Tips #BisaAja Liburan ala SULTAN, Tetap Hemat di Akhir Tahun

Menatap Sindoro di Puncak Sikunir

Buat mas-mas kantoran fakir cuti kayak gue, ngatur waktu traveling itu memang sebuah dilema. Satu sisi, gue pengen traveling pas masa-masa libur bersama biar cuti nggak terkuras dan nggak perlu rikuh minta izin ke atasan. Tapi di sisi lain, di masa-masa liburan itu jugalah harga tiket melambung. Jadi mau nggak mau gue harus traveling di hari-hari biasa dengan mengajukan cuti supaya bisa jalan-jalan tanpa mengosongkan tabungan. Tapi, akhir tahun ini sedikit berbeda, karena ternyata kita bisa tetep liburan ala SULTAN dengan budget pas-pasan!

Emang bisa? #BisaAja dong, salah satu triknya adalah dengan nginep di hotel-hotel RedDoorz. Nah, baca tips selengkapnya dari gue di bawah ini.


Pilih Hari dan Jadwal Keberangkatan

Sebagai contoh, jika libur bersama Natal dan Tahun Baru dimulai hari Senin (24 Desember 2019), maka bisa dipastikan puncak arus mudik akan terjadi pada hari Jumat malam, 20 Desember 2019. Jadi, jangan ikut-ikutan berangkat hari Jumat malam, berangkatlah pada Jumat pagi atau Kamis malam. Cukup izin cuti sehari, namun bisa membuat perubahan besar! In case kamu nggak boleh cuti menjelang libur bersama (like some companies do), ya udah, berangkat Minggu malem atau Senin pagi aje.

Baik untuk pesawat terbang atau kereta api, jadwal keberangkatan pagi itu biasanya harganya lebih terjangkau karena kurang diminati. Gue sendiri udah reservasi kereta api eksekutif ke Jogja buat hari Sabtu pagi, 21 Desember 2019, dengan harga nggak sampe Rp500.000,00.


Jangan Go Show, Booking Hotel Jauh-Jauh Hari!

Pepatah “yang dadakan justru jadi” emang masih banyak yang percaya dan, dalam kondisi tertentu, memang itulah yang terjadi. Tapi jangan sekali-kali dicoba waktu peak season kayak gini, Salvador! Gue aja nggak pernah seumur-umur reservasi hotel go-show. Pokoknya apa pun yang bisa gue book online, pasti akan gue pesen online. Gue nggak mau gambling dengan go-show. Booking online juga hemat waktu dan tenaga, dan kamu bisa melihat daftar yang lebih lengkap.

Tetap bisa liburan ala SULTAN dengan RedDoorz

Saat peak season kayak gini, pihak penginapan udah pasti ancang-ancang buat naikin rate-nya. Pesanlah hotel beberapa hari atau minggu sebelum keberangkatan. Untungnya sih RedDoorz bisa di-booking online dari website atau aplikasi. Pas banget, lagi ada promo SULTAN nih, Suka-suka Liburan Akhir Tahun dari RedDoorz. Kamu bisa puas liburan di Indonesia dengan potongan harga sampai 40 persen! Tinggal masukkan kode BISAAJA25 di website atau aplikasi untuk periode pemesanan 4-18 Desember 2019 dan periode menginap 4-20 Desember 2019.


Cari Hotel di Dekat Tempat Wisata

Salah satu pos pengeluaran terbesar saat traveling adalah transportasi, apalagi kota-kota di Indonesia tuh sarana transportasi umumnya belum bagus. Kita harus sewa kendaraan pribadi atau order transportasi online supaya bisa bebas ke mana-mana dengan mudah. Makanya, carilah hotel yang deket dengan tempat wisata yang mau kamu tuju di kota itu. Sebagai contoh, kalo kamu mau eksplor pusat kota Bandung, puas kulineran, dan nggak mau jauh-jauh dari Stasiun Bandung, maka RedDoorz Premium near Bandung Station (D’Sovia Hotel) bisa jadi alternatif.

RedDoorz Premium near Bandung Station

Coffee & tea maker RedDoorz Premium dekat Stasiun Bandung

Baca Juga: Mengunjungi 3 Tempat Wisata Kekinian di Bandung

Selain hemat ongkos transportasi, kamu juga bakal hemat waktu karena nggak perlu berjam-jam terjebak dalam kemacetan yang ngerusak mood liburan. Malah siapa tau bisa jalan kaki juga. Wah, kamu pun berkontribusi dalam gerakan ramah lingkungan! (brb pasang selempang duta lingkungan). Alamat dan peta setiap properti RedDoorz tersedia di website dan aplikasi ya. Banyak kok hotel RedDoorz yang lokasinya strategis deket stasiun kereta api, bandara, dan kawasan wisata.


Hindari Agenda yang Terlalu Padat

Ini akhir tahun, beb. Kamu bisa sampai di kota tujuan di waktu yang kamu mau aja udah sujud syukur banget. Makanya, nggak usah kebanyakan polah. Pilih tempat wisata yang bisa buat eksplor berjam-jam (seperti Taman Impian Jaya Ancol Jakarta) atau satu kawasan besar dengan beberapa obyek wisata―seperti Lembang, Dieng, pantai-pantai Gunung Kidul, dan Kota Lama Semarang. Pilih tempat wisata yang biaya tiketnya murah, atau malah yang gratis sekalian hehe.

Baca juga: Mengunjungi 8 Tempat Wisata di Dieng Dalam 2 Hari 2 Malam

Naik perahu di Telaga Menjer, dekat Dieng

Kamu juga bisa liburan dengan gaya staycation, di mana kamu nggak banyak bepergian dan banyak menghabiskan waktu di hotel. Jangan salah, RedDoorz punya unit-unit RedDoorz Premium dengan fasilitas lengkap dan hotel-hotel budget tapi instagrammable, seperti RedDoorz Premium @ Moh Toha Bandung.


Pilih Kota Anti-Mainstream

Tips terakhir dari gue, coba pertimbangkan kota-kota yang nggak biasanya jadi tujuan liburan keriaan massa. Buat kamu yang tinggal di daerah, coba pertimbangkan Jakarta, bisa cobain MRT Jakarta lho. Beberapa kota yang pernah gue singgahi adalah Kediri dan Cirebon.

Taman Sungai Brantas di Kediri, Jawa Timur

Baca juga: Jalan-Jalan di Kediri | Klenteng, Taman Brantas, dan Simpang Lima Gumul

Jangan khawatir, karena RedDoorz sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Jadi kamu bisa libur akhir tahun keliling Indonesia dengan RedDoorz. Klik di sini untuk membaca pengalaman pertama gue menggunakan RedDoorz.


Nah, sekarang nggak bingung lagi ‘kan gimana bisa jalan-jalan murah di akhir tahun. Jangan sia-siakan momen liburan Natal dan Tahun Baru dengan diem aja di kamar, Sob! Share di kolom komentar kalo ada tips lain yang belum ada di tulisan ini. Keep learning by traveling~

17 komentar

  1. tadi baca tulisan kk Eka, judulnya sama dengan ulasan Ceritaeka di sini. seragam ya, Nug?

    1. Wah, aku nggak tau kak. Ini lagi ditanya tapi belom direspon. Kalo memang pada sama mau kuganti.

      1. tanggal postingnya juga bareng lhoo ahahhaa… reddoorz memang hebat!

      2. Biar kuat di Google kayaknya haha

  2. Pesan hotel dan tiket lebih awal emang lebih murah.
    Apalagi sekarang bisa pesan online dan banyak diskon juga,
    Dari pada pesan go show yang bisa aja udah abis hotel dan tiketnya dan tentu aja nggak dapat diskon.

    1. Betul sekali, kisanak.

  3. Siap-siap kucoba mas hahahhahha
    Tanggal 20an mau ke tempat yg ada penginapan reddoorz-nya. Kali aja bisa kupakai

    1. Selamat mencoba, mas. Happy holiday ya.

  4. Memang seharusnya kalau pesan tiket jauh-jauh hari ya mas, harganya lumayan kalau dikorting hihi. Dan setuju banget sama jadwal terbang pagi, pasti selalu lebih murah daripada yang malam hari cuma biasanya malas ambil jam terbang pagi tuuuh karena masih mengantuk dan masih mau tidur lagiiii 😀

  5. Endah Kurnia Wirawati · · Balas

    tips buat cari harga miring buat traveling memang ada dua poin utama, cari jauh2 hari sama cari destinasi anti mainstream. Itu biasanya justru malah dapat pengalaman traveling yang beda dari yang lainnya.

    Saya belum pernah coba reddoorz sih.. tp sempat lirik2 ada beberapa penginapan keceh di sana yang kayaknya seru buat staycation.. nanti kucoba booking ahhh..

    1. Aw, mau ke mana nih kak? Happy hunting yak, hari ini terakhir lho.

  6. Duh sayang reddoorznya periode nginep cuma sampe tgl 20 Des 😦

    1. Biar gimana pun long weekend tetap naik 😀

  7. Kalau jalan-jalan bertepatan dengan hari libur, wajib pesen penginapan jauh-jauh hari. Eh, aku tipe yang begitu juga karena nggak mau dipusingin lagi sampe lokasi masih mau cari-cari hotel, mending kalo dapet, kadang suka zonk. Pengalaman dulu di Bandung 2005, gonta ganti 3 hotel baru dapet. Dulu emang belum zaman pesen online juga 🙂

    Beberapa Reddoorz di Palembang lokasinya sangat strategis. Aku jadi keinget lomba di IG-nya. Cek ah, siapa tahu udah diumumkan hehehe.

    1. Aku nggak pernah booking hotel go-show, mas. Even pas ke Dieng, aku udah reservasi via WhatsApp.

      Terima kasih sudah mampir, mas.

  8. suka males traveling kalau hari libur. udah kek cendol tempat wisata.. mending staycation di hotel aja kayanya lebih menyenangkan.. bisa santuy.. aku belum pernah nyobain reddoorz euy, sesekali coba ah..

    -Traveler Paruh Waktu

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Khairunnisa Siregar's

Learn from yesterday, live for today, and hope for tomorrow

Jilbab Backpacker

Travel-Architecture-Halal Lifestyle Blog

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

Ferdi Cullen-The Microtraveller

A microtraveller is a journey local or overseas that is short, flexible, simple, cheap – yet still fun, exciting, challenging, refreshing and rewarding

Pink Traveler

Kemasi ranselmu dan pergilah melihat dunia

#FDCG

SEBUAH CATATAN TENGIK ANAK TEKNIK

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

CERITA LIANA

Travel More, Share More

Casa Fasa

Travel & Life

Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

aryantowijaya.wordpress.com/

Tiap Perjalanan Punya Cerita

Tukang Ngider

Ngider terus, terus ngider. Kuy, der!

Liza-Fathia.Com

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

Eka Hei

Selalu ada cerita dalam setiap langkah

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

Papan Pelangi

tempat berjalan dan bercerita

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

The Spiffy Traveler

Exploring Endless Paradise

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Travel Blog Evi Indrawanto

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Travel Vlogger Indonesia

Travel Vlogger Indonesia, menginspirasi lewat travel vlog Indonesia, berbagi informasi liburan dan vlog jalan jalan!

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Fahmi Anhar

Travelogue

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Usemayjourney

Melihat, Mendengar, Memaknai

Winny Marlina

Winny Marlina– whatever you or dream can do, do it! travel

%d blogger menyukai ini: