Tips #TravelingHemat, Nikmat, dan Sehat ala thetravelearn

makan-murah-di-vivo-city-singapore-singapura

Buat sebagian orang, #TravelingHemat adalah sebuah misteri. Mereka seringkali terperangah, ndomblong, sampai angguk-angguk geleng-geleng saat tahu berapa total bajet yang gue habiskan dalam sebuah rangkaian trip.

Oke, kita abaikan dulu masalah tiket promo maskapai, kayaknya ini udah jadi tips general yang membosankan buat bisa traveling hemat. Jalan-jalan irit itu nggak melulu harus pakai tiket promo kok, sebagian trip gue aja pakai tiket normal, bahkan bisa dibilang agak mahal hehehe. Jangan buru-buru pesimis bisa traveling hemat hanya karena kamu gagal mendapatkan tiket promo idaman wanita, masih ada serentetan tips lainnya berikut ini!

 

Bawa Tempat Minum

Buat anak kost yang nggak punya tempat minum, bisa pakai botol air mineral bekas. Nggak usah diisi air saat berangkat, bisa-bisa botol penyambung nyawa kamu itu malah disita petugas bandara. Kamu bisa mendapatkan air gratis minimal dari hotel atau hostel (atau rumah warga lokal) yang kamu inapi dan dari dispenser air umum. Beberapa negara kayak Singapura dan Thailand punya dispenser air bersih yang dapat bebas digunakan.

Bawa bekal air minum ke Bukit Moko, Bandung, harga minuman di sana mahal.

Bawa bekal air minum ke Bukit Moko, Bandung, harga minuman di sana mahal.

Kelihatannya perkara sepele. Tapi buat backpacker yang hobi jalan kaki, kepanasan, kelelahan, sendirian (halah), tempat minum ini saves your money.

 

Jangan Malas, Ayo Jalan Kaki!

Apalagi kalau jaraknya terpaut kurang dari 2 kilometer, menurut gue itu masih sangat walkable. Nggak usah buru-buru, jalan santai aja nggak apa-apa sekalian menikmati suasana, tahu sampai mana batas kapasitasmu. Kalau capek, duduk dulu 5-10 menit buat istirahat, lalu jalan lagi. Kalau ada obyek menarik, bisa juga berhenti dulu, sekadar foto-foto sekalian istirahat.

Kalau pas jalan-jalan di kawasan Braga, Bandung, bisa melipir ke Taman Vanda ini

Kalau pas jalan-jalan di kawasan Braga, Bandung, bisa melipir ke Taman Vanda ini

Untuk yang menggendong anak atau membawa orang tua tanpa kursi roda, mungkin bisa disesuaikan menjadi maksimal 1.5 atau 1 kilometer.

 

Buat Itinerari yang Pas Berdasarkan Lokasi

Itinerari adalah rencana perjalanan, mencakup urutan tempat, estimasi waktu, dan estimasi biaya. Nah, supaya mengurangi pemakaian transportasi dan memperbanyak jalan kaki, lo harus pandai-pandai mengatur agar beberapa tempat yang berada dalam satu area bisa lo babat habis dalam sekali kunjungan. Untuk ini, lo harus menentukan tempat-tempat mana aja yang mau dikunjungi lalu cari lokasi semua tempat itu di Maps.

Museum Konferensi Asia Afrika, Bandung

Museum Konferensi Asia Afrika, Bandung

Ribet? Ya, mungkin. Tapi ini harus dilakukan untuk efisiensi waktu, uang, dan tenaga. Contoh: Balai Kota, Jalan Braga, Jalan Asia-Afrika, Alun-Alun, Masjid Raya, dan Pecinan Bandung dapat lo kunjungi dalam satu rangkaian karena berada di satu area besar.

 

Cari Penginapan yang Murah, tapi Nyaman

Hello from the outside, this is 2016, nggak usah bingung lagi cari hotel murah tapi nyaman dengan lokasi strategis. Jangan kayak orang susah, dan jangan menyiksa diri. Di Bandung aja banyak kok hotel murah dengan harga di bawah Rp 200.000,00 per malam dengan fasilitas memadai seperti kasur empuk, AC, TV, wifi, air mineral, toiletries, air panas, dan kamar yang bersih.

Kamar Zen Rooms Suria Sumantri Bandung

Kamar Zen Rooms Suria Sumantri Bandung

Salah satu hotel yang paling gue rekomendasikan adalah Zen Rooms Surya Sumantri yang pernah gue inapi. Properti #ZenRoomsID yang satu ini menempati sebuah kost premium mahasiswa di kawasan Universitas Kristen Maranatha. Kamarnya nyaman banget, bersih, wangi, ada kopi gratis pun! Keamanannya cukup baik karena pintu hanya bisa dibuka oleh petugas lobi yang berjaga 24 jam.

Lokasinya sangat strategis. Deket Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung dan hanya satu kali angkot dari Stasiun Bandung, Pasar Baru, Jalan Braga, dan Jalan Pasir Kaliki. Kalau mau kulineran, di sekitarnya ada berbagai jenis tempat makan dari warteg, warung makan, pujasera, café, restoran, convenience store, sampai club dan bar yang jadi tongkrongan bule-bule doyan ngebir. Tinggal melipir ke Komplek Setrasari dan cari yang namanya Volcano, langganan gue, hahaha.

Enjoy your stay at Zen Rooms

Enjoy your stay at Zen Rooms

Kamar mandi Zen Rooms Bandung

Kamar mandi Zen Rooms Bandung

Nah, jaringan Zen Rooms ini udah ada di banyak negara lho. Selain Indonesia, juga ada di Singapura, Malaysia, Thailand, Brazil, Hong Kong, dll. Cuuusss intip di web resmi mereka untuk tahu daftar lengkap properti Zen Rooms di alam semesta.

Pemesanannya juga gampang banget. Bisa di web Zen Rooms atau di web-web online travel agent, kebetulan bulan-bulan ini Zen Rooms lagi banyak promo! Bulan Oktober ini aja ada promo perkenalan sebesar 15%. Terus, kamu bisa mendapat gratis menginap 1 malam untuk pemesanan 6 malam. Ada juga program Zen Monthly untuk potongan hingga 60% kalau menginap sebulan atau lebih. Gilak promonya!

 

Makan di Café atau Resto? Bareng-Bareng Aja!

Buat yang solo traveling, sebaiknya sih makan di warung makan atau rumah makan sederhana aja ya, hehehe. Tapi buat yang rame-rame, bolehlah sesekali makan di restoran populer di kota itu. Pakailah cara “makan tengah”. Contoh, kamu pergi berlima, cukuplah pesan 5 porsi nasi, 5 minuman sederhana, dan 3 macam lauk. Hemat, nikmat!

Nasi Goreng di Waroeng Gephetto Bandung ini bisa buat 2 orang

Nasi Goreng di Waroeng Gephetto Bandung ini bisa buat 2 orang

 

Pilih Obyek Wisata Secara Selektif

Harus tahu apa yang paling disuka, jadi misal mengunjungi obyek wisata berbayar, uangnya nggak akan melayang sia-sia karena lo benar-benar suka tempat kayak gitu. Jalan-jalan di Bangkok tapi nggak terlalu suka kuil, cukuplah ke 3 kuil paling populer (Grand Palace, Wat Pho, Wat Arun) biar waktu sisanya bisa puas dipake belanja dan kulineran! (dan rencana #TravelingHemat pun hanya tinggal kenangan)

Wat Pho, salah satu kuil populer di Bangkok

Wat Pho, salah satu kuil populer di Bangkok

 

Abaikan Teror Oleh-Oleh

Utamakan oleh-oleh buat orang-orang terpilih! Misalnya adalah keluarga inti dan pacar (kalau punya) atau calon pacar (kalau dia mau terima oleh-oleh lo). Sedikit orang, tapi maksimal. Sementara buat temen kantor atau temen kelas? Yah, masing-masing satu gantungan kunci juga udah bagus, hahaha. #TravelingPelit

 

Udah dapet kamar murah dan nyaman, eh dikasih toiletries bag dan voucher makan dari Zen Rooms!

Udah dapet kamar murah dan nyaman, eh dikasih toiletries bag dan voucher makan dari Zen Rooms!

Nah, itu adalah beberapa tips traveling hemat yang selama ini gue implementasikan dalam perjalanan. Mudah-mudahan bermanfaat, dan bukan malah makin menyesatkan. Akhir kata, kalau ada kekurangan mohon dimaafkan, kalau ada kelebihan — mohon dikembalikan.

Salam learning by traveling 😀

Iklan

43 thoughts on “Tips #TravelingHemat, Nikmat, dan Sehat ala thetravelearn

  1. Kadang yang paling diabaikan itu jalan kakinya mas. Beberapa kali main bareng teman, walau cuma di kota sebelah tapi kok mereka lebih suka naik taksi. Padahal jaraknya kalau ditempuh jalan kakai nggak sampai 45 menitan

  2. Semua poin ini bener banget, yg bikin ngikik itu makan tengah. Gue banget dulu sm tmn2, jg klo jln sekeluarga. Bukan ngirit apa lagi pelit, tapi mmg duitnya dikit. 😀

  3. saya paling sering bawa air minum dan jalan kaki. Waktu liburan ke gili trawangan, saya kelilingi gili trawangan dengan berjalan kaki, capek memang, tapi kalau sambil di nikmati, gak kerasa capeknya..

  4. Saya gak pernah lupa bawa botol minum kalau bepergian, maklum bawa krucils yang gampang haus. Beruntungnya bawa anak itu, kalau naik pesawat tetap boleh bawa minum walau hanya 100ml-150ml 😁

    Selama ini dah sering baca Zen Rooms dan penasaran. Tapi belom coba tanya apa bisa buat berlima 😁

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s