Category Indonesia

5 Tempat Wisata di Jogja yang Instagrammable dan Anti-Mainstream!

Bandara Internasional Adi Sutjipto Yogyakarta berbenah. Gedung terminal ditambah, keduanya dihubungkan dengan jalur pedestrian berkanopi dan free shuttle car. Dari sekadar penambahan bangku di boarding room hingga reading corner, kids playground, free internet access, photo booth, sampai travelator pun dijabani PT Angkasa Pura 1 untuk meningkatkan kenyamanan calon penumpang dan mantan penumpang #eh. Sebagai wong […]

Tips Berburu Tiket Pesawat Murah di Kompas Travel Fair (KTF) 2018

Sebagai kaum proletar dan #SobatMisqin yang harus qerja qeras bagai qudha untuk bisa jalan-jalan, tiket promo adalah jawaban untuk sedikit meringankan beban. Aku dan kamu sudah sama-sama tahu, bahwa penguras budget terbesar dalam sebuah perjalanan luar pulau dan luar negeri adalah biaya tiket pesawat terbang. Makanya, kita nggak boleh melewatkan kesempatan tiket murah saat travel […]

Staycation Sekaligus Business Trip di Brits Hotel Karawang, Jawa Barat

  Setelah Bandung, Jakarta, dan Cirebon yang udah biasa gue kunjungi, pada tanggal 3-5 Agustus 2018 lalu gue akhirnya merambah satu kota lagi untuk melakukan business trip sebagai blogger: Karawang. Dari Bandung, cuma ada 2 travel operator yang melayani rute Bandung – Karawang: Bhinneka Shuttle dan Selamat Trans. Pilihan gue jatuhkan pada Bhinneka Shuttle, simply karena […]

Nikmatnya Nasi Uduk Ayam Bakar di Waroenk Talubi, Bogor

Nama Jalan Surya Kencana memang udah nggak asing lagi di kota Bogor. Nggak wisatawan, nggak warga lokal, pasti tahu nama jalan ini. Maklum, Jalan Surya Kencana memang dikenal sebagai pusat kuliner, pecinan (Chinatown), lokasi pasar tradisional, bahkan Hotel 101 Bogor pun berdiri di salah satu titik jalan ini. Petualangan gue menjelajah 8 kuliner Bogor di […]

Nomad Hostel Kemang Jakarta, Instagrammable Cuma Rp 100ribuan!

Beberapa waktu lalu, gue sempet share tentang 5 hostel di Bandung yang pernah gue inapi dan gue surprised dengan respon jemaah dunia maya. Thread yang gue bikin di Twitter tembus lebih dari 2.400 Likes dan masih terus di-like sampai sekarang! Ternyata warganet suka banget info-info kayak gini. Makanya, gue seneng banget ketika weekend kemarin gue […]

Mengunjungi 3 Tempat Wisata Kekinian yang Instagrammable di Bandung

Selalu ada yang baru di Bandung! Mungkin itu sebabnya orang-orang Jabodetabek dan Jawa Barat nggak bosen buat piknik mingguan atau bulanan ke Parijs van Java ini. Dari sekedar café baru, taman baru, landmark baru, sampai tempat-tempat wisata baru — alami atau artifisial — bisa dapat dengan mudah ditemukan di Bandung yang dinamis ini. Dalam tulisan […]

Pengalaman Baru Naik Kereta Api Solo Ekspres dari Jogja

  Sudah bertahun-tahun kawasan metropolitan Yogyakarta dan Solo Raya dilayani oleh kereta rel diesel elektrik (KRDE) Prambanan Ekspres atau yang biasa disingkat Prameks. Kalau Jabodetabek punya Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line, maka Jogja punya Prameks. Kehadirannya merupakan jawaban atas tingginya frekwensi masyarakat yang bepergian di antara kota Jogja dan Solo, seperti untuk bekerja dan […]

Pengalaman Menginap di Hotel Vio Cimanuk, Dekat Gedung Sate Bandung

Udah lama banget gue penasaran sama Hotel Vio. Gimana nggak penasaran? Salah satu unitnya berdiri di depan gang menuju kost gue di Jalan Babakan Jeruk I, Pasteur. Gue lantas jadi lebih penasaran lagi setelah kantor gue pindah ke kawasan Lapangan Gasibu, karena tepat di Jalan Surapati itu juga ada Hotel Vio. Puji Tuhan, bulan Maret […]

5 Hostel Recommended di Bandung dengan Harga Rp 100ribuan

Setengah dekade yang lalu, keberadaan properti bertipe hostel mungkin masih terbilang jarang di Bandung. Minimnya jumlah hostel saat itu, menurut hemat gue yang nggak hemat, adalah karena budaya turis Indonesia (pasar utama wisata Bandung) yang nggak terlalu cocok dengan sharing room / dormitory room ala hostel. Seiring berjalannya waktu, Bandung semakin dikenal wisatawan mancanegara, ditambah […]

[Bi-Lingual Post] Review & Travel Guide Kereta Bandara Soekarno-Hatta Jakarta Airport Train

I’ve been waiting for centuries (Gie, are you the Captain America?) that Jakarta will someday have an airport train. Jakarta is the capital of Indonesia, the largest metropolitan area in Southeast Asia! It is the center of economic / business, politic, and entertainment. It is not a center of tourism like many Southeast Asian capital […]

Review of Turkish Airlines Business Class

When it is going about traveling somewhere by airplane, it is very important to use the best bet — considering the distance, price, and facilities. Yes, there are many various airlines, but still, Turkish Airlines is one of the best among others. They use various airplanes, which have the best seats. Also, their service is […]

Berkenalan dengan Mranggen, Kampung Ragam Warna yang Bikin Jatuh Cinta!

Gelap telah menyergap ketika kami beranjak dari Jalan Raya Timur Kaliwungu, memasuki jalanan desa yang tak lebar, menanjak, dan remang-remang. Meski raga sudah mulai kehilangan daya, lesu telah membalut bahu, namun ada sukacita yang bertunas di dalam diri, tak sabar ingin segera berkelana di Kampung Ragam Warna Mranggen, kecamatan Kaliwungu, kabupaten Kendal. Buncah kegembiraan itu […]

[Bi-Lingual Post] A Mini Guide of Husein Sastranegara International Airport, Bandung

Meskipun memiliki predikat sebagai ibu kota provinsi sekaligus salah satu kota terbesar di Indonesia, sampai saat ini Bandung belum memiliki sarana transportasi umum yang ramah untuk para pelancong tunggal yang menghubungkan bandara dengan pusat kota. Boro-boro Skytrain atau kereta bandara (seperti yang ada di Jakarta, Medan, Padang, dan Yogyakarta), bus bandara aja nggak punya. Parahnya […]

Triple Seven Bed & Breakfast: Hotel Instagrammable Dekat Bandara Bandung

Siapa pernah terbang atau mendarat di Bandara Internasional Husein Sastranegara, Bandung? Nah, kamu pasti setuju bahwa bandara Bandung ini letaknya dekeeet banget sama pusat kota. Tinggal ambil kiri dari depan bandara lalu berjalan terus, eh udah nyampe aja di Jalan Pajajaran. Jalan Pajajaran ini lokasinya udah cukup strategis karena juga deket sama Stasiun Bandung, kawasan […]

Berkelana di Bangka Dalam 2 Malam 1 Hari: Wisata Pantai dan Otak-Otak Ase

Setelah mampir di Jembatan Emas Pangkalpinang, gue melanjutkan perjalanan mengunjungi Padepokan / Vihara Puri Tri Agung dan Pantai Tikus di sebelahnya, Pantai Tanjung Pesona, dan Pantai Pasir Padi sebelum akhirnya makan malam di Otak-Otak Ase dan beristirahat. Sebelumnya, maafkan tulisan yang terlambat ini dan terpisah jeda yang cukup jauh dengan tulisan sebelumnya. Ini pun gue […]

Hotel Ilos, Penginapan Murah Dekat Tol Pasteur, Stasiun, dan Bandara Bandung

Pulang larut malam setelah beraktivitas dari Jakarta bikin gue males buat langsung balik ke kamar kost — padahal kost gue lokasinya deket banget sama Pintu Gerbang Tol Pasteur yang dilalui mobil travel. Rasanya pengen mandi air panas (kost gue nggak ada air panas, huhuhu) terus bobok ganteng di atas kasur yang wangiii. Makanya, begitu tahu […]

Pengalaman Menginap 100ribuan Per Malam di INAP at Capsule Hostel Bandung

Berawal dari sebuah perbincangan dengan rekan sesama backpacker di Bandung, gue baru tau kalo ternyata hostel atau hotel kapsul sudah hadir di Bandung. Jenis akomodasi yang satu ini memang udah populer di beberapa negara Asia, misalnya Jepang dan Singapura. Di Indonesia sendiri, setau gue hostel kapsul baru hadir di Jakarta (yang ternyata salah besar, karena […]

6 Cara Mengusir Kebosanan di Dalam Perjalanan ala TheTravelearn

Yuhuuu, lebaran sudah di depan mata, saatnya kita berburu tiket murah kereta api demi tercapainya hari fitrah yang indah bersama keluarga. Kamu-kamu yang biasa hunting tiket kereta lebaran pasti tahu gimana susahnya dapetin satu tiket keberangkatan. Huvt. Jam 00:00 teng, gue memulai perburuan itu untuk mencari tiket kereta mudik tanggal 13 Juni 2018. Gue buka […]

Berkelana di Bangka Dalam 2 Malam 1 Hari (Part 1): Jembatan Emas & Wisata Kuliner

Setelah lama nggak menjejakkan kaki ke satu provinsi baru di Indonesia, tanggal 1-3 Desember 2017 lalu gue akhirnya berhasil mencetak satu milestone lagi dengan jalan-jalan tipis ke Pangkalpinang, Bangka Belitung. Sekilas, kayaknya gue punya waktu 3 hari gitu ya di Bangka. Tapi karena jadwal tiket gue berangkat dari Jakarta jam 13:40 dan tiba di Bangka […]

9 Alasan Kenapa Harus Menginap di Shakti Hotel, Bandung

Pembangunan hotel di Bandung rupanya nggak hanya terfokus di kawasan pusat kota dan konsentrasi wisata seperti Jalan Asia Afrika, Jalan Braga, Jalan Ir. H. Djuanda (Dago), atau Jl. Setiabudi yang bablas terus sampai Jl. Lembang. Hotel-hotel di Bandung hadir di berbagai sisi kota, dan untuk memfasilitasi mereka yang membutuhkan fasilitas akomodasi yang nyaman di kawasan […]

Bingung Cari Hotel di Pusat Kota Bandung? de Halimun Guesthouse Aja Yuk!

Ciyeee yang bingung cari hotel di Bandung kayak bingung nerima tembakan dari dia ciyeee. Selain Jogja, industri penyedia akomodasi juga meledak di Bandung. Dari jaringan hotel yang udah biasa kita temui, sampai hostel dan guesthouse yang ramah di kantong. Banyak yang sama-sama murah, sama-sama strategis, sama-sama instagrammable buat mengisi kekosongan feed secara konsisten, tapi mana […]

Bertualang Kuliner di Cirebon, Dari Warung Sampai Cafe Kekinian

Selain punya beragam obyek wisata sejarah dan budaya seperti Keraton Kasepuhan (dan 3 keraton lainnya), Gua Sunyaragi, pecinan, atau Situs Pedati, Cirebon juga menyimpan warisan kuliner yang unik! Terletak di perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah membuat Cirebon seperti memadukan dua kekayaan rasa dari bumi Sunda dan bumi Jawa. Selain kuliner khas, Kota Udang ini […]

Nggak Cuma Jogja, Cirebon Juga Punya Taman Sari!

Sekitar bulan Maret sampai April 2014, gue sempat tinggal di Cirebon setelah menerima hasil mutasi penempatan kerja dari sebuah perusahaan retail terkemuka. Tapi jangan kira, mentang-mentang udah 2 bulan di sana gue lantas udah mampir ke semua obyek wisatanya. Kenyataan membuktikan, gue nggak pernah ke Gua Sunyaragi dan Batik Trusmi selama 2 bulan tinggal di […]

Menjalani 27 di Tahun 2017: Sebuah Cerita dan Kaleidoskop

Sebelumnya, gue mau jujur dulu, ini memang sebuah artikel yang terlambat ditayangkan, hahaha. Hari terakhir 2017 udah berlalu lebih dari 1 bulan lamanya, berkas tulisan ini juga udah ngendon sebulan di laptop. Niatnya sih emang mau tayang awal tahun kemarin, tapi lalu ada beberapa interupsi tulisan buat klien (ciyeee) dan pemikiran-pemikiran impulsif gue, sementara gue […]

Semalam Tetirah di Sandalwood Boutique Hotel, Lembang

Sepekan beraktivitas di Bandung membuat diri ingin sejenak lari dari hiruk pikuk kota pada akhir pekan. Eh, jangan salah, Bandung itu udah macet tiap hari. Macetnya juga nggak cuma di jam-jam tertentu, pagi jelang siang dan siang jelang sore pun padat merayap. Apalagi, rute yang sehari-hari gue lalui adalah Babakan Jeruk (Pasteur) – melalui flyover […]

[Bi-Lingual Post] Subwow Hostel, Cheap Lodging at The Heart of Bandung

Beberapa minggu lalu, ada seorang kenalan dari Jakarta yang mau jalan-jalan di Bandung terus nanya sama gue, “Penginapan yang bisa 5 orang tapi harganya di bawah Rp200rb di mana ya?” Saat itu, rasa-rasanya gue mau jawab, “TIDUR DI MUSHOLLA AJA SONOH!” Gue nggak tahu apakah emang ada hostel dengan harga Rp40.000,00 / orang / malam. […]

Sebuah Kisah Perjalanan Menuju Bandara Depati Amir, Pangkalpinang

Sejatinya, penerbangan yang gue pesan buat keberangkatan dari Jakarta ke Pangkalpinang, Bangka Belitung, adalah jadwal penerbangan pukul 13:40 dari maskapai Lion Air. Dengan mempertimbangkan waktu dan biaya, gue memutuskan memesan tiket kereta api Bandung – Gambir dengan Traveloka untuk jadwal pukul 4:15. Ada sih jadwal yang lebih siang, tapi gue takut terburu-buru. Dari Gambir, gue […]

Ibis Budget Menteng: Hotel Bintang 2 Plus-Plus di Jakarta Pusat

Hari Jumat hingga Minggu pada 17-19 November 2017 lalu, thetravelearn mendapatkan kesempatan untuk menginap di Ibis Budget Hotel Menteng, Jakarta Pusat. Saat itu, gue menghadiri pernikahan salah satu kawan baik yang digelar pada hari Sabtu. Ini adalah kedua kalinya gue menginap di unit Ibis Budget Hotel setelah Ibis Budget Jakarta Tanah Abang beberapa minggu sebelumnya. […]

Skytrain, Connecting The 3 Terminals in Soekarno Hatta International Airport, Jakarta

In 2013, when I first took an abroad trip (as well as my first experience to fly and my first chance to do a self-managed trip), I was impressed with the modern Skytrain of Changi International Airport, Singapore. I remembered how Soekarno Hatta International Airport (SHIA) in my capital Jakarta struggling with shuttle buses to […]

Perjalanan Hemat ke Pangkal Pinang, Bangka

Bangka (dan Belitung) adalah salah satu destinasi impian untuk bertualang di Indonesia. Di Bangka inilah, keindahan bahari Indonesia dapat dinikmati tanpa perlu merogoh uang jutaan rupiah. Tak sekadar pasir putih dengan laut yang berwarna hijau toska, pantai-pantai di Bangka dikaruniai batu-batu alam besar yang membuat lanskap pemandangannya begitu khas. Sebagian pelancong akan langsung mengenali Bangka […]

Ibis Budget Jakarta Tanah Abang: Rendah Biaya Dalam Gaya

Seiring dengan berkembangnya traveling sebagai sebuah gaya hidup, berkembang pulalah industri travel itu sendiri menyesuaikan kebutuhan dan keinginan setiap pelancong yang berbeda-beda. Dulu, istilah “traveling” mungkin identik dengan kegiatan liburan atau rekreasi yang sifatnya bersenang-senang. Cari hotel yang nyaman, fasilitas lengkap, dan betah buat dinikmati berlama-lama. Ternyata, nggak semua orang kayak gitu sekarang. Sebagian orang […]

Kopi Dalam Tulisan, Kopi Dalam Perjalanan

  Siapkan segelas cangkir, lalu lemparkan tiga sendok bubuk hitam itu ke dalamnya. Tambahkan tiga sendok gula pasir lokal yang berwarna kecoklatan sampai ia tertumbuk di dasar cangkir. Tuang air putih panas secukupnya, lalu aduk perlahan hingga kedua unsur di dalamnya berbaur menjadi satu. Sekejap kemudian, aroma kopi yang khas menyeruak lepas, seiring dengan kepulan […]

5 Alasan Untuk Datang ke Waterbom

Tinggal di sebuah negara tropis dengan suhu yang hangat sepanjang tahun, kadang malah puanase poool kayak tetanggaan sama matahari, you will never go wrong with waterbom. Di tengah hawa panas yang terik atau lembab, waterbom adalah pelarian cepat dan dekat untuk berlindung dari ganasnya cuaca perkotaan. Sebelumnya, gue mau kasih tau dulu nih, ternyata Waterbom […]

Hotel Cordela Cirebon, Rekomendasi Bintang 2 di Kota Udang

Terletak hanya 4 jam perjalanan kereta api dari Bandung (dan Jakarta), membuat Cirebon cocok jadi pelarian singkat selama 2 hari di akhir pekan. Selain itu, kalau kehabisan kereta, Kota Udang ini juga dapat dicapai dengan bus Bandung-Cirebon yang hanya seharga Rp 50.000,00 atau travel shuttle car seharga kurang lebih Rp 200.000,00.  Jadilah, weekend  7-8 Oktober […]

Jatuh Cinta dengan Morning Glory Rooftop Cafe, Bandung

Pernah nggak kalian pergi ke suatu tempat, lalu — saking senangnya sama tempat itu — kalian lantas nggak sabar buat menuliskan ceritanya di blog? Mengabaikan tempat-tempat lainnya yang dikunjungi sebelumnya dan mangkrak di benak-benak. Gue pernah, bahkan beberapa kali. Salah satunya adalah saat gue mampir ke Morning Glory Rooftop Cafe yang berada di Mitra Hotel, […]

Jilbab Backpacker

Travel-Architecture-Halal Lifestyle Blog

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

Ferdi Cullen-The Microtraveller

A microtraveller is a journey local or overseas that is short, flexible, simple, cheap – yet still fun, exciting, challenging, refreshing and rewarding

Pink Traveler

Kemasi ranselmu dan pergilah melihat dunia

#FDCG

SEBUAH CATATAN TENGIK ANAK TEKNIK

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Andromeda Noholo

Yang terjadi di Andromeda

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

CERITA LIANA

Travel More, Share More

Casa Fasa

Travel & Life

Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

Jalancerita

Tiap Perjalanan Punya Cerita

Tukang Ngider

Ngider terus, terus ngider. KUY, DER!

Liza-Fathia.Com

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

Eka Hei

Selalu ada cerita dalam setiap langkah

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

Papan Pelangi

tempat berjalan dan bercerita

Peregrination

Jalan-Jalan | Kuliner | Review

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

The Spiffy Traveler

Exploring Endless Paradise

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Travel Blog Evi Indrawanto

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Travel Vlogger Indonesia

Travel Vlogger Indonesia, menginspirasi, berbagi informasi liburan dan vlog jalan jalan

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Fahmi Anhar

Travelogue

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Usemayjourney

Melihat, Mendengar, Memaknai

Winny Marlina

Winny Marlina– whatever you or dream can do, do it! travel