DARI JOGJA KE BANDUNG NAIK APA?

Kamu mau jalan-jalan ke Bandung? Atau mau kuliah? Bahkan mau kerja dan hidup di sana? Yah, perkenankanlah saya untuk berbagi pengalaman soal transportasi ke Bandung.

Sebenarnya, ada banyak moda transportasi yang bisa kamu pakai untuk bisa ke Bandung. Bus, kereta api, dan pesawat. Nggak bisa pakai kapal sih, soalnya Bandung jauh dari laut, nggak punya pelabuhan haha πŸ˜€

Dari pengalaman saya, moda transportasi paling tepat untuk ke Bandung adalah dengan menggunakan jasa angkutan bus patas (cepat dan terbatas). Ada banyak bus patas yang melayani rute ke Bandung dari Jogja. Ada Bandung Express, Kramat Djati, Budiman, Pahala Kencana, dll. Di sini, saya mau share soal bus patas langganan saya: Bandung Express.

Image

Yang pertama harus kamu lakukan adalah dengan membeli tiketnya. Kamu bisa membeli tiket bus Bandung Express di agennya yang terletak di Jl. HOS. Cokroaminoto (samping Pasar Klithikan), di Jl. Cik di Tiro, di Jembatan Gondolayu (timur Tugu Jogja), atau di terminal-terminal (Terminal Giwangan dan Terminal Jombor). Pembelian tiketnya ini bisa kamu lakukan mendekati keberangkatan kok. Bahkan dibeli di hari H juga bisa, soalnya penumpangnya nggak terlalu banyak πŸ™‚ Kecuali kalau pas musim liburan seperti Lebaran atau Natal di mana akan ada banyak orang yang pulang kampung, kamu harus pesan jauh-jauh hari sebelum kehabisan tiket.

Harga tiket Bandung Express dari Yogyakarta adalah Rp 70.000,00 (untuk non AC) dan Rp 90.000,00 (untuk AC). Untuk bus AC, akan mendapatkan fasilitas berupa selimut dan kursi yang lebih nyaman. Kamu juga bisa memilih mau lewat jalur utara atau jalur selatan. Kalau kamu memilih jalur utara, kamu akan melewati Sleman, Muntilan, Semarang, Jalur Pantura, Cirebon, Kadipaten, Sumedang (termasuk Jatinangor), baru deh sampai di Bandung. Perjalanan via jalur utara menempuh waktu sekitar 12 jam. Sementara jalur selatan yang berkisar kurang lebih 8 jam, akan melewati Wates, Purworejo, Jalur Pantai Selatan, Tasikmalaya, Ciamis, Garut, hingga akhirnya Bandung. Jalur selatan memang lebih cepat, tapi jalurnya lebih serem hihihi.

Bus biasanya berangkat sekitar pukul 15.30 (untuk jalur utara) dan pukul 18.00 (untuk jalur selatan), dan akan sampai di Bandung sekitar pukul 07.00 (jalur utara) atau pukul 04.00 (jalur selatan). Ada rest-point kok, jadi kamu nggak usah pusing mikirin harus puasa selama perjalanan. Untuk jalur utara, rest-point ada di daerah Weleri, Batang. Sementara untuk jalur selatan… nah ini nih gue lupa hahaha. Tapi, harganya tentu fantastis! Sekitar tiga kali lipat dari harga standar ._____.

Buat yang kuliah di UNPAD kampus Jatinangor seperti saya, tentu aja ambil jalur utara. Harganya murah kan? Kalau naik KA Bisnis, harga berkisar Rp 110.000,00 atau Rp 130.000,00. Itupun masih harus dengan ngangkot, sementara UNPAD kampus Jatinangor jauh dari stasiun. Kalau barang bawaannya banyak, naik angkot akan menjadi hal yang cukup merepotkan (seenggaknya buat orang males repot kayak gue haha). Sementara untuk KA Ekonomi, meski harganya sangat amat murah (cuma Rp 24.000,00, wow!) dan sekarang juga semua penumpang udah dijanjikan mendapat tempat duduk, tapi kamu harus mulai rebutan tiket dari seminggu sebelumnya πŸ˜₯

Nah, itu tips ke Bandung dari saya. Oh iya, bus Bandung Express ini juga bisa kamu pakai kalau kamu berangkat dari Solo, Salatiga, Semarang, Surabaya, dan beberapa kota lainnya (gue nggak terlalu hafal, maaf) Sementara untuk bus-bus patas lainnya, harganya nggak berbeda jauh kok. Beda tipis 11-12 lah yaa. Terus, sebagai tambahan, agen Bandung Express di Bandung ada di pertigaan Cileunyi, Jl. Dr. Tjipto, dan Terminal Cicaheum. Setelah datang ke agen, kamu “absen” dulu ke petugasnya. Dia akan menuliskan nopol bus yang akan kamu naiki. Kenapa begini? Karena semua jurusan naik dari tempat yang sama, biar kamu nggak salah naik πŸ˜€ Jadi, pilihan saya kembalikan kepada Anda. Semoga tips ini bermanfaat ya πŸ™‚

Iklan

104 komentar

  1. sangat bermanfaat thanks bro

  2. pemberentian akhir bandung expres d bandung dmana?
    Kalo mw k dago ntr berenti dmn?

    1. Kyaaa maaf baru bales, baru liat komentar ini belum di-approve. Maap maap. Kalau mau ke Dago turun di Gasibu / Telkom aja. Pemberhentian akhirnya di Jl. Dr. Cipto.

  3. itu kereta namanya apa yang ekonomi harganya cuma 24rebu ? :O

  4. teguhnugroho90 · · Balas

    Kereta Pasundan sama Kahuripan. Eh tapi sekarang udah naik dikit karena kebijakan baru. Sekarang kan dapet tempat duduk semua, kalo dulu bisa berdiri gitu.

  5. kalo agen di terminal cicaheum itu masuk di terminalnya atau di luar terminal? ancer2nya apa ya? terus kalo mau pesan tiket berangkat hari itu juga, bisnya berangkat dari Bandung jam berapa ya? terima kasih sebelumnya πŸ™‚

    1. teguhnugroho90 · · Balas

      Agennya ada di dalam terminal kok. Cari aja yg namanya Bandung Express, saya juga nggak hafal, karena nggak pernah naik dari Cicaheum (cuma transit doang). Selama itu hari biasa (bukan musim liburan panjang kayak lebaran, natal, atau tahun baru), pesen di hari H itu bisa banget. Jam keberangkatan bus tergantung dengan kota tujuan dan dari mana kita berangkat. Untuk Jogja dan kota-kota Jateng, kalo berangkat dari agen pusat di Jl. Dr. Cipto, itu mulai jam 18.00. Kalo dari agen Cileunyi jam 19.30.

  6. sheshelfangel · · Balas

    Jalr utara bisa turun di jatinangor kan?

  7. Terimaksih Infonya

  8. just FYI sob, utk tiket kreta ekonomi mulai 1 Juni 2013 udah ga ada. yang ada tinggal kreta Ekonomi AC. Kalau mau ke Jogja naik Kereta, ada 3 pilihan KA (Kereta Api) Ekonomi AC, yaitu:
    1. KA Pasundan AC(100 rb) -> turun di lempuyangan
    2. KA Kahuripan AC(100 rb) -> turun di Lempuyangan
    3. KA Kutojaya Selatan AC (50 rb) -> turun di stasiun Kutoarjo, nah abis itu naik kreta Pramex (10 rb), turun di stasiun Tugu

  9. Oy, kalau pengin perjalanan Yogya – Bandung pakai kereta ekonomi AC, kereta yg dipakai pilihannya sama kaya bandung (Kiaracondong) – Yogya. Cuma kalau mau lebih hemat ya pakai KA Kutojaya Selatan aja, jam 6 pakai pramex dari stasiun Tugu tujuan ke Kutoarjo, terus di Kutoarjo ntar langsung naik kreta Kutojaya Selatan. Tiket bisa dibeli dari H-7, bisa dibeli di Indomaret, alfamaret, dan agen resmi lainnya.
    tapi, kalau emang ga pengin hemat2 banget ya tinggal naik kreta bisnis/eksekutif aja dari stasiun Tugu

  10. “terus kalau udh nyampai stasiun Kiaracondong ke Unpad Jatinangornya gimana ya?” kaleem Sob, tinggal naik angkot Riung-Dago (ke arah dago) -> 3 rb, terus turun d depan Unpad DU, terus tinggal naik Damri DU-Unpad Nangor (5 ribu), beres.

    1. Naik KRD ke Rancaekek 1.500. Nyambung angkot Sayang-Gedebage arah Sayang, turun depan gerbang 2.500. Cepat dan murah.

  11. oy, nambahin lagi Sob, buat Bandung Express jalur selatan, rest-point-nya di daerah tasikmalaya, kalau dari arah Yogya itu beberapa ratus meter dari jembatan perbatasan Ciamis-Tasikmalaya, tempatnya enakeun.

    1. Makasih udah nambahin πŸ™‚

  12. Nadiful amam · · Balas

    Maaf nih mau tanya,
    Kalau dari jogja ke bandung tepatnya ke Universitas BSI rutenya gimana ya ?
    Dan seandainya sampai di sana malam apa ada penginapan ?

    1. Naik Antapani-Ciroyom, Mas. Abis itu tanya-tanya deh BSI di mana. Saya juga kurang tahu tepatnya, soalnya bukan di daerah pusat peradaban haha. Nggak tahu juga deh di sana jam segitu ada penginapan apa nggak. Tapi kalau di daerah stasiun, dago, cihampelas, atau dipati ukur sih banyak. Kalau daerah Antapani nggak tahu.

  13. petrichor · · Balas

    Mo nanya, kalo dari stasiun solo balapan mo ke trans studio bandung gimana ya?

    1. Yang pertama masbro naik kereta dulu ke Bandung. Dari Balapan berarti kereta bisnis ya? Turun di Stasiun Bandung, naik Cicadas Elang. Bilang aja mau ke Trans Studio. Angkotnya warna merah :3

      1. petrichor · ·

        Pengenya naek yg eksekutif bos. Soalnya acara keluarga besar bawa anak2 kecil juga. Trs dr stasiun bandung ke trans masi brp km?
        Makasih ya infonya πŸ™‚

      2. Oh iya sama aja, eksekutif juga turunnya di Stasiun Bandung. Masih jauh itu ke Trans Studio. Cari hotel aja dulu, Gan :3

  14. […] Ulasan lebih lengkap tentang transportasi bus dari Jawa Tengah atau Jawa Timur bisa dilihat di sini. Kalau kamu naik kereta, kamu bisa turun di Stasiun Bandung (atau yang juga dikenal dengan Stasiun […]

  15. kalau favorit saya sih naik kereta, agak lama n mahal dikit emang, tapi lebih romantis aja πŸ˜€

    1. Pertama kali ke Bandung naik ini, terus selanjutnya naik ini lagi, lama-lama jadi langganan dan udah nggak mikir alternatif transportasi yang lain πŸ™‚

  16. ak dr semarang kalau mau ke kawasan industri cimareme 3, padalarang gimana yaw step2nya dah ongkosny?

    1. Kalau mau ke Padalarang, naik Rajawali aja.

      1. bus rajawali bisa langsung mpe padalarang yaw? klo ongkos tiketnya brp tu?

      2. Iya. Ongkosnya sekitar 70-80ribuan deh kalau nggak salah.

  17. Eva Fitria · · Balas

    kalo BE dari Surabaya ke Sumedang bisa g ya?

    1. Bisa! Naik yang jalur utara.

  18. kalaw mau ke bandara bandung naik bandung ekspres bisa berhenti di deket” bandara gak ya

    1. Bisaaa. Turun di pool akhirnya aja, alias Istana Plaza. Habis itu naik angkot Cimahi-St.Hall ke arah Cimahi.

  19. Kak, kalau dari Cileunyi ke Jogja naek apa ya enak nya? aku sama temen2 dari UIN pengen jalan2 ke jogja nih, hehe..
    lebih enak naek Kereta atau pake Bis langsung? thx πŸ™‚

    1. Kalo dari UIN naik Bandung Express aja dari Cileunyi. Makasih udah mampir πŸ™‚

      1. Oh iya ka, matur nuwun. sama2. maaf baru buka akun lagi. heuheu

  20. klo naek bandung express yang dari cileunyi itu turun nya di terminal mana ya di jogjanya?

    1. Halo. Kalo via utara, turun di Terminal Jombor. Pol mentoknya di pom bensin Jl. HOS Cokroaminoto. Kalo yg via selatan turun Terminal Giwangan.

      1. thanks ka,
        mau nanya lagi PO nya yang di cileunyi itu dimnnya ya? kemaren abis nyari gak ketemu.

      2. Persis di pertigaan. Kalo dari arah Jatinangor, kanan jalan. Samping warung oleh2 gitu. Datangnya mulai sore ya, kalo pagi atau siang masih tutup.

  21. Mas kalo bus dari jogja ke bdg yang mueah naik apa yah?? Dari kemaren ngecek harga nya di atas 2rts semua

    1. Masih musim lebaran, kak. Makanya mahal. Sekarang, harga normal Bdg Ekspres non AC 95rb, AC 115rb. Kereta ekonomi Pasundan / Kahuripan 50rb.

  22. Candra Gunawam · · Balas

    PERHATIAN. JANGAN KIRIM BARANG LEWAT PAKET PAHALA KENCANA. SAYA PERNAH KIRIM PAKAI PAHALA EXPRESS, SAMPAI DITEMPAT BARANG YANG DITERIMA RUSAK. TIDAK ADA GANTI RUGI, TIDAK ADA TANGGUNG JAWAB, MALAH DIBOLAK BALIK. MAU KOMPLAIN NGGAK DILADENIN. UNTUK SAUDARA2 JANGAN KIRIM PAKET PAKAI PAHALA EXPRESS, ANDA PASTI KECEWA. DEMI ALLAH SAYA TIDAK BERBOHONG

  23. taufik setiawan · · Balas

    kalo mau ke Wisma Diklat Binamarga, Jl. RE Martadinata naik bis bandung express bainya turun dimana gan…thanx

    1. Turun di simpang Jl. Jakarta aja, mas. Terus lanjut angkot.

  24. Gan,klo lewat jalur selatan bisa naik dari jatinangor

    1. Nggak bisa, Gan. Turun Cileunyi.

  25. gan klo mau ke cimahi selatan dari jogja jalurnya gmn??

    1. Kalau mau ke Cimahi naik Rajawali aja, Gan.
      Kalau pakai Bandung Ekspres juga, turun di pemberhentian terakhir di pool-nya. Lanjut naik angkot Cimahi dari perempatan Istana Plaza (simpang sebelum nyampe pool)

  26. klw dari jogja ke parakanmuncang naik BE lewat jalur mana yadanhrg tiketnya brp,tq

  27. klw dari jogja ke parakanmuncang naik BE lewat jalur mana ya dan hrg tiketnya brp,tq

    1. Halo. Kayaknya turun di Parakan Muncang langsung. Kamu ambil BE yg via utara, karena yg via selatan nggak lewat situ.
      Harganya sekarang yg non ac 95rb, yg ac 115rb.

      1. anehhh ya mas bro,sy telp ke BE yg ada di jogja ,kalau mau turun di parakan muncang katanya lewat selatan mas,sdh 2 kali sy tanya,kemaren sm hari in jawabannya sam juga,yang bener yg mana ya lewat selatan atawlewat utara..??jd bingung sy

      2. Oh, ya udah ngikut apa kata BE aja, mbak. Soalnya saya juga kurang hafal daerah situ.

  28. efita widiastuti · · Balas

    Kalo saya naik dr wonogiri ♏ΒͺÜ ke majalaya,turun dimana ya…?trs kira2 perjalanannya makan waktu berapa lama?thanks

    1. Turun di Jatinngor saja, kak. Nanti nyambung angkot lagi. Perjalanan semalaman.

  29. bang mau tanya dong.. saya pengen ke bandung dari joga ke daerah pesona bali residence. budget kan terbatas mesti naik apa ya kira2? trus kalo naik bandung express turunnya di mana?

    1. Aduh, kak. Pesona Bali Residence itu di mana pula? Hahaha. Baru nanti saya bisa kasih tau kalau naik BE turun di mana.
      Yg jelas kalau mau murah, ya naik angkot πŸ˜€

  30. mau nanya kalau dari terminal bandung mau ke bandara bandung naik apa yah?

    1. Naik angkot atau taksi. Nah, terminalnya mana dulu nih? Ada 2 soalnya.

  31. elfandii · · Balas

    bang kalo mau ke kampus UPI yg gegerkalong tu lewat utara/selatan terus turun mana ntar?

    1. Dua-duanya bisa, bro. Tapi lebih cepet yg selatan.
      Kalo wilayahnya udah di Bandung, lewat utara atau selatan nggak masalah. Jalur utara itu untuk membantu yg mau turun di Sumedang, Kadipaten, Majalengka.

    2. Turun di Istana Plaza (sebelum masuk pool bus), terus ngangkot St.Hall – Lembang.

  32. kak kalau dari bandara bandung mau ke yogyakarta khususnya magelang , gimna ya kak?

    1. Yang pertama, jelas kamu naik pesawat dulu ke Bandara Jogja. Nanti dari Bandara Jogja ada damri ke Magelang.

      Atau kalau mau via darat. Dari bandara Bandung naik angkot atau taksi ke Stasiun Bandung. Atau turun di simpang IP dan naik Bandung Express dari Jl. Dr. Cipto.

  33. Mau tanya dong mas!! Kalo pake bus Budiman bisa trun di jombor ga ya ?? Hehh

    1. Wah, mohon maaf saya kurang tau, kak. Belom pernah naik Budiman πŸ™‚

  34. SOPIR PAHALA KENCANA GAK RAMAH, GAK BERMUTU KLU BERHENTIIN PENUMPANG DI PINGGIR JALAN. MENGECEWAKAN, CUMA MOBIL SAMA PROMO DI INTERNETNYA AJA YANG BAGUS. KLU TIDAK PERCAYA COBA ANDA NAIK PAHALA KENCANA PASTI MENGECEWAKAN. JANGAN NAIK PAHALA MANAJEMEN SM SOPIRNYA GAK BECUS

  35. klau beli tiket dr jombor sama berangkat dr jombor bsa gk,sama pas berhenti d res area itu kta makan byar sndri apa udh trmsuk pas beli makan itu tiketna?

    1. Bisa, mas. Ada kantor agennya di Jombor. Untuk makan bayar sendiri, dan mahal πŸ˜€

      1. Pamungkas · ·

        itu jam pagi ad gak brngktna biar g kemaleman smpai sana?
        ouh mahal yah
        dlu klau boleh tau makan hbs brpa bro πŸ˜€

      2. Gak ada yg pagi, bro. Semua bus patas itu berangkat malam, sampai di kota tujuan pagi2.

        Kalau mau berangkat pagi, ya naik bus biasa dari terminal. Tapi saya gak recommended. Jalan seharian itu panas lho, bro. Belum resiko macet dan malah waktu kamu habis di jalan kalo berangkat pagi.

  36. Yapto Nurmanto · · Balas

    Mas, mau nanya. Saya dari jogja mau ke bandung tepatnya ke daerah unikom jalan di pati ukur. Sebaik nya saya naik bus apa ya? Dan lewat jalur utara atau selatan. Makasi jika berkenan membantu πŸ™‚

    1. Dipati Ukur ada di kota, jadi bisa pakai bus apa aja, utara atau selatan. Tapi mending selatan aja agar lebih cepat. Nanti turun di Gasibu atau dr. Cipto.

  37. mas, kalau dari jogja ke bandung tpatx di JL.Tamansari, bgusx naik apa? dan trunx di mana.?

    1. Naik kereta api, nanti sambung angkot dari stasiun Bandung

  38. assad fs · · Balas

    kalau mau ke
    Alamat : Jl. Asia afrika No. 190,Bandung 40261 Jawa Barat, enaknya lewat mana yaa gan? trus ake transportasi apa??

    1. Mau naik bus patas apa kereta api, mas?

  39. Bisa kasih info ga, no tlpn agen bus bandung express yang ada di jogja,
    Urgent terima kasih

    1. Waduh maaf aku nggak save nomornya, biasa beli langsung. Langsung ke Jl. HOS Cokroaminoto samping SMAN 1 Yogyakarta aja.

  40. rahmat · · Balas

    mas klau dari jogja mau ke PPET LIPI bandung,…naik bus apa?..
    klau naik Bandung Express, nanti turun di mana?..
    harga tiketnya berapa kalau di hari libur lebaran?..

    pengalaman pertama nih keluar kota…
    nuwon…

    1. Mungkin bisa dibantu dengan di mana itu PPET LIPI, bro?
      Harga di pekan lebaran biasanya 2 kali lipat, sekitar Rp 300.000-an

    2. Gan kalau dr Lempuyangan ke bandung naik.kereta ekonomi paling murah apa ya?

  41. Anggariyan · · Balas

    gan saya dari jogja nih tepatnya dibantul, saya mau main ke bandung tempat temen saya nah dia ngampus di UNPAD Jatinagor, rencana saya mau kesana naik bus bandung ekspress, kira2 saya harus turun dimana ya supaya temen saya gak jauh jemputnya dari tempat kostnya? baru pertama kali ke bandung soalnya gan hehe..

    1. Naik Bandung Express via utara, turun di Jatinangor persis.

  42. mas,kalau yg agen di jembatan gondolayu yg disebelah mana ya?

    1. Yang di sebelah jembatan udah tutup, mas

  43. Sekarang harga tiket bis dari yogya ke bandung berapa ya gan? Baik utara ataupun selatan, makasih

    1. 115rb non ac dan 150rb ac

      1. Itu naik apa ya mas? Saya mau ke bandung dan kehabisan tiket KA

      2. Bandung Express, sesuai judul dan isi tulisan

  44. gmail.com · · Balas

    Kalau untuk skrg harga tiket bis dari jogja ke bandung berapa ya gan? Baik utara ataupun selatan, makasih gan

  45. Willy · · Balas

    Mas, kalau dari Sumedang mau ke Solo bisa pake Bandung Express juga? Pemberhentiannya di daerah mana ya kalau mau naik dari Sumedang?
    Saya mau kuliah di Solo tahun ini, sedih ga dapet PTN yang deket. :’

    1. Bisa. Aduh aku nggak tau nama tempatnya yang di Sumedang itu. Naik dari Cileunyi juga bisa. Coba kamu langsung telfon pihak Bandung Expressen ya.

  46. NICE INPOH….
    Aku mau ke Hotel Bumi Makmur Indah Lembang
    Turun di terminal apa ya…. trus naik angkot apa ?

    1. Kalo naik bus patas turun di Simpang RSHS (Rumah Sakit Hasan Sadikin) di bawah flyover itu, kak. Terus sambung angkot St.Hall – Lembang arah Lembang.

  47. Alhamdulillah dapat pencerahan. Nice info Bro.

  48. tanya kak kalau dri jogja mau ke IKOPIN bandung enaknya naik apa ya ….?

    1. Bandung Express via utara

  49. nanangsunandar · · Balas

    berbagi pengalaman sangat bermanfaat bagi yg memerlukannya! LIKE

  50. nanangsunandar · · Balas

    tanya: bus malam bandung ke jogja, yg bisa naik di kadipaten, po apa?

    1. Mohon maaf kurang tau, kang

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jilbab Backpacker

Travel-Architecture-Halal Lifestyle Blog

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

Ferdi Cullen-The Microtraveller

A microtraveller is a journey local or overseas that is short, flexible, simple, cheap – yet still fun, exciting, challenging, refreshing and rewarding

Pink Traveler

Kemasi ranselmu dan pergilah melihat dunia

#FDCG

SEBUAH CATATAN TENGIK ANAK TEKNIK

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Andromeda Noholo

Yang terjadi di Andromeda

fainun.com

Family Blogger Indonesia

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

CERITA LIANA

Travel More, Share More

Casa Fasa

Travel & Life

Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

Tukang Ngider

Ngider terus, terus ngider. KUY, DER!

Liza-Fathia.Com

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

Eka Hei

Selalu ada cerita dalam setiap langkah

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

Papan Pelangi

tempat berjalan dan bercerita

Peregrination

Jalan-Jalan | Kuliner | Review

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

The Spiffy Traveler

Exploring Endless Paradise

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Travel Blog Evi Indrawanto

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places β€œfurther beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Fahmi Anhar

Travelogue

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Usemayjourney

Melihat, Mendengar, Memaknai

Winny Marlina

Winny Marlina– whatever you or dream can do, do it! travel

%d blogger menyukai ini: