Ibis Budget Jakarta Tanah Abang: Rendah Biaya Dalam Gaya

kompilasi foto dari agoda, booking.com, dan traveloka

Seiring dengan berkembangnya traveling sebagai sebuah gaya hidup, berkembang pulalah industri travel itu sendiri menyesuaikan kebutuhan dan keinginan setiap pelancong yang berbeda-beda. Dulu, istilah “traveling” mungkin identik dengan kegiatan liburan atau rekreasi yang sifatnya bersenang-senang. Cari hotel yang nyaman, fasilitas lengkap, dan betah buat dinikmati berlama-lama. Ternyata, nggak semua orang kayak gitu sekarang. Sebagian orang nggak mempermasalahkan fasilitas lengkap atau sarapan nikmat, yang penting dia bisa beristirahat nyaman dengan AC, air panas, dan kasur yang empuk.

Yang pernah ngerasain kerasnya kehidupan kasur dorm hostel mana suaranyaaaa?

Sadar dengan adanya preferensi ini, Accor Hotels melalui brand Ibis Hotel menghadirkan Ibis Budget untuk para backpacker, budget traveler, flashpacker, sampai business traveler. Ibis Budget menyediakan layanan hotel dan kamar berdasarkan kebutuhan dasar (basic needs) seperti yang gue sebutkan di atas sebelumnya.


Lokasi dan Check-In

Ibis Budget Jakarta Tanah Abang beralamat di Jalan Tanah Abang II no. 35, Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat. Makanya, gue yang mendarat di Stasiun Gambir pun nggak perlu dibonceng babang ojol berjam-jam buat sampai di tempat tujuan. Syukurlah si babang juga dapat menemukan hotel dengan mudah, gue sempet was-was si babang nyasar atau kebingungan.

Oh ya, meskipun ada embel-embel Tanah Abang di nama dan alamatnya, jangan kira hotel ini deket dengan Pasar Tanah Abang. Ibis Budget Jakarta Tanah Abang ini menempati area Petojo Selatan yang lebih rapi, bersih, dan hijau daripada Pasar Tanah Abang kok.

menunggu antrian check-in di ibis budget jakarta tanah abang

resepsionis ibis budget jakarta tanah abang

Kebetulan, saat gue tiba, antrian check-in sedang cukup ramai dengan kedatangan beberapa pebisnis, jadi harus menunggu beberapa menit. Untungnya area lobi Ibis Budget Jakarta Tanah Abang ini menyediakan sederet fasilitas yang dapat digunakan calon tamu sambal menunggu antrian check-in.


Fasilitas Hotel

Tepat di depan Front Desk, ada kursi-kursi dan sofa dengan bantal-bantal yang nyaman banget buat duduk-duduk. Di sudut ruangan, ada Internet Corner dengan 1 PC yang dapat digunakan tamu dengan bebas untuk bekerja atau berselancar di dunia maya. Sementara itu, beberapa keperluan lain yang belum tersedia di kamar — seperti sandal, kopi, makanan, dan minuman — juga tersedia di samping Front Desk. Harganya murah kok, untuk sandal dan kopi misalnya, masing-masing Rp 10.000,00 aja.

internet corner di ibis budget jakarta tanah abang

Ruang makan disusun di samping lobi, menyediakan meja dan kursi yang ditata dengan konsep berkelompok maupun dengan konsep bar. Meja bar mengelilingi salah satu sisi ruang makan dengan kursi-kursi tingginya. Yang menyenangkan buat gue, lobi dan ruang makan ini mendapat asupan cahaya alami, rasanya jadi sehat dan segar.

Ada satu ruangan lagi yang bersisian dengan ruang makan, namun saat itu digunakan untuk venue 1st Anniversary Ibis Budget Jakarta Tanah Abang ini. Mungkin biasanya ruangan ini dipakai buat seating area juga ya.

Buat kamu yang suka ngopi, atau pengen makan tapi mager keluar dari hotel, nggak usah buru-buru cemas. Ada in-site coffee and bakery shop yang ada persis di depan lobi atau area ritel. Bakery shop inilah yang pertama kali akan menyambut tamu yang datang memasuki hotel. Seru kan? Hotel terjangkau tapi punya in-site café.

ruang makan ibis budget jakarta tanah abang

bersantap di ibis budget jakarta tanah abang

menu sarapan di ibis budget jakarta tanah abang

Selain itu, hotel bintang 2 ini juga menyediakan ruang rapat (meeting room) dengan luas masing-masing 28 m², kapasitas masing-masing hingga 20 orang. Selain itu, Ibis Budget Jakarta Tanah Abang juga punya ruang gym (fitness center) di lantai 2. Asyik! Nginep hemat, bisa tetep sehat.


Fasilitas Kamar

Ibis Budget Tanah Abang Jakarta memiliki total 145 kamar dengan luas masing-masing 14 m². Kamar terdiri atas kamar standar dengan ranjang besar, kamar standar dengan ranjang kembar (twin bed), dan kamar standar dengan tempat tidur bertingkat (bunk bed). Nah, kamar Bunk Bed ini cocok buat kamu yang menginap bertiga, karena ada tambahan ranjang di atas tempat tidur pertama. Ranjang Ibis Budget ini dirancang khusus oleh pihak Ibis, dinamakan Sweet Bed, dan menjamin kenyamanan istirahat tamu-tamunya. Gue emang tidur pules sih selama di sini, hehe.

Kamar-kamar Ibis Budget Tanah Abang Jakarta tampil dinamis, sporti, dan modern dengan permainan warna biru dan putih. Tempat tidur diapit oleh floating desk yang dapat digunakan meletakkan laptop dan benda-benda lainnya. Gue coba mengoperasikan netbook dengan meja layang ini dan kursi yang tersedia, ruang yang diberikan masih cukup nyaman. Selain itu, kamar dilengkapi dengan TV 32” dengan saluran televisi kabel, 2 botol complimentary water, handuk, dan cairan multifungsi buat sabun sekaligus shampoo cair (juga bisa digunakan buat “yang lain”, eeehhh). Pakaian dapat disimpan pada beberapa gantungan baju yang ada di depan kamar mandi.

kamar standar di ibis budget jakarta tanah abang

toilet dan bilik pancuran yang dipisahkan oleh dinding

di dalam lift yang instagrammable

complimentary water ibis budget jakarta tanah abang

Gue suka banget sama penataan ruangnya. Wastafel diletakkan di tengah ruangan, di antara area tempat tidur dan kamar mandi, lucuk! Di bawah wastafel ada tempat sampah dan colokan listrik. Di belakang wastafelnya sendiri terdapat sebuah meja memanjang tempat meletakkan air mineral dan gelas-gelas.

Bilik pancuran dan toilet tidak disatukan dalam 1 kamar kecil, breaking news buat kamu yang suka rebutan WC sama partner kamar kamu! Kepala pancurannya juga unik karena dapat mengeluarkan cahaya berwarna biru. It was my first time seeing such thing, hahaha. Sisi dinding bilik pancuran yang menghadap ke area tempat tidur memang agak transparan, tapi ternyata masih aman kok, “harta karun” kamu yang paling berharga nggak akan bisa dilihat oleh teman menginap.

kamar mandi transparannya masih aman kan? 😀

wastafel di tengah kamar ibis budget

pemandangan dari dalam kamar di ibis budget jakarta tanah abang

Gue seneng banget, karena gue menjadi salah satu blogger yang mendapatkan kamar di lantai 7. Bisa ditebak, gue bisa menikmati pemandangan gedung-gedung pencakar langit Jakarta dari kamar, woo-hoo! Selain itu, karena ternyata kamar gue ini tipe Smoking Room (padahal gue bukan perokok, percayalah), jendela kamar pun bisa dibuka buat lebih puas menikmati pemandangan.


1st Anniversary Ibis Budget Jakarta Tanah Abang

Hari Senin-Selasa, 23-24 Oktober 2017 lalu, thetravelearn.com dan beberapa blogger ibukota (juga awak media) berkesempatan menghadiri perayaan ulang tahun Ibis Budget Jakarta Tanah Abang yang pertama ini. Saat gue datang, gue disambut dengan dekorasi balon-balon berwarna biru di area ritel.

dekorasi di area ritel ibis budget tanah abang

bersama travel-travel blogger jakarta lainnya

bersama bernavita.com, ariefpokto.com, dan riyardiarisman.com

st 12 di ibis budget jakarta tanah abang

stand up comedy di ibis budget jakarta tanah abang

welcome dinner di 1st anniversary ibis budget jakarta tanah abang

Acara dibagi ke dalam 2 sesi, yaitu perayaan dan press release. Acara perayaan pada hari Senin malam diisi dengan welcome dinner, games berhadiah, stand-up comedy, lalu menjadi semakin meriah dengan penampilan dari grup musik ST12. Gue bukan fans mereka sih, but I was still enjoyed the crowd.

Esok paginya pukul 9:30, usai sarapan, Ibis Budget Jakarta Tanah Abang menggelar rilis pers untuk blogger dan awak media di tempat yang sama dengan venyu semalam. Bapak Ulil Azmi, manajer dari Ibis Budget Jakarta Tanah Abang, hadir sebagai pembicara utama bersama mbak Raiz.

Press Release lalu dilanjutkan dengan kegiatan games Kahoot, di mana para peserta harus menjawab sederet pertanyaan tentang Ibis Budget Jakarta Tanah Abang yang sudah dipaparkan sebelumnya. Bedanya dari games yang lain, peserta harus menjawab melalui Kahoot, sebuah website dan aplikasi. Semakin cepat menjawab (dan benar), semakin besar juga nilai yang dikumpulkan. Puji Tuhan, thetravelearn.com sukses menyabet Juara 1. Hadiahnya adalah menginap 1 malam di Ibis Budget Cirebon lengkap dengan tiket kereta api eksekutif pulang-pergi, lumayanlah hehe.

press release bersama bapak ulil azmi

makan siang dengan nasi kuning

Keseluruhan acara pun ditutup dengan foto bersama, dan masing-masing blogger pulang dengan menenteng goody bag berisi bantal biru khas Ibis Budget yang lucuk. Sebelum check-out, para peserta dipersilakan untuk bersantap siang dengan nasi kuning yang sudah disediakan. Lauknya lengkap! Ada ayam goreng, perkedel, tempe, dan urap.


Mengapa Harus Menginap di Ibis Budget Jakarta Tanah Abang?

Sampai pertengahan Desember 2017, Ibis Budget Jakarta Tanah Abang menawarkan special rate alias harga promo / diskon hotel seharga Rp 338.000,00 buat kamu! Kalau dibagi 2, masing-masing orang cukup membayar sekitar Rp 170.000,00-an. Dengan harga segitu, kamu udah bisa bobok nyaman di kamar privat (bukan dorm), kasurnya empuk, bisa mandi air panas, lengkap dengan sarapan. Sebagai bagian dari Accor Hotels yang menaungi Ibis, Novotel, Sofitel, Mercure, dan Grand Mercure, nggak perlu cemas lagi sama kualitas pelayanan di sini. Selain nasi & lauk pauk, tersedia juga roti dan selai untuk alternatif menu. Kopi dan teh saat sarapan tetap tersedia seperti di hotel-hotel lain kok.

kamar bunk bed ibis budget jakarta (sumber: accorhotels.com)

Lokasinya strategis di Jakarta Pusat, dekat dengan Stasiun Gambir dan obyek wisata Monumen Nasional (Monas), Masjid Istiqlal, Gereja Katedral, dll. Kalau naik Commuter Line Jakarta, bisa turun di Stasiun Juanda, lalu dilanjutkan dengan ojek atau taksi daring. Kalau mau ngopi atau nongkrong juga nggak usah jauh-jauh, ada in-site bakery & coffee shop di area ritel. Jadi, hotel Ibis Budget Jakarta Tanah Abang ini memang cocok buat backpacker alias traveler hemat!

Iklan

36 komentar

  1. Ulasannya lengkap! Asik ya kalau menginap di hotel budget dengan fasilitas yang komplit seperti ini. 😀

    1. Biar rendah biaya, tapi tetep gaya, hehehe. Makasih mas

  2. Ibis budget sudah pernah aku rasakan tapi di Makassar (Ibis merah). Dari segi makanan, breakfastnya enak cukup bervarian. Tapi untuk segi room kurang terlebih toiletnya sempit. Ya dimaklumi, namanya juga hotel budget serba minimalis hehehe

    1. Kayaknya itu Ibis Hotel deh, kalau Ibis Budget logonya warna biru.

      1. Ibis merah juga kecil sih kamar mandinya tapi lebih ke tamu yang lagi perjalanan business. Kalo biru iya ibis budget

      2. Udah pernah cobain Ibis Styles? Cakep dan luas kayaknya, hehe..

      3. Belum hehehe. Emang cakep dekorasi dinding kamarnya ber-style

      4. Iyaaa aku juga pengen cobain!!! (sodorin proposal ke marketing)

  3. Gie, waktu aku ke Bandung weekend kemarin, akhirnya aku nginep di Ibis Budget Bandung Asia Afrika. Waktu itu sih milihnya lebih ke alasan lokasinya yang strategis dan dekat ke dua tempat acaraku di Bandung, selain karena memang sebelumnya aku pernah nginap di 2 Ibis Styles yang berbeda.

    Kalau aku tilik-tilik dari postinganmu, sepertinya lay out dan gaya kamarnya sama untuk semua Ibis Budget. Termasuk jenis washtafel, gaya pemisahan toilet dan kamar mandinya, jenis kamar mandinya dan lain-lain.

    Satu hal lain yang aku tangkap, jenis kasurnya juga mirip dengan yang ada di Ibis Styles, pakai tip-top-topper. Cuma bedanya Ibis Styles lebih berwarna, lebih luas, dan fasilitas kamarnya lebih advance aja sih.

    Btw, jadi yang kemarin ngajakkin ke Cirebon itu, hasil dari lomba di acara 1st Anniversary nya Ibis Budget Tanah Abang rupanya? Anyway, selamat yaaaa 🙂

    1. Iya, mas. Hampir semua Ibis Budget kayak gitu. Dari desain fasad, interior resepsionis, sampai penataan kamarnya. Tapi Ibis Budget Menteng berbeda. Tunggu review gue ya, hehe.

      Anu, kalo ke Cirebon kemarin berkat dukungan hotel lain hahaha. Voucher dari Ibis Budget belom gue pake 🙂

    2. Oh jadi kalian mau berdua aja staycation ga ajak aku..

      1. kalo sama om Dedy nanti kita rusuh xD

  4. Asyik aja baca semua detail tentang Hotel Ibis Budget, tetapi kemudian fokus saya teralihkan pada wajah-wajah yang takasing lagi hahaha….

    1. Hahaha. Kita belum ketemu lagi nih bang sejak kopdar Batagor sekian tahun lalu itu.

  5. Hendi Setiyanto · · Balas

    jadi…itu bantal ibis warna birunya bisa dibawa pulang? wkwkwk

    1. ndak boleh, mas. ehehe 😀

  6. Apa perasaanku aja ya kamarnya nggak terlihat luas. Sekilas malah kayak konsep retro hotel ini.

    1. Iya, mas. Kamarnya memang efisien banget.

  7. Itu di salah satu foto di atas ranjang, eskpresinya begitu banget ya. Ngapain? lagi mainin sesuatu ya?
    .
    .
    .
    .
    .
    Ya kali mainin rubrik di balik selimut hahaha.

    Tapi, oke IBIS emang keren. Aku akan coba kapan-kapan.

    1. itu adalah ekspresi tidur pulas yang fail hahaha

  8. Kalau Tanah Abang masuknya masih di Jak-Pus juga bang? Hahaha
    *buta Jakarta*

    Itu apa banget coba, fungsi sabun selain buat bisa mandi bisa juga “buat yang lain”. Mikir keras ini.

    1. Iya masih Jakarta Pusat kok.

      Maksudnya buat cuci muka 😀

  9. Larasati Neisia · · Balas

    Cute banget kakak penampakan hotelnya dari luar. Aku pernah nginep Ibis sih tapi yang merah di TSM itu. Kalo di Bandung ada ndak ya Ibis budget?

    Btw Nug, yang di standing shower dari atas fotoinya gimana sik? itu ada yang motoin ya, ku bayangin kameranya ditaro dimana :))

    1. Ada kak, Ibis Budget Asia Afrika! Coba aja sodorin proposal hehe.

      Naaaahhhh penasaran kaaannnn 😉

  10. Sebenernya kalau dilihat dari rate dan fasilitas, hotel ini terbilang terjangkau. Masalahnya karena gw tinggalnya deket banget sama Jakarta, mau nginep di hotel2 Jakarta itu kok ya gimana gitu. Sepertinya lebih cocok buat ‘menyelundupkan’ temen2 gw kalau pas lagi ada event lari di Jakarta hehehe 🙂

    1. Kalo gitu cobain Ibis Budget di kota lain, mas. Hehehe

  11. […] sama-sama punya nama “Ibis Budget”, ternyata unit di Menteng ini beda banget lho sama yang di Tanah Abang! […]

  12. Ibis Tanah Abang ini pinggir jalan raya tapi jalanannya cenderung sepi jadi enak buat istirahat. Lokasinya enak dekat ke mana-mana, cuma sayang dari halte busway masih agak jauh.

    1. Yup, kawasan yang tenang dan rindang 🙂

  13. Kebiasaan sebelum nginep di hotel selalu browsing review dari blog2 orang. Lihat foto kamar dan pengalaman yang seru, akhirnya gue mutusin akhir pekan ini nginep disini pas di Jakarta ahahhaa.

    1. wahaha, senangnya bisa membantu mengambil keputusan. have a nice weekend, mas! 😀

  14. […] Oktober, gue menghadiri perayaan 1st Anniversary Ibis Budget Jakarta Tanah Abang sekaligus diberi kesempatan menginap satu malam bareng temen-temen blogger dan media lainnya. Dari […]

  15. […] interior Ibis Budget Cirebon identik dengan Ibis Budget Jakarta Tanah Abang yang gue inapi pada bulan Oktober 2017 lalu. Dekorasi geometri bernuansa warna biru, putih, dan […]

  16. […] Baca Juga: Ibis Budget Jakarta Tanah Abang, Rendah Biaya Dalam Gaya […]

  17. […] Silakan dibaca: Ibis Budget Jakarta Tanah Abang, Rendah Biaya Dalam Gaya […]

  18. […] Perjalanan ke Cirebon tahun 2018 (kereta api eksekutif PP dan hotel) setelah menang kuis dari Ibis Budget Jakarta Tanah Abang. […]

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jilbab Backpacker

Travel-Architecture-Halal Lifestyle Blog

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

Ferdi Cullen-The Microtraveller

A microtraveller is a journey local or overseas that is short, flexible, simple, cheap – yet still fun, exciting, challenging, refreshing and rewarding

Pink Traveler

Kemasi ranselmu dan pergilah melihat dunia

#FDCG

SEBUAH CATATAN TENGIK ANAK TEKNIK

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Andromeda Noholo

Yang terjadi di Andromeda

fainun.com

Family Blogger Indonesia

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

CERITA LIANA

Travel More, Share More

Casa Fasa

Travel & Life

Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

Jalancerita

Tiap perjalanan punya cerita

Tukang Ngider

Ngider terus, terus ngider. KUY, DER!

Liza-Fathia.Com

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

Eka Hei

Selalu ada cerita dalam setiap langkah

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

Papan Pelangi

tempat berjalan dan bercerita

Peregrination

Jalan-Jalan | Kuliner | Review

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

The Spiffy Traveler

Exploring Endless Paradise

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

virustraveling.com

Pack your dream and GO!!

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Travel Blog Evi Indrawanto

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Fahmi Anhar

Travelogue

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Sharon Loh

Food dan Travel Blogger Indonesia

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Usemayjourney

Melihat, Mendengar, Memaknai

Winny Marlina

Winny Marlina– whatever you or dream can do, do it! travel

%d blogger menyukai ini: