Ketika Transportasi Umum di Jakarta Tak Kalah Nyaman dengan Kota-Kota Asia Tenggara

KRL Commuter Line tiba di Stasiun Gondangdia

Stasiun MRT Bandara Changi Singapura sukses membuat saya terperangah kala itu. Bulan Oktober tahun 2013 adalah momen yang tak akan pernah saya lupakan. Saat itu, untuk pertama kalinya saya melakukan perjalanan mandiri, pertama kalinya saya naik pesawat terbang, dan pertama kalinya menjejakkan kaki di luar negeri. Stasiun MRT itu tampil megah dengan langit-langit yang tinggi, peron yang luas, dan pintu peron yang dapat terbuka dan tertutup otomatis. Segala sesuatunya terlihat rapi, bersih, dan mengilap. Di dalam hati, saya berkata, “Kapan ya Jakarta bisa seperti ini?”

Di dalam perjalanan itulah, saya menemukan minat dan kecintaan saya kepada transportasi umum, khususnya transportasi berbasis rel. Kecintaan ini menumbuhkan antusiasme saya untuk berkelana ke negara-negara tetangga untuk mencari tahu seperti apa sistem perkeretaapian di sana, minimal untuk angkutan berbasis rel di dalam ibukotanya. Malaysia, Thailand, Kamboja, Vietnam, Myanmar, Makau, dan Hong Kong adalah sederet destinasi yang berhasil saya kunjungi sejauh ini. Dari kota-kota yang pernah saya kunjungi, hanya Kuala Lumpur, Bangkok, dan Hong Kong yang sudah memiliki sistem angkutan massal berbasis rel seperti halnya Singapura.

Kereta LRT Kelana Jaya Line di KL Sentral, Kuala Lumpur

Enam tahun berselang sejak kedatangan pertama saya ke Singapura, ibukota kebanggaan saya akhirnya punya MRT juga! Saya menyambut berita peresmian MRT Jakarta itu dengan sukacita. Akhirnya, Jakarta mengejar ketertinggalan dengan ibukota-ibukota tetangganya. Bulan Mei 2019 ketika MRT Jakarta sudah beroperasi secara komersil, saya bela-belain datang ke Jakarta dari Bandung demi bisa menjajal MRT Jakarta, meski hanya menginap 1 malam di akhir pekan karena keterbatasan waktu sebagai seorang karyawan kantoran.

Lalu bagaimana MRT Jakarta, dan sistem transportasi umum di Jabodetabek secara umum, jika dibandingkan dengan Singapura, Kuala Lumpur, dan Bangkok? Secara singkat, dapat saya katakan dengan bangga, bahwa kualitas transportasi umum di Jakarta sudah setara dengan kota-kota itu!

Baca juga: Memahami Transportasi Publik di Singapura (MRT, LRT, Bus, dan Sentosa Express)


Nyamannya MRT Jakarta

Banyak yang tidak tahu, kalau Jakarta bukan satu-satunya kota di Asia Tenggara yang baru memiliki 1 jalur MRT. Kuala Lumpur, Malaysia, juga baru punya 1 jalur MRT. Jalur kereta yang sudah ada sebelumnya adalah jalur LRT, monorel, kereta komuter, dan kereta bandara yang nanti juga akan kita bahas di bawah. Namun, jalur MRT di Kuala Lumpur ini memang unggul soal panjang lintasan, mencapai lebih dari 50 kilometer! Sementara panjang lintasan MRT Jakarta baru 16 kilometer karena baru fase pertama. Dari jumlah jalur, Singapura adalah yang paling unggul dengan 5 jalur MRT (dan terus berkembang pesat), diikuti Bangkok sebanyak 4 jalur, itu juga bila kita asumsikan kedua jalur BTS/Skytrain di Bangkok sebagai MRT.

Baca ulasannya di: Berkenalan dengan MRT Kuala Lumpur

Tangga, eskalator, dan elevator tersedia di dalam stasiun MRT Jakarta

Salah satu akses di Stasiun MRT Jakarta Bundaran HI

Gerbang masuk area berbayar MRT Jakarta

Pintu peron di stasiun bawah tanah Bundaran HI

Dari fasilitas stasiun, stasiun-stasiun MRT Jakarta tak ada bedanya dengan ketiga kota lainnya. Stasiun dilengkapi dengan tangga manual, eskalator, elevator, mesin tiket, loket petugas, pintu gerbang masuk/keluar otomatis, dan pintu peron―baik di stasiun bawah tanah maupun stasiun layang. Aturan yang diberlakukan pun kurang lebih sama, seperti tidak boleh makan, minum, merokok, dan membuang sampah sembarangan.

Stasiun-stasiun MRT Jakarta juga sudah terintegrasi baik dengan moda transportasi dan fasilitas umum lainnya. Contohnya adalah Stasiun MRT Bundaran HI dengan halte TransJakarta Bundaran HI, Stasiun MRT Dukuh Atas dengan Stasiun Sudirman dan Stasiun BNI City, dan Stasiun MRT Blok M dengan Blok M Plaza. Integrasi dan konektivitas ini sangat penting untuk menunjang kenyamanan penumpang yang naik/turun dan berganti moda.

MRT Jakarta

Kereta MRT Jakarta yang sepi di hari Minggu tengah malam

Nyamannya MRT Jakarta

Baca ulasannya di: MRT Jakarta Review and Travel Guide

Meski belum driverless, namun kenyamanan kereta Ratangga MRT Jakarta ini sudah sepadan dengan kereta MRT di Singapura, KL, dan Bangkok. Kereta dilengkapi dengan AC yang sejuk, pengumuman penumpang (passengers announcement) dalam 2 bahasa, kursi prioritas, pintu otomatis, bahkan informasi pada layar digital yang menunjukkan pintu sisi mana yang akan terbuka dan posisi gerbong saat berhenti. Seingat saya, baru di MRT Jakarta ini saya melihat adanya informasi lokasi gerbong. Teknologi yang diterapkan pada MRT Jakarta adalah Grade of Automation 2 (GoA2), di mana masinis hanya mengendalikan keberangkatan dan buka tutup pintu kereta. Selebihnya, seperti perjalanan kereta dan perubahan kecepatan, diatur secara otomatis oleh sistem. Jadi, bisa dikatakan kereta MRT Jakarta ini sudah semi otomatis.


Nyamannya Kalayang dan Kereta Bandara

Kita patut berbangga, Bandara Internasional Soekarno-Hatta adalah satu dari 3 bandara di Asia Tenggara yang dilengkapi dengan airport skytrain, atau yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan kalayang. Selain Bandara Soetta, skytrain di Asia Tenggara hanya bisa ditemukan di Changi International Airport dan Kuala Lumpur International Airport. Bahkan Bandara Suvarnabhumi di Bangkok pun belum dilengkapi fasilitas ini. Skytrain menghubungkan ketiga terminal di Bandara Soetta, beroperasi dari sekitar jam 4 pagi hingga lewat tengah malam. Tak hanya sekadar ada, skytrain Bandara Soetta ini juga modern, rapi, dan bersih, lengkap dengan pintu otomatis pada peron dan kereta. Satu rangkaian terdiri dari 2 kereta. Ada banyak tempat duduk sehingga penumpang bisa naik dengan nyaman, tidak seperti skytrain di Changi yang minim bangku penumpang.

Sebuah skytrain di Terminal 2, Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Tiba di stasiun skytrain Terminal 3, Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Jadwal Kalayang (Skytrain) Bandara Soekarno-Hatta

Jika sebelumnya jembatan penghubung dengan stasiun skytrain hanya ada di Terminal 3, sekarang Terminal 2 juga sudah terhubung ke stasiun skytrain dengan jembatan pedestrian yang disebut skybridge. Ini tentu menambah kenyamanan penumpang, nggak perlu lagi acara geret-geret koper menyeberang jalan. Saya sudah mencoba sendiri skybridge ini dalam rangkaian perjalanan ke Hainan beberapa hari lalu. Namun karena saya terburu-buru, jadi nggak sempat foto-foto saat itu. Sistem skytrain ini juga sudah terintegrasi dengan sistem kereta bandara.

Kalayang yang mulai beroperasi sejak 17 September 2017 ini merupakan gebrakan pertama Joko Widodo – Jusuf Kalla melalui Kementerian Perhubungan atau Kemenhub dalam hal pembangunan transportasi umum berbasis rel di wilayah Jabodetabek. Sebelum ada kereta bandara, MRT, dan LRT Jakarta, kalayang inilah yang lebih dulu ada. Sebelum ada kalayang, penumpang yang salah terminal atau harus berganti terminal di periode transit hanya bisa mengandalkan bus atau taksi yang lama tempuhnya nggak bisa diprediksi karena lalu lintas yang horor! Berkat kalayang, jarak tempuh antar terminal bisa dipangkas dalam waktu 5-7 menit.

Baca ulasannya di: Skytrain, Connecting The 3 Terminals of Soekarno-Hatta International Airport

Papan petunjuk di stasiun skytrain Terminal 3, Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Menyusul kalayang atau skytrain, kereta bandara Soekarno-Hatta yang bernama Airport Railink Service (ARS) diluncurkan pada 26 September 2017. Saat itu, kereta baru melayani rute Bandara Soekarno-Hatta – BNI City (Sudirman Baru) dengan lama tempuh sekitar 50 menit perjalanan. Baru-baru ini, kereta bandara akhirnya melayani rute Stasiun Manggarai. Penumpang yang naik KRL Jakarta-Bogor dan Jakarta-Bekasi kini bisa dengan nyaman berpindah ke kereta bandara di Stasiun Manggarai. Penumpang MRT Jakarta bisa turun di Stasiun MRT Dukuh Atas dan berpindah ke Stasiun BNI City karena sudah ada akses pejalan kaki yang bebas dari kendaraan bermotor. Kereta beroperasi setiap 30 menit dari jam 5:10-21:40 (untuk keberangkatan dari Manggarai) dan jam 6:20-23:20 untuk rute sebaliknya.

Selain Indonesia, hanya Malaysia, Thailand (tepatnya di Bangkok), dan Kamboja (yang diluncurkan baru-baru ini) yang memiliki kereta bandara. Kereta bandara Soekarno-Hatta ini menurut saya sudah nyaris head to head dengan KLIA Ekspres di Malaysia. Interior keretanya elegan, kursi ditata berbaris 2-2, ruang koper yang lega, dan bahkan ada USB port. Sementara kereta yang melayani Bandara Changi adalah kereta MRT dan kereta yang melayani Bandara Suvarnabhumi mirip seperti kereta komuter. Sementara kereta bandara Phnom Penh di Kamboja, yah, namanya juga negara yang belum lama bangkit, jadi maklum dengan teknologi kereta yang belum secanggih kota-kota Asia Tenggara lainnya. Selain di mesin tiket, tiket kereta bandara Soekarno-Hatta juga bisa dibeli online di website resmi ARS dan online travel agent lainnya.

Baca ulasannya di: Going to Jakarta Riding The Soekarno-Hatta’s Airport Train

Kereta bandara Soekarno-Hatta

Di dalam Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Tak hanya Bandara Soekarno-Hatta, kereta bandara juga hadir di Bandara Kualanamu Sumatera Utara, Bandara Minangkabau Sumatera Barat, dan kelak akan disusul oleh Solo. Malah, ARS Bandara Kualanamu lebih dulu beroperasi daripada ARS Soekarno-Hatta. Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang terhubung dengan jalur LRT, sementara Bandara Adi Sucipto di Yogyakarta dilayani oleh kereta Prambanan Ekspres. Mudah-mudahan pembangunan kereta bandara terus dilanjutkan di berbagai daerah ya, agar lebih banyak bandara Indonesia yang nyaman diakses. Ngomong-ngomong, saya juga sudah mencoba kereta Solo Ekspres yang kelak akan dipakai untuk kereta bandara Solo. Modelnya serupa dengan kereta Minangkabau Ekspres.

Baca ulasannya di: Pengalaman Baru Naik Kereta Api Solo Ekspres

Di masa pemerintahan Jokowi-Kalla periode 2014-2019, sederet bandara di Indonesia memenangkan penghargaan internasional! Yang terbaru, pada Airport Quality Service (AQS) Awards 2018 yang dirilis Maret 2019 dan telah menyurvei tak kurang dari 90 negara, 7 bandara Indonesia meraih penghargaan. Ketujuh bandara ini adalah:

  • Bandara Sepinggan Balikpapan: Best Airport, Best Environment & Ambience, Best Customer Service, dan Best Infrastructure & Facilitation kategori bandara dengan 5-15 juta penumpang per tahun
  • Bandara Sultan Thaha Jambi: Best Airport, Best Environment & Ambience, Best Customer Service, dan Best Infrastructure & Facilitation kategori bandara di bawah 2 juta penumpang per tahun
  • Bandara Depati Amir Pangkalpinang: Best Airport, Best Environment & Ambience, Best Customer Service, dan Best Infrastructure & Facilitation kategori bandara di bawah 2 juta penumpang per tahun
  • Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang: Best Airport, Best Environment & Ambience, Best Customer Service, dan Best Infrastructure & Facilitation kategori bandara 2-5 juta penumpang per tahun
  • Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru: Best Airport, Best Environment & Ambience, Best Customer Service, dan Best Infrastructure & Facilitation kategori bandara 2-5 juta penumpang per tahun
  • Bandara Siborong-borong (Sumatera Utara): Most Improved Airport in Asia-Pacific, Best Environment & Ambience, Best Customer Service, dan Best Infrastructure & Facilitation kategori bandara di bawah 2 juta penumpang per tahun
  • Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang: Best Environment & Ambience dan Best Infrastructure & Facilitation kategori bandara di bawah 2 juta penumpang per tahun.

Tiba di Bandara Depati Amir, Pangkalpinang

Lalu bagaimana dengan Bandara Soekarno-Hatta? Dalam World’s Best Airport Award 2018 versi Skytrax, Soetta berada di urutan 45, lalu naik 5 peringkat di tahun 2019. Sekilas memang bukan di urutan tinggi, namun di region Asia Tenggara, Soetta lebih unggul dari KLIA di Malaysia dan Suvarnabhumi Airport Bangkok. Membanggakan! Masih dari Skytrax di tahun 2018, penghargaan bintang 4 diberikan kepada Bandara Kualanamu, Bandara SMB II Palembang, dan Bandara SSK II Pekanbaru. Sementara Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali mendapatkan bintang 3.

Dari bandara-bandara di atas, baru Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Kualanamu, Bandara Depati Amir, dan Bandara SMB II Palembang saja yang pernah saya kunjungi. Semuanya modern, nyaman, rapi, dan bersih, jadi nggak heran kalau mendapatkan penghargaan. Ini adalah bukti bahwa sektor transportasi udara kita sudah diakui dunia internasional! Ini juga menjadi bukti bahwa pembangunan dilakukan secara lebih merata.


Nyamannya KRL Commuter Line Jabodetabek

Di Asia Tenggara, hanya Indonesia dan Malaysia yang memiliki sistem kereta komuter. Kereta komuter di Malaysia hanya ada 2 jalur, Laluan Seremban dan Laluan Klang, menjangkau kawasan metropolitan Klang Valley hingga Negeri Sembilan. Urusan jalur, KRL Jabodetabek atau Commuter Line unggul dengan 5 jalur sehingga mempermudah warga dari berbagai sudut untuk menjangkau layanan ini.

Baca ulasannya di: Memahami Transportasi Publik di Kuala Lumpur

Passengers boarding at Sudirman Station

Jakartans inside the coaches

KRL Commuter Line terus berbenah. Saya masih ingat, ketika dulu ke Jakarta saat saya masih berstatus sebagai mahasiswa, KRL itu kotor dan nggak nyaman. Sekarang, kereta dan stasiunnya sudah bersih, stasiun-stasiun dirapikan dan direnovasi, konektivitas antar moda ditingkatkan, mesin-mesin tiket dipasang, akses antar peron juga dipernyaman sehingga penumpang tidak perlu menyeberang jalur rel saat ingin berpindah peron. Salah satu inovasi terbaru KRL Commuter Line ini adalah kehadiran pengumuman penumpang seperti layaknya di kereta MRT.

Dalam pemerintahan Jokowi-Kalla 2014-2019, tercatat ada tak kurang dari 4 stasiun baru yang dibangun Kemenhub untuk KRL Commuter Line. Keempatnya adalah Stasiun Bekasi Timur, Stasiun Cibitung, Stasiun Cikarang, dan Stasiun Cisauk BSD City. Keempatnya memiliki desain bangunan dan fasilitas selayaknya stasiun MRT. Relasi Jakarta Kota – Bekasi yang semula hanya sampai Bekasi, kini diperpanjang hingga Stasiun Cikarang.

Stasiun KRL Commuter Line Tanah Abang, Jakarta

Stasiun KRL Commuter Line Palmerah

Saya paling suka naik KRL Commuter Line di Stasiun Jayakarta, Mangga Besar, Sawah Besar, Juanda, Gondangdia, dan Cikini. Karena stasiunnya berupa jalur layang (bukan jalur menapak tanah atau on-ground), jadi seperti naik MRT aja gitu.


Nyamannya LRT Jakarta

Selain MRT, Jakarta juga sekarang sudah punya LRT. Selain Indonesia, negara Asia Tenggara lainnya yang memiliki sistem LRT adalah Singapura, Malaysia, dan Filipina. Namun karena saya belum pernah mencoba LRT Manila (dan LRT Palembang yang sudah lebih dulu ada sebelum LRT Jakarta), pembahasan LRT ini akan saya fokuskan pada Jakarta, Kuala Lumpur, dan Singapura.

Hasil gambar untuk lrt jakarta

Dari segi desain, kereta LRT Jakarta ini mirip dengan kalayang Bandara Soekarno-Hatta yang sama-sama diproduksi Hyundai, Korea Selatan. Desain LRT kita sudah sama-sama modern dengan desain kereta LRT di Kuala Lumpur dan Singapura. Seluruh jalur LRT Jakarta dibangun melayang di atas tanah atau elevated sama seperti LRT Singapura, sementara jalur LRT di Malaysia ada yang jalur layang, jalur bawah tanah, dan jalur menapak tanah (on-ground).

Dibandingkan dengan LRT Kuala Lumpur dan Singapura, kita patut berbangga lho dengan LRT Jakarta. Pasalnya, peron stasiun LRT Jakarta dilengkapi dengan pintu peron otomatis (automatic platform screen doors). Di Kuala Lumpur, pintu peron otomatis ini hanya didapati di kelima stasiun bawah tanahnya, yaitu dari Stasiun Masjid Jamek hingga Stasiun Ampang Park pada Laluan Kelana Jaya.

LRT di Singapura

Stasiun LRT KLCC untuk Laluan Kelana Jaya, salah satu stasiun bawah tanah

Baca ceritanya di: Membaur Bersama Singapura dengan LRT

Selain LRT Jakarta yang saat ini beroperasi menghubungkan Velodrome hingga Pegangsaan Dua sejauh 6 kilometer, ada satu proyek LRT lagi yang juga sedang dikerjakan di Jakarta: LRT Jabodebek. Pembangunan LRT Jabodebek ini memang sekilas terkesan lama. Ini karena LRT Jabodebek langsung mengerjakan 3 lintasan sekaligus, yaitu Dukuh Atas – Cawang, Cawang – Cibubur, dan Cawang – Bekasi. Saat ini, pembangunan LRT Jabodebek secara keseluruhan sudah mencapai lebih dari 66%, dengan lintas Cawang – Cibubur memiliki kemajuan terbanyak hingga lebih dari 85%. Saya benar-benar nggak sabar menunggu LRT Jabodebek mulai beroperasi! Nantinya, LRT Jabodebek akan memiliki panjang lintasan hingga 44 km dan terhubung dengan MRT Jakarta.


Nyamannya BRT TransJakarta

Kita juga patut berbangga, karena sistem bus rapid transit di ibukota kita, TransJakarta, didapuk sebagai BRT terpanjang di dunia! Rekor ini bahkan melebihi TransMilenio, BRT di Bogota yang konon menjadi inspirasi pembangunan TransJakarta. Tidak heran, karena saat ini jalur TransJakarta sudah mencapai lebih dari 251 kilometer dan beroperasi 24 jam.

Salah satu armada busway TransJakarta

Halte BRT TransJakarta yang sudah direnovasi

Sejak pertama kali beroperasi di tahun 2004, TransJakarta sekarang juga semakin berbenah agar selaras dengan MRT/LRT Jakarta yang baru dibangun. Selain armada bus baru dari SCANIA yang lebih nyaman, halte-halte TransJakarta yang sudah direnovasi sekarang dipernyaman dengan peron yang lebih lebar, kehadiran pintu peron, informasi kedatangan bus, dan bahkan jembatan-jembatan penyeberangan instagrammable yang menjadi sasaran obyek foto media sosial! Wah, sekarang naik transportasi umum tak hanya lebih aman dan nyaman, tapi juga lebih bergengsi.

Saat ini layanan bus di Jabodetabek juga tak hanya dilayani TransJakarta, tapi juga sudah ada Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB), TransJabodetabek, MiniTrans, dan Royal Trans. Tentunya ini memperkaya opsi transportasi umum untuk warga. Halte-halte TransJakarta yang terletak dekat stasiun MRT, LRT, dan KRL Commuter Line juga sudah direnovasi agar memiliki konektivitas antarmoda yang baik.

Kereta BTS di Bangkok melaju di area Victory Monument

Mesin tiket BTS Bangkok, perhatikan peta dan petunjuk harga di papan sebelah kanan

Selain Jakarta, sistem bus seperti BRT ini juga hadir di beberapa kota besar di Indonesia seperti TransJogja, Trans Semarang, Batik Solo Trans, dan Trans Musi. Jadi tak hanya warga ibukota saja yang sekarang mudah bepergian di dalam kotanya. Di Asia Tenggara, BRT hanya hadir di beberapa kota, seperti Bangkok, Kuala Lumpur (BRT Sunway Line), dan Hanoi. Masing-masing hanya satu jalur, dan ketiganya juga tergolong kurang diminati warga meski sebenarnya juga sudah nyaman.

Baca Juga: Memahami Transportasi Publik di Bangkok (BTS/Skytrain, MRT, Airport Rail Link, Chao Praya Express, dan Bus)


Sebagai warga negara Indonesia, saya sangat bangga dengan kinerja Kemenhub di bidang transportasi umum dalam era pemerintahan Jokowi-Kalla 2014-2019. Bepergian antarkota dan di dalam kota sekarang, walaupun belum sempurna, tapi sudah jauh lebih nyaman dari sebelumnya. Kalau mau bepergian dengan pesawat terbang, sudah ada bandara-bandara yang modern dan nyaman. Transportasi di dalam kota pun sudah ada bus kota atau BRT yang nyaman, bahkan sudah ada sistem kereta urban di Jakarta.

Lalu kalau mau bepergian antarkota di Pulau Jawa, bisa naik kereta api yang nyaman atau berkendara di atas jalan-jalan tol baru yang mulus. Udah nggak ada lagi acara berdiri atau ngemper desek-desekkan di dalam kereta, seluruh penumpang duduk dengan nyaman di kursi masing-masing. Keretanya bersih, ber-AC, dilengkapi colokan listrik, dan bisa memesan makan dan minum. Pemesanan tiket kereta api pun sudah banyak tersedia di kanal online sehingga sangat memudahkan penumpang.

Ikuti terus perkembangan pembangunan infrastruktur transportasi Indonesia di kanal-kanal berikut:

Interior kereta api Solo Ekspres

Kereta api Argo Parahyangan Economy Premium

Saya sangat bersyukur atas pembangunan yang Kemenhub lakukan dalam 5 tahun terakhir. Maka, sebagai timbal baliknya, sudah menjadi tugas kita untuk menjaga infrastruktur yang sudah ada agar tetap bersih, rapi, dan nyaman. Transportasi kita adalah denyut nadi kehidupan sehari-hari kita. Mau lancar atau tersendat, kita sendiri yang menentukan.

70 komentar

  1. Salut sih sama kamu yang suka coba-coba transportasi. Aku sih tahunya kamu tuh soal transportasi jagoannya dan detil.

    1. Mungkin karena memang udah senengnya di situ ya, koh. Yah semoga berbuah manis 😀

      1. Duuuh ibukota udah benar benar banyak kemajuan dibidang transportasi ya kak….kalo banyak pilihan transportasi umum di Jakarta, alangkah senang kami yg dari desa ini berlibur dijakarta dan menikmati moda transportasi nya….terutama mau coba MRT nya..

      2. Betul. Seneng ya kalo ibukota udah berkembang pesat kayak gini 🙂

  2. Wah. Penjabarannya panjang & lengkap! Aku kalau pergi2 sendirian juga lebih enak naik transportasi umum begini nih. Apalagi tambah enak & nyaman aja sekarang ya. Good luck ya Mas!

    1. Iya kak, aku juga suka naik transportasi umum. Wajib budayakan! 😀
      Makasih ya sudah mampir

  3. Super lengkap & analisisnya mendetail.. mantab👍🏼👍🏼

  4. Fanny Fristhika Nila · · Balas

    duuuuh lengkaaaap banget mas, dan kliatan kalo kamu nulisnya ga cuma asal, tp pake riset :).

    aku jujurnya yg selalu pake mrt di LN, tp malah blm rutin nyobain yg di jakarta. cm sekali pas msh gratis wkwkwk.. apalagi commuterline. Sbnrnya sih krn masih serem aja ama cerita temen2 yg rutin pake CL , ttg ruamenya yg ampun gilaaak hahahaha.. kalo mrt aku g rutin , krn jalurnya ga ada di deket rumahku ato kantor.. moga2 sih nanti bisa melewati rumahku rutenya :D. krn biar gimana, aku lbh suka naik mrt sih dibanding public transport lain

    1. Trimakasiiihhh. Haha, iya anaknya memang suka kepoin tentang transportasi.

      Wah, aku kalo tinggal di Jakarta mungkin bakal sesering mungkin diusahakan naik MRT, kak. Sama, seneng aja naik kereta MRT atau LRT gitu.

  5. saya selalu suka kalau main ke Jakarta selalu menggunakan transportasi umumnya, mulai dari kereta, bus dan yang lain-lainnya. Sebagai penduduk DKI Jakarta yang sudah merantau di ibukota selama 15 tahun, benar-benar bisa terlihat kalau tranpostasi di Jakarta itu semakin memadai, aman dan nyaman euy..

    Antar kota antar transpotasinya juga makin baik. Jaman dulu saya mana berani buka laptop dan kerja dalam kereta. Sekarang kan udh bisa dan nyaman kan. tapi tetaplah harus waspada sama barang bawaan sendiri.

    Pokoknya kusuka deh sama kinerja Kementrian Perhubungan di era saat ini euy..

    1. Yes, aku juga suka bangeeettt! Malah menurutku commuting di Jakarta itu lebih nyaman daripada di Bandung karena sekarang banyak pilihan.

  6. Naik MRT aku paling seneng nih Guh, walau aksesnya gak sampai ke tempatku. Kalau mau naik MRT, tetep kudu naik KRL atau TJ dulu, but it’s okay.

    Amat berharap pembangunan MRT berkelanjutan menjangkau area-area padat penduduk di Jakarta.

    1. Yes, semoga MRT dan LRT ke depannya menjangkau banyak area di Jakarta ya.

  7. Mudah2an Medan segera menyusul punya kereta api sebagai transportasi masal…
    good luck ya…

    1. Amin. Kalo gak salah bakal ada rencana LRT di Medan.

      1. oiya? Wah kabar baik dong. Aamiin…

  8. Nyaman banget kelihatannya transportasi disana yah,bang. Aku belum pernah nyobain nih MRT di Jakarta.Selama ini masih coba di negera tetangga aja. Next, main ke Jakarta lagi nyobain ah. Medan sendiri belum punya sistem transportasi yang begini tapi proses pembangunannya uda ada.

    1. Doa terbaik juga untuk Medan ya. Semoga LRT dapat segera terwujud.

  9. Aku ingin naik MRT, huhuhu
    Fasilitasnya ughhhh, keren sihhhh… Bersih, nyaman.. Kl ke jkt mau kusempetin nyobain naik MRat ah

    1. Wajib! Cuma perlu waktu sebentar kok buat coba MRT 🙂

      1. Noted, mas. Besok kl naik MRT kupamerin mas Nugi. Wkwk

  10. Kalo di buat list nya gini jadi tau ya udah banyak kemajuan transportasi yang dilakukan pemerintah, sekarang tinggal tugas kita sebagai rakyat menjaganya, minimal dengan nggak buang sampah sembarangan . Asikk nanti dari bekasi bisa naik LRT ya… ga sabar.. semoga nyamannya transportasi publik ke depannya juga dapat mengurangi kemacetan juga polusi di Jakarta, Amin….

    1. Yes. Sebagai warga negara yang baik dan nggak egois, kita wajib menjaganya.

  11. lengkap banget informasinya mas. semakin maju transportasi sekarang hihihih

    1. Amin. Makasih ya sudah mampir.

  12. mudah-mudahan kota-kota lainnya ketularan jakarta. bandung nih, sumpek bener macetnya, butuh LRT, MRT, kereta-kereta dalam kota pokoknya. Supaya gak kena macet waduuh mau ke bubat dari ledeng aja lamanya bikin stres! ojek online lagi ojek online lagi

    1. Amin amin. Bener, Bandung udah sumpek, butuh LRT atau monorel. Semoga segera ya.

  13. Jakarta emang keren banget ya Mas. Punya MRT dan LRT sekarang. Dulu tahun 2010 pertama kali ke Singapura naik MRT sampai nyasar nyasar saking belum pernah. Tahun 2010 pertama kali bawa anak anak keluar negeri juga takjub banget naik monorail di KL. Sekarang Jakarta dah canggih.

    Dulu tahun 1995 kelas 2 SMA pertama kali naik pesawat ke Bangka, Depati Amir bandaranya sederhana banget. Dua tahun lalu 2017 liburan ke sana bawa krucils berlima bandaranya dah kereen. Salut buat kemenhub.

    1. Semoga pembangunan MRT dan LRT di Jakarta lanjut terus ya biar semakin keren.

  14. dianisekaring · · Balas

    Lengkap banget ulasannya Mas. Kalau saya adalah pengguna setia KRL Commuter, salah satu transportasi umum tercepat dan termurah buat penghuni kota satelit seperti saya. Bandara di Indonesia juga makin bagus, maju dan mendapatkan pengakuan secara internasional. Favorit saya Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dan Yogyakarta International Airport Kulonprogo.

    1. Yes, buat transportasi jarak jauh di Jabodetabek, KRL saat ini adalah pilihan terbaik.

      Woh, udah cobain bandara baru Jogja, aku belom 😀

  15. Belum lama ini nyobain LRT dan MRT di Manila. Bikin kesal, mending naik busway di Jakarta. Hehehe…

    1. Wah aku baru ke sana Februari besok. Can’t wait!

  16. Wow banget ini tulisannya. Benar-benar lengkap dengan data yang terperinci
    Luar biasa sih kamu nulisnya euy

    Ngomong-ngomong soal transportasi publik masa kini, terasa banget lho perubahannya ke arah lebih baik. Aku ngerasain banget dulu naik kereta ekonomi yang berjubel, tanpa AC, jendela pintu terbuka, kalau hujan air masuk dalam gerbong, banjir, gelap masih ditambah pedagang asongan mondar mandir. Ou tak lupa banyak yang naik di atas gerbong huhuhu

    Makanya sekarang commuter line bisa begini, buatku itu prestasi banget. Ternyata kita bisa lho lebih tertib dan disiplin. Apalagi kemudian ada MRT dan LRT. Indonesia kereeeen

    1. Waaa terima kasih, kaaakkkk.

      Yes, infrastruktur transportasi kita berkembang pesat! Dimulai dari Jawa, lalu ke pulau-pulau lainnya. Indonesia bisa!

  17. Hampir semua moda yang dibahas disini udah dicobain semua khusus yang di Indonesia sih bang hehe. Jadi kangen nail MRT dan LRT di Jakarta euyy haha. Sama Kereta Bandara deng yang belum nyobain wkkwk

    1. Aku malah LRT yg belum coba. Cobain negara2 tetangga juga, Pul.

  18. Sebagai pengguna rutin Transjakarta dan Commuter Line, saya sangat bangga membaca ulasan lengkap tentang perkembangan kendaraan umum di Indonesia. Transportasi umum sekarang dan 20 tahun lalu sudah jauh banget berbeda. Waktu saya kuliah, saya mengalami diam di dalam gerbong KRL yang penuh sesak, dan kereta waktu itu berhenti karena … ada penumpang di atap yang meninggal kelistrikan. Memang waktu itu tiba-tiba gerimis dan memang banyak penumpang yang duduk di atap. Bandingkan dengan sekarang yang penumpangnya lebih teratur. Semoga transportasi umum di Indonesia semakin berkembang dan semakin diminati.

    1. Dulu mah bar-bar banget ya kayak di Bangladesh. Sekarang bersyukur infrastruktur dan warganya sudah lebih baik.

  19. Keren mas udah nyobain MRT, LRT di Indo dan negara tetangga, lambat laun Indonesia juga terus berbenah dengan membangun Insfrastrukturnya. Semoga semakin berkembang terus ya

    1. Amin amin. Maju terus untuk Indonesia.

  20. lengkap sekali info yg ditulis disini. aku tiap hari pasti berangkat dan pulang kerja menggunakan MRT, selain nyaman, waktu tempuhnya singkat dan terhindar dari macet-macetan.

    1. Waaa salut sama kamu, mbak. Semoga dicontoh semua orang yang areanya dijangkau MRT ya.

  21. Tampaknya memang nyaman naik MRT ya.. duh jadi makin ingin mencoba naik transportasi satu ini deh..

  22. dgoreinnamah · · Balas

    Tulisan ini sadis sih, lengkap banget. Saya menikmati banget tulisan ini. Mantap kali riset kau, Bang.

    Positive vibe-nya terasa banget, nggak terlalu memaksakan (maksudnya mengakui juga kalau masih ada ketertinggalan dari negara lain), ada penyajian datanya, komparasinya apik. Keren bangetlah

    Saya sejauh ini baru bisa membandingkan MRT Jakarta dengan MRT Singapura saja, dan benar apa yang kamu bilang, nggak kalah bagus kok sistem dan tata layanannya.

    Semoga kamu bisa ke negara lainnya lagi ya dan membandingkan transportasi publiknya, lalu “menyentil” dan “memuji” kemenhub melalui tulisan lainnya 🙂

    1. Waaa trimakasih baaanggg.

      Iya bang. Tujuanku memang mau menetralkan. Menyatakan kalau transportasi kita udah jauh lebih baik, tapi nggak menampik fakta akan adanya sedikit kekurangan. Supaya bangganya cukup, nggak overproud, tapi juga nggak overcritics.

      Amin amin, makasih doanya bang.

  23. kalau gue sih dulu jalan ke luar ya buat menikmati transportasi di negeri tetangga ya lebih modern dan memanjakan. Tapi kini, gua boleh berbangga hati negeri gua juga ngak kalah ama negara lain. Merdeka !

    1. Sekarang di kota sendiri juga udah bisa merasakan transportasi maju itu ya, kak.

  24. Seneng banget baca artikel ini, nyata kalau mass transportation kita makin maju. Enggak kalah dengan negara-negara sekitar kita. Aku belum nyobain semua tuh. Nugi sampai tahu beda masing-masingnya, dijabanin semua berarti. Semoga merembet ke kota-kota lain deh. Bandung misalnya…euleuh. Hiks…parah ini sih…

    1. Iyaaaaaa Bandung udah perlu banget monorel atau LRT, teh. Semoga segera terwujud ya.

  25. ariefpokto · · Balas

    Transportasi di negara kita, terutama Jakarta sudah tidak kalah dengan negara lain di Asia. Bahkan lebih baik dibanding beberapa negara lain. ada ttemen sampai melongo liat MRT kita, di negaranya belum ada.LOL

    1. Wah, temen dari negara mana tuh? Hahaha

  26. Sekarang transportasi semakin nyaman, terutama di Jakarta. Makanya saya sekarang ke mana-mana lebih suka naik transportasi umum. Mudah-mudahan aja rute MRT dan LRT cepet diperpanjang

    1. Amin amin. Jakarta semakin nyaman ya.

  27. Rui Akaruicha · · Balas

    Detail banget. Keren deh.

    Untuk transportasi Jakarta, MRT aja belum pernah saya cobain. Eh, kereta bandara juga belum ding.

    1. Tapi tinggal di Jakarta? Ayo cobain, kak.

  28. Nampaknya fokus kerja Kemenhub sepanjang 5 tahun terakhir ini memang berupa pembangunan bandara dan stasiun kereta ya. Kelihatan dari pesatnya pertumbuhan rute bandara, jalur MRT dan jalur LRT, sepanjang kerja kabinet lalu. Jakarta nih yang terasa menarik pertumbuhan jalur transportasinya. Saking menariknya, sampai 2x setahun saya nekad ke Jakarta hanya demi merasakan kereta-kereta dalam kotanya. Orang Jakarta bilang saya gabut, tapi buat saya sih, yang sedang saya kerjakan adalah menikmati hasil pembangunan pemerintahan sendiri.

    1. Betul. Aku pun jadi seneng jalan-jalan ke Jakarta kak 😀

  29. Saya pertama ke Singapura tahun 2002 dan pertama kali juga naik MRT. Takjub luar biasa dan berharap di Jakarta atau Bandung akan segera ada. Lalu pas 2007 mendengar akan ada monorail di Batam yang diorakarsai oleh Pak Ismeth Abdullah ketua Otorita Batam duuh bahahianya tak terkira namun begitu menginjak 2007 tidak ada pembangunan monorail sesikit pun. Duuh kecewa banget. Dan 2018 lalu MRT mulai beroperasi di Jakarta. Ya Allah betapa lamanya aku menanti Indonesia mempunyai MRT. Sampai 16 tahun kemudian.

    1. Iya. Aku denger juga berita di Batam bakal ada monorel yang bakal jadi rapid transit pertama di Indonesia. Sayang sekali belum terwujud ya.

  30. Transportasi umum di Jakarta semakin banyak pilihannya ya…Semoga terus membaik dalam kualitas transportasi dan pelayanannya harganya juga terjangkau…

  31. sebagai anak daerah, bulan lalu aku ke Jakarta takjub banget sama transportasinya. Banyak banget warga Jakarta yang udah jalan kaki ke stasiun transportasi, udah kayak negara tetangga. Semoga Surabaya segera menyusul.

    1. Yay, ikut seneng liat banyak Jakartans udah terbiasa naik angkutan umum. Semoga Surabaya menyusul!

  32. Pas aku nulis ini, LRT Jabodebek udah beroperas!

    Seneng ya. Tapi aku belum nyobain LRT nih.

    Emang ya, di masa pemerintahan yang sekarang, sistem transportasi di Indonesia makin oke, makin modern, makin cepat, makin canggih.
    Aku sebagai rakyat Indonesia, suka banget. Terima kasih yaa Indonesia!

    1. Aku juga belom cobaaa. Yuk cobain bareng. Eh yang udah beroperasi sekarang bukan LRT Jabodebek, tapi LRT Jakarta. Agak membingungkan memang.

  33. Wah mas Nugie memang juaranya kalau soal review, detail sekali penjabarannya 😀 hehe, jujur saya belum pernah coba semua transportasi di ibukota kecuali kereta bandara CGK itupun cuma 1x karena transit di Jakarta hehe. Semoga one day di Bali ada transportasi publik yang memadai juga agar ke mana-mana jauh lebih mudah (pernah baca berita katanya tahun 2020 akan mulai pembangunan rel kereta di Bali – semoga segera terealisasikan) hehe 😀

    Saya pribadi juga percaya dengan kemajuan pesat Indonesia, ke depannya Indonesia akan mampu bersaing dengan negara-negara tetangga. Apalagi koneksi jalan tol di beberapa pulau juga sudah diperbanyak ruasnya. Nggak sabar untuk melihat akan seperti apa Indonesia 20 tahun mendatang 😀

    1. Terima kasih sudah mampir, kak.

      Transportasi umum di Bali adalah PR yang cukup besar mengingat bisnis swasta sudah lama dan kuat mencengkeram di sana. Butuh pemerintah yang tegas untuk mewujudkannya.

  34. jam operasionalnya ya sama kayak singapura, pulang tengah malem no worry
    semoga keamanannya juga sama dengan negara negara tetangga & warganya juga patuh sama aturan aturan yang dibuat untuk tetep menjaga moda transportasi umum ini sama sama

    1. Tapi sekarang lagi berkurang karena corona 😦

Like atau komentar dulu, kak. Baca tanpa komentar itu kayak ngasih harapan semu :D

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Duo Kembara

Cerita Si Kembar dan Mommy Ara menghadirkan kebaikan

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

aryantowijaya.wordpress.com/

Tiap Perjalanan Punya Cerita

LIZA FATHIA

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

papanpelangi.id

Berjalan, bercerita; semoga kita terbiasa belajar dari perjalanan

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Eviindrawanto.Com

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Winny Marlina

Winny Marlina - Whatever you or dream can do, do it! lets travel

Olive's Journey

What I See, Eat, & Read

tindak tanduk arsitek

Indri Juwono's thinking words. Architecture is not just building, it's about rural, urban, and herself. Universe.

dananwahyu.com

Menyatukan Jarak dan Waktu