Pengalaman Menginap di RedDoorz, Gaya Baru Hotel Murah

RedDoorz, great budget at great prices

RedDoorz, great budget at great prices

Siapa di sini yang merasa dirinya seorang backpacker atau budget traveler? Sukanya nginep di dormitory hostel, guesthouse, atau hotel-hotel murah? Makin hari, penginapan murah makin banyak sih. Tapi, penginapan murah dengan fasilitas yang nyaman dan lokasi strategis, kadang masih susah ditemuin! Ada yang murah banget, tapi kamarnya nggak enak, banyak dapet review jelek dari orang-orang. Ada juga yang murah dan enak, tapi lokasinya ada di ujung peradaban manusia. Mungkin didorong oleh kondisi itulah, RedDoorz hadir di Indonesia!

 

Sekilas RedDoorz

Melihat nama dan logonya yang berwarna putih-merah, RedDoorz membawaku kepada asumsi awal bahwa jaringan hotel budget ini adalah metamorfosis dari sebuah jaringan hotel budget yang sudah ada sebelumnya. Ternyata tidak sama sekali, kokoh cici! RedDoorz adalah jaringan hotel murah asli dari Indonesia yang benar-benar baru, dari putra bangsa kita sendiri.

RedDoorz, comfortable rooms at great prices — begitu bunyi slogannya. RedDoorz merupakan jaringan akomodasi budget di Indonesia dengan standar pelayanan berkelas. Berdiri semenjak Juli 2015, RedDoorz sudah berhasil merambah 3 kota besar di Indonesia (Bali, Jakarta, Bandung) dengan 100++ properti yang tersebar.

Toiletries RedDoorz

Toiletries RedDoorz

Menjamin standar pelayanan RedDoorz Service Assurance, setiap kamar di RedDoorz dilengkapi dengan:

  • Akses wifi gratis
  • Televisi kabel
  • Linen (sprei) bersih
  • Kamar mandi higienis
  • Air mineral gratis
  • Peralatan mandi premium khas RedDoorz (sabun, shampoo, moisturizer)

Hotel-hotel RedDoorz langsung memenuhi halaman pertama kalau kamu search harga hotel termurah di Booking.com. Hal ini membuatku bertanya-tanya, “Apakah RedDoorz membangun gedung baru atau menggunakan gedung lama?” Kepala bagian Digital Marketing-nya sendiri, Mr. Puneet Singhal menjawab, RedDoorz menggunakan gedung-gedung properti lama yang kemudian di-rebrand menjadi RedDoorz. Ah, pantes sudah banyak ya..

 

Pencarian Lokasi dan Check-In

Nah, aku sendiri baru saja menginap satu malam di salah satu Hotel RedDoorz pada pekan Imlek lalu, tepatnya di Jl. Mangga Besar V no 1B, Jakarta. Dari posisi awal di kawasan UOB Plaza, aku naik Commuter Line dari Stasiun Sudirman dan turun di Stasiun Jakarta Kota.

Cerita petualangan di Pecinan Jakarta dapat disimak di:

10 Things to Do in Jakarta’s Chinatown

[Photo Essay] Asa, Rasa, dan Masa di Pecinan Jakarta

RedDoorz Mangga Besar is easily accessible from Jakarta Kota Station

RedDoorz Mangga Besar is easily accessible from Jakarta Kota Station

Aku sempat bolak-balik kebingungan mencari RedDoorz ini karena lokasi riil yang tak sesuai dengan Google Maps, serta warga lokal yang juga tak mengetahui keberadaan tempat ini. Di dalam peta, RedDoorz berada di mulut anak jalan. Namun kenyataannya, aku masih harus berjalan sekitar 100-200 meter ke dalam untuk dapat menemukan tempat yang dicari ini. Agak heran sih, nomor 1B memang seharusnya berada di mulut anak jalan. Pun tidak ada papan besar menonjol, hanya sebuah papan kecil di depan pos satpam.

Aku mengemukakan maksud kedatanganku kepada bapak satpam. Dia lalu memanggil seseorang dari dalam gedung, dibalas dengan longokan dari atap gedung dan permintaan untuk aku menunggu sebentar di depan. Pintu dibuka, aku pun masuk ke dalam disambut oleh seorang cici-cici dengan pakaian sehari-hari. Tanpa angpao. Tanpa kue keranjang.

Receptionist room, RedDoorz Mangga Besar

Receptionist room, RedDoorz Mangga Besar

Aku dipersilakan duduk pada salah satu kursi di sebuah ruang depan minimalis, berisi empat buah kursi dan dua buah meja bundar yang ringkas. Aku duduk mengisi lembar data diri yang diberikan, sementara si empunya properti sibuk mengoperasikan sebuah aplikasi dari smartphone. Dugaanku, dia sedang mengkonfirmasi kedatanganku pada aplikasi RedDoorz, mirip seperti yang dilakukan sopir ojek online.

Aku memberikan deposit senilai Rp 300.000,00 sesuai dengan peraturan yang ada saat menginap bersama RedDoorz. Deposit akan dikembalikan saat check-out maksimal jam 12.00, sementara waktu check-in adalah pukul 14.00, tipikal hotel-hotel budget. Seorang bapak paruh baya lalu membawaku masuk ke dalam sayap gedung sebelah kiri yang dipisahkan oleh sebuah toko Indomaret dengan gedung sayap kanan ini. Kayak aku dan kamu gitu deh, dipisahkan oleh jarak dan calon mertua. #eh

 

Fasilitas Hotel dan Kamar

Pintu gedung terbuka setelah penghuni menempelkan smart card pada penampang metal di kenop pintu. Kamarku ada di lantai 2 yang dapat diakses dengan tangga, tepat di ujung lorong. Pintu kamarnya sendiri dapat dibuka dan ditutup secara konvensional menggunakan anak kunci yang dimasukkan ke dalam lubang kunci.

Spreinya rapi, bersih, wangiii

Spreinya rapi, bersih, wangiii

Kamar diisi dengan ranjang berkapasitas 2 orang yang bersih, nyaman, dan wangiii. Fasilitas lainnya adalah AC, meja kecil di samping ranjang, TV layar datar, meja-kursi kerja, cermin, 2 botol air mineral, colokan listrik di beberapa titik, WIFI, lemari, dan penyimpanan sepatu.

Untuk toiletries, RedDoorz menyediakan body wash, shampoo, moisturizer, dan sepasang handuk. Tak ada tissue dan sandal, aku berangkat dari Bandung dengan asumsi bahwa kedua item itu sudah disediakan di RedDoorz. Untungnya di bawah ada Indomaret, jadi bisa mampir beli keperluan sehari-hari.

Interior dan fasilitas RedDoorz Mangga Besar, Jakarta

Interior dan fasilitas RedDoorz Mangga Besar, Jakarta

Kamarnya sendiri bersih, nyaman, dan wangi, enak buat liburan sambil kerja atau main laptop. AC berfungsi dengan baik, menyemburkan udara sejuk ke setiap sudut ruangan. TV juga menyajikan tayangan saluran televisi kabel dan nasional yang jernih, nggak bakal bosen di kamar deh! Lemarinya besar, memiliki banyak ruang untuk menyimpan barang bawaan seperti ransel utama, tas kecil, baju-baju kotor, dan alas kaki.

Dari sini, aku memahami bahwa konsep RedDoorz ini sedikit unik dari konsep hotel-hotel yang lain. RedDoorz lebih mirip seperti AirBnB, menginap di warga lokal seperti Couchsurfing namun berbayar karena kamar dikelola professional. Bedanya, di sini ada kesamaan brand dan standardisasi akomodasi yang berupa 6 hal di atas. Jadi, setiap pemilik properti dapat mendaftarkan propertinya menjadi Hotel RedDoorz. Makanya, RedDoorz lebih memilih kata “akomodasi” untuk mendeskripsikan dirinya, bukan “hotel”.

Shower RedDoorz Mangga Besar, Jakarta

Shower RedDoorz Mangga Besar, Jakarta

Nah, maka mungkin saja ada beberapa hal yang berbeda dari Hotel RedDoorz yang satu dengan yang lainnya. Ada RedDoorz yang menempati hotel, guesthouse, apartemen, atau kost premium seperti RedDoorz Mangga Besar ini. Eh, kalau kamu punya juga punya pengalaman menginap di RedDoorz, boleh ya share ceritanya.

 

Proses Check-Out dan Kesimpulan

Proses check-out dilayani oleh cici-cici yang kemarin juga menerima kedatanganku. Setelah kondisi kamar dipastikan oke, aku menerima kembali uang Rp 300.000,00 yang semula dititipkan sebagai deposit.

Cable TV - RedDoorz Mangga Besar, Jakarta

Cable TV – RedDoorz Mangga Besar, Jakarta

Dari segi harga, RedDoorz oke banget! Dengan harga yang sama untuk hotel di Jakarta saat akhir pekan panjang, paling-paling cuma dapet hotel esek-esek di kawasan Mangga Besar, hihihi. Ada yang sama murahnya, tapi lokasi jauh dari pusat kota dan konsentrasi titik wisata Jakarta. Saat itu, rate-nya adalah Rp 200.000 – Rp 250.000, namun akan lebih murah saat memasuki hari biasa.

Waktu check-in dan check-out persis seperti hotel budget yang lain, jadi nggak masalah. Lokasinya strategis banget! Hanya berjarak sekitar 1.5 kilometer dari Stasiun Jakarta Kota, dapat dicapai dengan TransJakarta dan turun di halte Mangga Besar lalu dilanjutkan dengan sedikit berjalan kaki. Ada juga jalur angkot yang lewat persis di depan hotel, tapi maaf aku nggak hafal angkot jurusan apa, hihihi. Kebersihan dan kenyamanan juga oke banget, aku suka wangi spreinya…

A kitchen at the corner

A kitchen at the corner

Pemesanan kamar dapat dilakukan melalui web-web reservasi hotel, tapi lebih baik melalui web RedDoorz langsung di www.reddoorz.com atau di mobile site m.reddoorz.com, siapa tahu pas ada promo! Di web reservasi hotel, selain pembayaran melalui kartu kredit dan ATM seperti yang sudah jamak di hotel serupa, bisa juga dilakukan di minimarket. Makin mudah sesuai situasi kita deh!

Jangan lupa untuk follow akun social media RedDoorz, ada informasi promo serta kejutan menarik setiap minggunya!

Facebook            : RedDoorz (www.facebook.com/RedDoorzHQ)

Twitter                  : @RedDoorzHQ (www.twitter.com/RedDoorzHQ)

Instagram           : @reddoorzhq (www.instagram.com/reddoorzhq)

Android App      : RedDoorz

Website                : www.reddoorz.com

Mobile site          : m.reddoorz.com

 

Iklan

71 komentar

  1. aku suka nginep di tmpt paling murah

  2. oh di Mabes (Mangga besar), gak ketemu yg aneh-aneh kan? 😀

    1. Banyak, kak. Banyak! *istighfar*

  3. Waaah lumayan referensi numpang tidur kalo di jekardah

    1. Yoi. Murah meriah, tapi nyaman banget!

  4. Wah murah sih dgn harga segitu dapat kamar privat dan kamar mandi dalam. Tisu itu penting palagi klo tamunya bule gak cebok pake air haha

    1. Iya buat ukuran Jakarta udah murah banget. Kompetitornya cuma hotel esek-esek yang fasilitasnya tentu nggak sebaik ini 🙂

  5. Nginep di Red doorz dimintain KTP gitu2 ga ya? Minggu depan mau cari penginepan d Jakarta sama temen cewe nih soalnya.

    1. Enggak kok, kak. Tapi diminta isi data diri. Cuma diminta deposit aja.

  6. murah sih,,
    cuma deposit nya gila 300 uda seperti htl mewah apalagi buat backpacker yg bawa duit pas2 an haha
    oh ya ada pilihan smoking dan non smoking room?

    1. Nah, awal April lalu pernah menginap di RedDoorz Pulomas. Di sana nggak diminta deposit.

      Tidak ada standar smoking dan non-smoking room di RedDoorz, jadi masuk ke kebijakan masing-masing properti 🙂

  7. Kak, aku pengen coba yang di bandung . Kalau deposit itu sudah plus sama totalan yang harus di transfer atau nambah sendiri lagi?
    Kemarin dah coba booked, terus ga ada penambahan apa2 untuk 1 hotel di hotel lain nambah sampai 150rb semalam. Mohon pencerahan

    1. Deposit itu nambah lagi di tempat, kak.

      Oh ya, saat saya menginap di RedDoors Pulomas, tidak dimintai deposit. Nanti boleh share ke sini lagi ya, kak. Dimintai deposit atau enggak. Thanks

      1. Reddorz pulomas gmn? lbh bgs?

      2. Untuk standar kualitas kamar, sama mbak. Tapi RedDoorz Pulomas lebih kecil bangunannya.

  8. Permisi mau nanya saya berminat ingin menginap di Reddoorz Pulomas.. sesuai prosedur kalau booking lwt mobile app kan sruh krim bukti pembayaran ke email booking@reddoorz.com kan? itu biasa email balasannya berpa lama ya? karena aku blm dbls nih emailnya mksh. mohon infonya

    1. Hai, Vina. Boleh tau sudah berapa lama menunggu email balasan?

  9. Permisi bisa minta no telpon yang bisa di hubungi? Untuk daerah jakarta timur

    1. Halo. Bisa langsung buka web RedDoorz aja, kak. Ada semua informasinya di situ, tks

  10. Kalo waktu nginep nya bawa temen cewe boleh ga ya kak?

  11. Kalo nginep nya bawa temen perempuan boleh nggak ya kak?

  12. Boleh nginep bareng temen cewek gak mas

    1. Ada yang boleh, ada yang nggak. Tergantung kebijakan masing-masing properti RedDoorz

  13. Itu toiletries nya gratis apa bayar lagi bro? Tanggal 2 Desember besok aku ke Jakarta, dan udah booking di RedDoorz @ Hayam Wuruk, Jakpus.

    1. Gratis, bro. Toiletries sudah jadi standar RedDoorz.

  14. Bisa pesan dihari yang sama ga ya mas?kebetulan ada teman yang mau datang ke jakarta, tapi belum tau nyampe jakarta jam brp nya, kemungkinan larut malam, apakah ada receptionist yang standby 24jam untuk reddoorz yang di Pemuda?

    1. Bisa pesan di hari yang sama selama kamar tersedia kok. Untuk ketersediaan resepsionis, gak semuanya 24 jam, tapi kalau udah jam kerja pasti siap!

  15. kak, kalau pulomas bisa buat menginap cewe cowo gakk? non pasutri tp? hehehe

    1. Pulomas akomodasinya syariah, kak. Cari yang lain aja.

  16. Kalo reddoorz antasari akomodasinya syariah ga ya ?

    1. Ada di keterangan biasanya, kak. Kalo gak ada, ya berarti biasa.

      Begini, ini kayaknya jadi banyak yg mikir bahwa banyak RedDoorz syariah ya. Pada dasarnya RedDoorz itu umum, biasa aja kayak yg lain, sedikit kok yang syariah.

      1. kalau reddoorz yang non syariah dimana saja ya gan Matius mohon infonya terima kasih,

      2. Banyak kok. Ini kenapa RedDoorz jadi terkesan penginapan syariah ya? Justru yang syariah ini yang sedikit. Yang lain penginapan seperti biasa.

  17. nglihatnya dimana ya kebijakan boleh membawa teman cewek atau tidak? saya lihat di web nya idak ada keterangannya, terimakasih

    1. Di web atau lembar pemesanannya

  18. Mas kalo yang belom punya ktp tapi ada kartu pelajar gmna boleh nginep ga

    1. Harusnya boleh ya, yang penting tanda pengenal

  19. Al masyhurya · · Balas

    Pengalaman pertama saya yang membuat saya sangat KECEWA DAN MENYESAL

    Semalam pada pukul 22.00 saya menggunakan layanan redDors untuk melakukan resevasi hotel di bilangan jakarta selatan ( JAGAKARSA ) dan saya lakukan pembayaran sesuai yang tertera di aplikasi redDORS kemudian saya langsung menuju lokasi dengan menggunakan maps yang ada di aplikasi. .dan akhirnya saya sampai lokasi tetapi saya sangat kesulitan mencari hotel yang saya bayar karena hotel tersebut tidak terdaftar di maps dan hanya nama jalan nya saja. .kemudian saya coba hub customer service untuk menayakan letak hotel tersebut. .tetapi jawaban yang saya terima CS nya juga tidak tau maka saya berinisiatif untuk menanyakan sama orang yang yang ada di lingkungan tersebut. .pada awal nya mereka tidak tau tetapi setelah jelaskan secara detail ada seseorang yang tau dan saya langsung di antar kan ke hotel setelah saya lihat akses jalan nya sangat sempit dan lahan parkiran nya pun tidak ada jangan kan untuk mobil bahkan untuk motor saja pun tidak ada dan setelah saya lihat bangunan nyay menurut saya itu bukan sekelas hotel tetapi hanya sekelas kontrakan/kost’an kemudian saya bertemu langsung kepada pemilik nya. .ucapan awal yang dia bilang kalo tempat ini SYAR’I

    Padahal pada saat saya melakukan reservasi sampai dengan boking tidak ada S&K yang saya dapatkan. .dan akhirnya saya pergi dari lokasi tersebut saya hubungi CUSTOMERSERVICE ( ALIF ) menayakan hal tersebut dan dia hanya bilang kalo S&K ada di paling bawah lalu saya coba tinjau kembali aplikasi redDORS dan hasil nya memang ada tetapi harus di klik meskipun menggunakan icon arah kebawah yang membuat orang tidak sadar kalo icon itu bisa di klik karena menurut saya terkesan menutupi S&K

    Yang membuat saya KECEWA rumah yang memiliki beberapa kamar dan akses yang sangat sulit apalagi lahan parkir motor ataupun mobil tidak ada tapi dapat di sebut HOTEL meskipun fasilitas hampir sama dengan hotel pada umum nya padahal menurut saya pribadi itu masuk kedalam kategory KONTRAKAN/KOST’AN yang bisa di sewa /hari atau /bulan

    Yang membuat saya kecewa pada saat saya menghubungi CS ( ALIF ) saya tidak di berikan kebijakan atau alternatif lain nya dan saya juga tidak bisa membatalkan pesanan

    NOTE : saya tidak mengharapkayn REFUND atau yang lain nya namun saya mengharapkan tidak ada lagi orang lain yang mengalami seperti saya
    jika tidak dalam kondisi malam/darurat saya mungkin tidak menggunakan layanan redDORS

    ID PEMESANAN SAYA :1490628375586

    Terima Kasih

    1. Halo, kak. Saya respon secara netral ya.

      RedDoorz (juga Zen Rooms, Airy Rooms, Nida Rooms, dsb) memang bukan seperti hotel pada umumnya, istilahnya adalah Virtual Hotel Operator. RedDoorz tidak memiliki properti secara fisik, namun mengambil beberapa kamar dari sebuah akomodasi yg memenuhi standarnya. Akomodasi ini nggak harus hotel. Bisa hostel, apartemen, dan.. Betul, kost-kost-an. Standar kamarnya adalah kamar ber-ac, wifi, toiletries, bersih dan nyaman. Jadi, kita tidak bisa menuntut tempat parkir yg luas karena memang itu tidak menjadi standar mereka. Boleh tahu berapa harga sewa per kamar yg mas bayar?
      Nah, karena “numpang” properti orang, maka kita dituntut untuk tahu nama properti yg sesungguhnya. Warga lokal biasanya nggak tahu dengan nama RedDoorz.

      Di sini, kesimpulan saya adalah mas sebagai customer belum paham betul tentang tipe akomodasi yg mas pesan. Namun, di sisi lain, customer service RedDoorz juga salah karena tidak membantu. Untuk berikutnya, kalau mau pesan RedDoorz, bisa cek Maps dulu. Lalu, lihat harganya. Ada rupa, ada harga. Semakin murah, kemungkinan kualitasnya juga semakin kurang (akses, brand, dsb). Terima kasih atas masukannya ya.

      1. maharani · ·

        Kak aku lagi liburan sama pacar. Pngen cari penginapan reddorz yg boleh 1 kamar lokasi nya dimana yaa? Respon pliss. Soalnya cape klo liburan langsung pp. Ga ada istirahatnya. Tolong yaaa respon.

  20. winarno · · Balas

    masih ada penginapan murah di jakarta? suatu saat mau saya buktikan nih.. hotelnya.

  21. wow seru banget baca review tulisan mas mathius mengenai review hotel. Sangat bermanfaat untuk dapat mengetahui lokasi hotel yang bisa memberikan pengalaman yang berbeda. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai review kamar hotel yang bisa kamu kunjungi di http://kamarhotel.web.id

  22. kalau reddoorz yang non syariah dimana saja ya gan Matius mohon infonya teri

  23. kalau reddoorz yang tidak perlu deposit dimana ya Gan Matius?

    1. Saat ini sebagian besar hotel murah pake sistem deposit. Btw maaf, gue di sini bukan duta RedDoorz yang hafal RedDoorz se-Indonesia 😂😂😂

      Untuk pertanyaan lebih spesifik, langsung kontak pihak hotel aja. Tks

  24. Hallo. Mau sharing, waktu habis nyepi aku ke Bali sama pasangan pakai jasa dari Reddorz dan berapa harga yang aku dapet? Rp 99000. Lokasinya di Kuta dekat Mall Discovery. Sempet khawatir nggak ketemu lokasinya, begitu sampai, namanya Hotel Nathan, hotelnya besar banget sampe malu mau masuk takut salah tempat. Ternyata bener, kalo misal aku bisa share fotonya, aku share dah. Bagus Murah Banget harga 99ribu! Beruntung banget pokoknya, saya suka~

    1. Terima kasih sharing-nya Septy. Enak banget dapet harga promo 🙂

  25. kak kalo di RedDoorz near Exit Toll Gunungsari itu kalo bawa temen cewek boleh gak? soalnya temen cewek saya dari jauh mas.

    1. Mohon maaf, kurang tau mas. Silakan tanyakan langsung pada pihak RedDoorz-nya ya, mas. Terima kasih 🙂

  26. Efriza Diningrat · · Balas

    ngakak baca komen2nya, pada pingin maksiat dengan biaya murah wkwk

    1. iya, aku juga bingung kenapa banyak yang nanya kayak gitu hahaha

      1. Salsabila wahyudi · ·

        nahh bener. mau ngapain coba wkwk

  27. murah dan berkualitas…

  28. Tetewe · · Balas

    Sarapannya ada ngak sih ? Di app atau web ngak ada liat soalnya

  29. aku jg barusan ka booking di reddoorz pake harga promo yg 99k semoga ga mengecewakan aku agak takut soalnya :’) btw aku baru tau kalo pake uang jaminan gitu…

    1. Iya biasanya pake uang jaminan, tapi mungkin juga ada yg enggak. Enjoy your stay!

  30. Gede juga ya deposit kamarnya sampe 300rb, mungkin mereka protect takut ada yg rusak atau apalah, yang penting duitnya juga bakal balik kalo kita ga macem-macem. Bisa jadi referensi nih.

    1. Iyaaa gede banget 😦
      Rp300rb itu nggak di semua RedDoorz, kok. Tiap unit beda.

  31. maaf mau tanya mungkin masnya tau, kalau untuk reddoorz near plaza araya di malang apa ada depositnya mas? makasih

  32. Kalo mau lihat ketentuan reddoorz boleh apa enggak bawa temen cewe dimna yaa??

    1. Dari RedDoorz sendiri nggak ada ketentuan tertulis soal itu kecuali RedDoorz syariah. Jadi kembali ke masing-masing hotel atau propertinya.

  33. Klo pesan 1 kamar itu ada ketentuan maksimal harus berapa orang atau bebas?

    1. Sesuai kapasitas kamar, bro. Kalo kapasitasnya 2 orang, ya maksimal 2 orang. Biar gimanapun ini tetap penginapan.

  34. bro,deposit 300 ribu itu sekali aja pas kita check in?atau sesuai jumlah hr kita menginap?(kalau 5 hari berarti,5×300 ribu)

    1. Sekali aja. Dan tidak berlaku di seluruh RedDoorz. Masing-masing properti punya peraturan sendiri.

  35. Bang mau tanya dong, utk yang di pemuda itu syariah apa bukan ya??
    Harga boking kamar lbh murah via aplikasi android apa langsung ke redDoorZ nya??
    Cabang pemuda itu, skrg reservasi itu pk KTP gak ya?
    Disana pake sistem deposit gak??
    Maaf byk tanya..

    1. Bro, mohon maaf nih, tapi gue bukan duta besar RedDoorz wkwkwk. Gue customer biasa kayak lu. Jadi silakan lemparkan pertanyaan kamu ke properti yang bersangkutan ya.

      Untuk harga, lo tinggal cek sendiri aja deh mana yang lebih murah.

      1. Hahaha iya bang
        Cuma share aje barang kali tau info disana
        RedDoorz pemuda itu syariah bukan ya

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jilbab Backpacker

Travel-Architecture-Halal Lifestyle Blog

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

Ferdi Cullen-The Microtraveller

A microtraveller is a journey local or overseas that is short, flexible, simple, cheap – yet still fun, exciting, challenging, refreshing and rewarding

Pink Traveler

Kemasi ranselmu dan pergilah melihat dunia

#FDCG

SEBUAH CATATAN TENGIK ANAK TEKNIK

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Andromeda Noholo

Yang terjadi di Andromeda

fainun.com

Family Blogger Indonesia

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

CERITA LIANA

Travel More, Share More

Casa Fasa

Travel & Life

Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

Tukang Ngider

Ngider terus, terus ngider. KUY, DER!

Liza-Fathia.Com

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

Eka Hei

Selalu ada cerita dalam setiap langkah

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

Papan Pelangi

tempat berjalan dan bercerita

Peregrination

Jalan-Jalan | Kuliner | Review

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

The Spiffy Traveler

Exploring Endless Paradise

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Travel Blog Evi Indrawanto

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Fahmi Anhar

Travelogue

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Usemayjourney

Melihat, Mendengar, Memaknai

Winny Marlina

Winny Marlina– whatever you or dream can do, do it! travel

%d blogger menyukai ini: