Akomodasi, Bandung, Indonesia, Jawa Barat, Travel

9 Alasan Kenapa Harus Menginap di Shakti Hotel, Bandung

Pembangunan hotel di Bandung rupanya nggak hanya terfokus di kawasan pusat kota dan konsentrasi wisata seperti Jalan Asia Afrika, Jalan Braga, Jalan Ir. H. Djuanda (Dago), atau Jl. Setiabudi yang bablas terus sampai Jl. Lembang. Hotel-hotel di Bandung hadir di berbagai sisi kota, dan untuk memfasilitasi mereka yang membutuhkan fasilitas akomodasi yang nyaman di kawasan Bandung Timur, Shakti Hotel hadir sebagai jawaban!

Nah, beberapa hari lalu, thetravelearn mendapatkan kesempatan buat merasakan langsung kenyamanan menginap di Shakti Hotel Bandung. Shakti Hotel Bandung ini dulunya bernama MaxOne Hotel Bandung di bawah naungan manajemen MPHG (Milestone Pacific Hotel Group) sebagai sebuah hotel bintang 3. Nah, setelah keluar dari MPHG, ia melahirkan dirinya kembali sebagai Shakti Hotel dan kini telah menjadi hotel bintang empat! Selain di Bandung, PT Mitra Indah Nusantara juga memiliki Shakti Hotel Jakarta yang berkonsep budget hotel, punya kamar kapsul juga lho.

 

Lokasi Shakti Hotel yang Strategis

Lho kok strategis? Bukannya Bandung Timur itu kawasan pinggiran? Tetep strategis dong. Bandung Timur itu adalah kawasan perkantoran swasta dan pemerintah. Selain itu, Shakti Hotel Bandung juga pas buat keluarga yang mau nengokin anaknya yang kuliah di UNPAD, IPDN, ITB kampus Jatinangor, atau UIN Sunan Kalijaga karena lokasinya yang nggak terlalu jauh. Satu lagi, Shakti Hotel ini juga deket sama Stasiun Kiaracondong, cocok buat kamu yang tiba di Bandung dari stasiun itu.

Repost dari @hotelopedia HALO LAGI BANDUNG Belum lama ini aku habis kena musibah kehilangan hape, wah sedih dong? Banget! Tapi aku ga mau sedih berlama-lama, mumpung besok tanggal merah langsung deh aku ke Bandung. Sesekali ingin mencoba stay di kawasan Bandung Timur. Itu loh, Gedebage dan sekitarnya. Sekalian nostalgia, kan dulu cukup sering lewat jalan Soekarno-Hatta. Akhirnya aku jatuhkan pilihan ke hotel yang gedungnya sudah membuatku jatuh hati. Pilihan warna-warni cerianya, rasanya bisa menjadi pelipur lara biar ga sedihnya terlalu lama. Tahu gak nama hotelnya? Iya, @shaktihotelbdg! Hotel kece ini memang menarik minat banget. Nah beberapa postingan selanjutnya, aku akan mengajak kamu nih bagaimana aku menikmati stay dan mengubah suasana hati menjadi ceria di sini. Yuk! ๐Ÿ˜‰ . . . Shakti Hotel Bandung Jln. Soekarno-Hatta no. 735 Gedebage Bandung 40294 T: +62 22 878 36000

A post shared by Shakti Hotel Bandung (@shaktihotelbdg) on

Ke depannya, Bandung Timur akan semakin diperhitungkan saat wacana Bandung Teknopolis terwujud. Sebagai Bandung Teknopolis, kawasan Bandung Timur ini akan diisi dengan kantor-kantor pemerintah, hunian, sampai stasiun kereta api cepat. Dengan lokasinya yang ada di Jalan Soekarno-Hatta 735, Shakti Hotel pastinya juga bakal kecipratan rejeki dari pembangunan ini.

 

Lobi yang Nyaman dan Menawan

Lobi Shakti Hotel Bandung ini dilengkapi dengan sofa-sofa yang nyaman buat menunggu antrian check-in atau sekedar duduk-duduk mengamati tamu-tamu hotel yang hilir mudik. Siapa tau ada yang cocok yekan? Lantai yang kinclong, lampu gantung, latar front desk yang berkilap bak berlian, dan langit-langit yang tinggi sukses menciptakan nuansa mewah dan elegan di lobi Hotel Shakti Bandung.

shakti minimarket
front officer shakti hotel bandung sibuk melayani tamu
pojok bacaan lobi shakti hotel bandung
lobi shakti hotel bandung yang elegan
lobi shakti hotel bandung terhubung dengan eatboss
lobi shakti hotel bandung
kesibukan lobi dilihat dari lantai 2
toilet umum di lobi shakti hotel bandung

Nggak cuma menawan, lobi Shakti Hotel Bandung juga fungsional dengan kehadiran Shakti Minimarket, pojok bacaan yang berisi majalah-majalah wisata dan gaya hidup, toilet yang bersih dan eye-catching, dan sudut berfoto ala kotak Instagram raksasa. Lobi bahkan terhubung dengan tenant EatBoss, sebuah jaringan tempat makan yang populer di Bandung.

 

Kamarnya Memuaskan!

Secara keseluruhan, gue puas banget sama kamar Deluxe King yang gue inapi di Shakti Hotel Bandung. Sebagai informasi, ada total 125 kamar yang masing-masing terdiri atas kamar Deluxe King (24 kamar), Deluxe Twin (32 kamar), Superior Deluxe King (33 kamar), Superior Deluxe Twin (23 kamar), dan Family Room (11 kamar). Deluxe Room-nya aja punya luas 20 meter persegi, jadi emang memberi ruang gerak yang cukup banget.

Ukuran kamarnya luas, gue jadi leluasa buat hilir mudik ke sana kemari tanpa takut kejeduk atau senggol-senggolan. Ranjang king size-nya nggak cuma punya sepasang bantal utama, tapi juga sepasang soft pillow dan sepasang bantal kecil berwarna ungu. Senengnya lagi, bantal utamanya (hard pillow) punya ketebalan dan tingkat kekerasan yang pas! Ini beneran review jujur. Bantal kamar hotel lain seringkali terlalu empuk sampai gue harus pakai 2 bantal buat tidur, tapi di Hotel Shakti ini enggak. Bantalnya pas.

004004004

Tempat tidurnya memiliki headboard bernuansa hijau yang cocok diaplikasikan di kamar tidur karena memberi efek menenangkan. Secara keseluruhan, desain interior kamar memang didominasi oleh nuansa hijau dan ungu. Ranjang diapit oleh 2 meja, 2 bed lamp, dan juga 2 colokan listrik. Jadi kalau kamu nginep berdua dan masing-masing orang tidur sambil ngechas handphone-nya (atau laptop, kamera, dan apapun itu), kalian nggak perlu rebutan tidur di salah satu sisi seperti yang biasa terjadi di beberapa hotel. Meja di sebelah kiri digunakan untuk meletakkan pesawat telepon, buku catatan, dan pensil. Sementara buku direktori tergelerak di meja sebelah kanan.

kamar deluxe shakti hotel bandung
ada 3 pasang bantal di kamar shakti hotel bandung
meja & kursi kerja di shakti hotel bandung
pose siluet yoga ala-ala, hehehe
nuansa hijau yang teduh di shakti hotel bandung

Selain TV dengan layanan saluran internasional dan AC, kamar juga dilengkapi dengan satu set meja & kursi kerja dengan ukuran proporsional. Di atas meja sudah tersedia pemanas air, 2 botol air mineral, cangkir, complimentary drink (kopi, teh, gula, dan krimmer), air mineral ukuran besar seharga Rp18.000, dan buku menu Puspamaya Nusantara & Asian Bistro. Colokan listrik ditempatkan dengan pas di atas meja. Meja kerja ini terletak persis di samping jendela kamar yang lebar dengan gaya floor-to-ceiling, jadi kalau lagi suntuk bisa menikmati pemandangan kota Bandung. Apalagi kamar gue ini ada di lantai 9, hehehe.

Sebetulnya jendela di kamar Hotel Shakti ini memiliki pintu yang dapat dibuka untuk menghubungkan tamu ke balkon kecil. Tapi kebetulan saat itu Bandung hujan deras tiap hari, gue lebih memilih ngendon di kamar daripada di balkon hahaha.

019019019

Di sisi kiri ranjang, ada lemari tanpa pintu untuk menggantungkan harapan palsu helai-helai pakaian kotor. Bagian atasnya bisa digunakan buat nyimpen barang juga lho. Sementara itu, di bagian bawah lemari ada safety box untuk menyimpan barang-barang berharga. Di samping lemari ada sebuah balok kayu panjang dengan garis-garis besi. Gue nggak tau itu buat apa, kadang buat gue duduk-duduk, kadang buat pijakan saat menyimpan barang di atas lemari bagian atas :D.

area kering dan area basah kamar mandi shakti hotel bandung
toiletries shakti hotel bandung
kiri: open cabinet yang bersinggungan dengan dinding kamar mandi
kanan: koridor shakti hotel yang instagrammable

Gimana dengan kamar mandinya, Gie? Ini juga memuaskan. Kamar mandi terbagi atas area bilik pancuran dan area kering yang dipisahkan oleh sebuah pintu kaca geser. Area keringnya luas, diisi dengan wastafel, toiletries, 2 handuk utama, 1 handuk lantai, 2 buah gelas, WC, dan rak layang untuk menaruh handuk. Area shower-nya punya kursi lipat lho, jadi bisa mandi-mandi manja sambil duduk di bawah guyuran air panas, hahaha.

000

 

Sarapan yang Menggoyang Lidah

Sebagai sebuah hotel bintang 4, rasanya udah nggak perlu ditanya lagi ya soal variasi menu sarapan di Shakti Hotel Bandung. Di pagi pertama, gue menjajal hampir seluruh menu yang disajikan. Di antara 2 pilihan nasi yang ada, gue memilih nasi goreng. Menunya ada kwetiaw goreng, cumi tepung rica, cap cay, dan kentang balado. Gue juga mengambil sup ayam, pecel, gorengan, roti tawar, kue-kue basah, dan buah-buahan. Untuk minumannya ada susu murni, jus apel, kopi, dan teh. Cumi tepungnya enak banget, serius!

Kalian tipe pemakan banyak apa bukan? Gue sih sebetulnya juga bukan. Tiap hari juga sarapannya cuma roti tawar yang dipanggang di kantor sama susu. Tapi saat staycation di hotel, mau nggak mau harus jadi pemakan besar hahaha. Nah, menu sarapan di @shaktihotelbdg ini oke banget. Pagi pertama, gue menikmati nasi goreng dengan kwetiaw, cumi tepung, cap cay, semangkuk sup, pecel, gorengan, kue-kue basah, roti tawar, buah, puding, jus apel, dan susu murni. Pagi kedua gue sedikit mengurangi jumlahnya hehe. Di pagi kedua ini Shakti Hotel menawarkan pilihan nasi kuning. Gue lalu mendampinginya dengan daging sapi, jamur crispy, bubur ayam, gorengan, kue basah, puding, susu, dan jus jeruk. Kalau mau minta dibikinin omelet dadakan juga bisa lho. . . #thetravelearn #traveling #hotelreview #hotelrunner #hotellife #travelstories #traveldiaries #traveler #travelblogger #traveladdict

A post shared by Matius Teguh Nugroho (@nugisuke) on

sarapan pagi kedua di shakti hotel bandung
sarapan pagi pertama shakti hotel bandung
beragam menu hadir di shakti hotel bandung
outdoor seating area di puspamaya restaurant

Di pagi kedua, gue hanya mengambil beberapa makanan yang sekiranya sanggup gue habiskan hahaha. Di pagi kedua ini Shakti Hotel Bandung menyediakan opsi nasi kuning. Lauk pauknya juga beda lho, gue memilih jamur crispy, beef smashed potato, sengaja nggak ambil sayur biar nggak terlalu kenyang. Selain itu, gue juga ngambil gorengan, kue basah (tapi variannya beda dari kue di pagi pertama), bubur ayam, jus jeruk, dan susu murni.

Sarapan dilakukan jam 6:00 โ€“ 10:00 di Puspamaya Nusantara & Asian Bistro, lantai 2.

 

Bisa Lunch sama Dinner di Puspamaya Nusantara & Asian Bistro

Meskipun ada EatBoss di Level Ground Shakti Hotel Bandung, tapi gue lebih suka makan di Puspamaya Nusantara & Asian Bistro (selanjutnya akan disebut Puspamaya Restaurant di dalam tulisan ini). Udah jauh-jauh ke sini masak makannya EatBoss lagi sik? Hahaha. Biasanya restoran hotel itu โ€˜kan harga menunya mahal-mahal, bikin nggak ikhlas keluarin lembar-lembar uang dari dalam dompet itu. Gue pikir Puspamaya Restaurant juga gitu, eh tapi ternyata harganya nggak beda jauh kok sama EatBoss. Buat menu main course misalnya, harganya di kisaran Rp40.000-an aja kok.

Setelah check-out pada hari Sabtu siang, gue ngendon di Puspamaya Restaurant buat makan siang terus bablas sampai makan malem. Apalagi saat itu Bandung lagi dirundung hujan seharian. Karena masih kenyang sama sarapan, gue cuma pesen Banana Fritters sama kopi buat makan siang. Udah cukuplah buat temen nulis dan internetan. Puspamaya Restaurant ini nyaman banget buat nulis atau kerja karena punya sofa-sofa dan soft chairs yang nyaman, colokan listrik, dan tentunya wifi hehehe. Puspamaya Restaurant juga punya outdoor seating area yang sempet gue coba saat sarapan di pagi kedua saat masih cerah. Rasanya nikmat menikmati pagi bermandikan hangatnya cahaya matahari pagi dan mengamati lalu lalang warga yang mulai beraktivitas.

Nah buat makan malemnya, gue akhirnya pesen Nasi Ayam Sambal Kencur sama jus stroberi — biar agak sehat gitu, nggak ngopi bae ngopi bae. Nasi Ayam Sambal Kencurnya enak, disajikan dengan potongan-potongan tempe yang pedesnya pas! Jus stroberinya juga seger, nggak pake susu, nggak terlalu manis dan nggak terlalu asem.

puspamaya nusantara & asian bistro, shakti hotel bandung
tempat duduk puspamaya restaurant yang nyaman

Kebetulan saat itu malem minggu. Saat petang menjelang, Puspamaya Restaurant menghadirkan hiburan berupa penampilan musik akustik untuk menemani para pengunjung yang jomblo ย bersantap. Deuh, dinner kamu bakal makin romantis deh. Oh ya, tamu hotel dapet potongan 20% buat makan di Puspamaya Nusantara & Asian Bistro lho.

Puspamaya Restaurant ini terbuka buat umum, nggak cuma buat tamu hotel. Lokasinya yang ada di lantai 2 dapat diakses dengan tangga atau elevator dari lantai 1 (tanpa perlu access card). Selain makan siang dan makan malam di Puspamaya Restaurant, Hotel Shakti Bandung juga melayani Room Service buat kamu yang nggak bisa move on dari kasur.

ย 

Punya Kolam Renang, Fitness Center, dan Spa

Gue cobain kolam renang dan fitness center Shakti Hotel Bandung pada hari ketiga. Lokasinya sama-sama ada di level 2 seperti Puspamaya Restaurant. Fasilitas olahraga di fitness center cukup lengkap, ada treadmill, sepeda statis, peralatan angkat beban, dan alat-alat lain yang gue nggak hafal namanya, hahaha. Gue sendiri sempet cobain treadmill dan satu alat untuk melatih lengan. Ruangan gym center ini dikelilingi dinding kaca dan beralaskan lantai kayu, dilengkapi dengan loker. Toilet atau kamar mandi juga berada persis di sampingnya.

Fitness center Shakti Hotel Bandung juga terbuka buat umum lho. Biaya langganan bulanannya cuma Rp250.000,00 / bulan / orang. Ini tergolong murah karena biaya bulanan fitness di deket kost gue aja Rp275.000, itu pun masih ada biaya pendaftaran.

Lantai 1 dan 2 Hotel Shakti Bandung kayaknya memang difungsikan sebagai business area yang dapat diakses oleh umum, karena kolam renang pun ada di lantai 2. Walaupun nggak terlalu besar, tapi kolam renang ini udah mengakomodasi kebutuhan renang anak-anak dan dewasa. Yang gue suka, kolam renang dikelilingi oleh lantai kayu, jadi nggak perlu takut kepleset saat jalan kaki. Di sekelilingnya ada kursi-kursi manja buat berjemur atau duduk-duduk, handuk bersih juga tersedia.

pojok reservasi spa di lobi
pemanasan dulu di kolam renang shakti hotel bandung
kolam renang shakti hotel bandung
bisa berjemur di tepi kolam renang shakti hotel bandung
cobain fitness di shakti hotel bandung

Sama seperti fitness center, kolam renang Shakti Hotel Bandung juga dapat diakses oleh umum dengan biaya hanya Rp80.000,00 / orang, udah termasuk light meal untuk 1 orang.

Buat memanjakan tamunya, Shakti Hotel Bandung juga menawarkan layanan spa & massage dengan tarif Rp250.000,00 / jam. Gue sih nggak cobain, tapi layanan spa ini juga terbuka buat umum.

 

Punya Meeting Room dan Ballroom

Nggak tanggung-tanggung, Shakti Hote Bandung punya 6 meeting room dan 1 buah ballroom. Keenam meeting room itu adalah Darana (6x17m), Parahita, Arkanata, Sarwahita (masing-masing 6x12m), dan Pitaloka 1 & 2 (masing-masing 5x6m). Masing-masing ruangan dapat mengakomodasi 20 dan 35 orang (khusus Darana) dengan susunan classroom. Untuk Pradipa Ballroom-nya sendiri memiliki luas 30×17 meter sehingga dapat menampung 150 orang untuk susunan round table dan hingga 400 orang untuk susunan teater.

meeting room “darana” di shakti hotel bandung
meeting room “parahita” di shakti hotel bandung
meeting room “arkanata” di shakti hotel bandung
meeting room “sarwahita” di shakti hotel bandung
pradipa ballroom di shakti hotel bandung

Karena punya ballroom, Shakti Hotel Bandung juga melayani jasa wedding atau party organizer dengan rate sekitar Rp150.000,00 / net untuk minimal 100 pax. Bisa sekalian didekorasi lho, namun akan dikenakan biaya tambahan.

 

Staf Hotel yang Ramah

Selain poin-poin di atas, pelayanan staf Shakti Hotel Bandung juga ramah dan helpful banget. Proses check-in dan check-out dilakukan dengan cepat tanpa deposit. Saat sarapan, staf juga dengan ramah meminta izin untuk membereskan piring atau gelas kotor, bahkan menawarkan kopi atau teh! Di pagi kedua, seorang anak kecil yang duduk di meja samping gue terlihat kebingungan mencari orangtuanya sambil ingin membawa makanannya. Seorang staf hotel di dekatnya dengan sigap menghampirinya, bertanya ramah, dan mengantarkan anak itu menghampiri orangtuanya.

 

Punya Pojok-Pojok Instagrammable!

Gue juga suka banget sama desain lift (elevator) dan koridor di Shakti Hotel Bandung. Biasanya, desain lift tuh ya gitu-gitu aja, ngebosenin. Tapi di Shakti Hotel Bandung, lift didekorasi dengan gambar animasi lokal yang warna-warni. Nggak kayak koridor hotel lain yang suram dan bahkan serem, koridor Shakti Hotel Bandung tampil apik dengan dinding bata ekspos warna putih dan sentuhan industrial di langit-langitnya. Desain lift dan koridor itu nggak cuma ada di lantai tertentu ya, tapi di semua lantai!

pemandangan kota bandung dari shakti hotel

 

Kesimpulan: Recommended Nginep di Shakti Hotel Bandung

Dengan harga mulai Rp450.000 / malam (udah termasuk sarapan, bisa berubah sewaktu-waktu), tentunya Shakti Hotel Bandung ini recommended banget. Skornya di Traveloka bahkan mencapai 8,5. Nggak heran, karena emang Shakti Hotel Bandung ini mudah dijangkau, kamarnya nyaman, punya pemandangan kota, kamar mandi luas, sarapan berlimpah, in-site restaurant, kolam renang, fitness center, spa & massage, meeting room, dan ballroom. Cocok banget buat liburan keluarga, business trip, atau vakansi sama temen-temen.

Iklan

43 tanggapan untuk “9 Alasan Kenapa Harus Menginap di Shakti Hotel, Bandung”

  1. Baru tau Ada Shakti hotel ini. Secara lokasi lumayan menarik juga. Sepertinya saingannya di Gedebage tidak terlalu banyak. Secara fasilitas juga cukup mumpuni buat kebutuhan tamu. Minimarketnya menarik, ga usah jauh2 keluar buat jajan. Hahaha

  2. Lengkap sekali review-nya Mas Nugie. Serasa sudaj kesana aja jadinya. Aku suka nominasi hijau lembut pada interior hotel ini. Menenangkan tapi gak bikin baper ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  3. Aseek numpang ikut numpang ngeksis di blog yang selalu rame ๐Ÿ˜

    Btw, koridor hotelnya emang kece sih. Salah satu spot kesukaanku foto-foto waktu stay di Shakti. ๐Ÿ˜†

  4. Review yg aku baca pertama banget sih hrs ttg varian sarapannya ahahahahah.. Kalo banyak yg nulis ga banyak varian, aku agak males jujurnya :p. Okelah, berarti kapan2 kalo ke bandung bisa nginep di sini ๐Ÿ˜€

  5. Foto yang di lorong kamar itu keren. Untuk ukuran hotel sekeren ini, 450k mah muraaaah. Aku pernah nginep di Jakarta sama ayah, dengan bentuk fisik hotel yang hampir sama, tapi fasilitas yang didapatkan beda jauuuuuuuuuuuuh banget.

  6. Gw jarangg banget ke bandung nginep di hotel, sukanya nebeng..jahahha… Pernah serombongan, akhirnya cari apartemen di BnB, tapi kalo liat Shakti Hotel yg harga segitu…kamar luas dan sarapan enak..hmmm..bisa juga dicoba.

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s