA YANG BAGUS. KLU TIDAK PERCAYA COBA ANDA NAIK PAHALA KENCANA PASTI MENGECEWAKAN. JANGAN NAIK PAHALA MANAJEMEN SM SOPIRNYA GAK BECUS

  10. klau beli tiket dr jombor sama berangkat dr jombor bsa gk,sama pas berhenti d res area itu kta makan byar sndri apa udh trmsuk pas beli makan itu tiketna?

  11. Mas, mau nanya. Saya dari jogja mau ke bandung tepatnya ke daerah unikom jalan di pati ukur. Sebaik nya saya naik bus apa ya? Dan lewat jalur utara atau selatan. Makasi jika berkenan membantu πŸ™‚

  12. mas klau dari jogja mau ke PPET LIPI bandung,…naik bus apa?..
    klau naik Bandung Express, nanti turun di mana?..
    harga tiketnya berapa kalau di hari libur lebaran?..

    pengalaman pertama nih keluar kota…
    nuwon…

  13. gan saya dari jogja nih tepatnya dibantul, saya mau main ke bandung tempat temen saya nah dia ngampus di UNPAD Jatinagor, rencana saya mau kesana naik bus bandung ekspress, kira2 saya harus turun dimana ya supaya temen saya gak jauh jemputnya dari tempat kostnya? baru pertama kali ke bandung soalnya gan hehe..

  14. Mas, kalau dari Sumedang mau ke Solo bisa pake Bandung Express juga? Pemberhentiannya di daerah mana ya kalau mau naik dari Sumedang?
    Saya mau kuliah di Solo tahun ini, sedih ga dapet PTN yang deket. :’

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s