Tag Archives: Gunung

Tertawan Dalam Pendakian di Gunung Papandayan

Pendakian Gunung Papandayan yang gue lakukan pada awal tahun 2016 ini mungkin jadi salah satu pendakian terburu-buru dalam hidup gue. Awalnya, pendakian ini akan dilakukan pada kuartal 4 tahun 2015 bersama beberapa anggota dari sebuah grup pertemanan. Gue lupa bulan apa. Namun bencana kebakaran yang melanda Gunung Papandayan pada bulan itu membuat gunung ditutup untuk […]

#UltimateTravelmate: 3 Host, 3 Negara, 3 Cerita

Solo traveling? Memang ada keasyikan tersendiri sih. Bebas pergi ke mana pun semau kaki melangkah, selama hati dan tubuh betah, melakukan apapun yang membuat sumringah. Tapi, berdua tetap lebih baik. Berdua, kita memiliki rekan di dalam perjalanan yang selalu siaga membantu kita menentukan arah, menyelesaikan masalah, atau mengatasi keterbatasan rupiah. Tiga kali melakukan Supertrip, ketiganya […]

Menggapai Gunung Cikuray, Tertawan Samudera Awan [Part 2, Habis]

Gelap sudah mendekap, namun mas Amri dan yang lain tak kunjung tiba. Aku duduk merangkul lutut di dalam tenda, mencoba menawar dingin yang mulai merambat masuk. Johan dan Iqbal sudah tergeletak pulas di samping kanan dan kiriku, baru saja menghabiskan nasi bungkus yang (untungnya) sempat dibeli di basecamp Pemancar. Aku takut rombongan mas Amri memutuskan […]

Menggapai Gunung Cikuray, Tertawan Samudera Awan [Part1]

Gunung Cikuray yang berada di Kabupaten Garut, Jawa Barat, sudah ada di dalam daftar impian gunung-gunung Indonesia yang ingin kudaki sejak lama. Semua pendaki yang berhasil menaklukkan puncaknya, kompak menceritakan dan menunjukkan pesona samudera awan yang menawan. Google pun menampilkan citra serupa, gulungan kapas raksasa di angkasa dengan sejurus garis berwarna keperakan pemisah horizon. Akhirnya, […]

Perjuangan Haru Menuju Merbabu [Bagian 3]: Kepingan Surga di Kentheng Songo

Mendekati puncak, hujan berangsur reda, tepatnya saat kami tiba di titik pendakian yang berbatu-batu itu. Gue seneng banget bisa lepas dari jeratan jas hujan yang membatasi dan merepotkan mobilitas gue. Tak ada lagi hutan. Kini kami berjalan melalui jalan setapak yang terjal dan berbatu-batu, sementara tanaman-tanaman rendah ada di kanan dan kiri kami, tumbuh menyelimuti […]

Perjuangan Haru Menuju Merbabu [Bagian 2]

“Lo nggak capek, Ji?” tanya gue penuh keheranan melihat cowok tanggung satu itu. Aji berlari-lari gesit sepanjang jalur pendakian, lalu berhenti untuk mengambil foto, lalu berlari-lari kecil lagi, dan begitu seterusnya. “Saking antusiasnya, Mat!” jawabnya sembari tetap memicingkan mata di balik viewfinder. Padahal gue, Hanny, dan 3 orang temannya yang entah siapa namanya — gue […]

Perjuangan Haru Menuju Merbabu [Bagian 1]

Sebenernya, gue sempat merasa ragu dengan pendakian ke Merbabu ini. Am I gonna make it? Pertama, bulan April adalah bulan tersibuk selama gue bekerja. Kelar kerja kantoran jam 8 pagi sampai jam 5 sore, langsung kerja freelance lagi di kost sampai tengah malam. Sabtu Minggu pun gue tetep sibuk dengan kerjaan freelance. Kalau udah sibuk […]

2014, Sebuah Tahun Penuh Pencapaian

Jika tahun 2013 lalu adalah Tahun Kemenangan, di mana gue secara dua kali berturut-turut menjadi Juara 1 dalam ajang kompetisi travel-blog, maka tahun 2014 kemarin adalah Tahun Penuh Pencapaian! Awalnya, gue nggak berminat untuk menuliskan kaleidoskop perjalanan gue selama setahun ke belakang. Gue merasa bukan apa-apa, jika dibandingkan dengan rekan-rekan travel-blogger yang lain. Tapi, setelah […]

Situs Megalithikum Gunung Padang, Cianjur

Janjiannya sih ya jam 21.00 teng, tapi kok ya molor sampai nyaris tengah malem. Iye, gue termasuk yang molor itu #pffft Dari Terminal Kampung Rambutan, perjalanan kami mulai dengan bus jurusan Cianjur dengan tarif Rp 22.000,00. Udah AC. Saat itu bus penuh dengan rombongan anak-anak muda berkeril yang turun di daerah Cibodas, berniat untuk mendaki […]

Jadi Ketagihan Naik Gunung

Pagi di Puncak Prau terasa sangat dingin. Sementara yang lain sudah terbangun dari sejak subuh demi menunggu momen matahari terbit, gue dan bang Ridho lebih memilih untuk bertahan dalam balutan sleeping bag kami di dalam tenda. Bahkan meski sudah mengenakan jaket dan sleeping bag pun, gue tetap masih merasa kednginan. Parah! Gue hanya bisa mendengar […]

Keindahan Syahdu di Puncak Prau

Basecamp pendakian sangat ramai di siang hari yang cerah itu. Kami berkumpul di sisi basecamp, sementara beberapa anggota kami melakukan repacking — termasuk gue. Gue harus menahan sabar banget banget karena terganggu dengan para pendaki yang terus hilir mudik. Sori ya. Matras yang tadinya gue gulung rapat di dalam keril (karena nggak bisa diikat di […]

Pesona Telaga Warna

Belum genap setengah hari di kantor, sekitar pukul 1 gue udah memutuskan buat cabut dan pulang ke kost. Gue udah nggak sabar buat segera packing dan berangkat menuju ke Wonosobo malam hari itu. Akhirnya, setelah kurang lebih tidur siang selama dua jam, gue mulai memasukkan perbekalan ke dalam keril 60 L yang gue sewa semalam […]

Jilbab Backpacker

Travel-Architecture-Halal Lifestyle Blog

Guru Kelana

Perjalanan sang guru di berbagai belahan dunia

Ferdi Cullen-The Microtraveller

A microtraveller is a journey local or overseas that is short, flexible, simple, cheap – yet still fun, exciting, challenging, refreshing and rewarding

Pink Traveler

Kemasi ranselmu dan pergilah melihat dunia

#FDCG

SEBUAH CATATAN TENGIK ANAK TEKNIK

dyahpamelablog

Writing Traveling Addict

Andromeda Noholo

Yang terjadi di Andromeda

fainun.com

Family Blogger Indonesia

Daily Bible Devotion

Ps.Cahya adi Candra Blog

Lonely Traveler

Jalan-jalan, Makan dan Foto Sendirian

bardiq

Travel to see the world through my own eyes.

CERITA LIANA

Travel More, Share More

Casa Fasa

Travel & Life

Teppy and Her Other Sides

Eat well, live well, and be merry!

Mollyta Mochtar

Travel and Lifestyle Blogger Medan

Jalancerita

Tiap perjalanan punya cerita

Tukang Ngider

Ngider terus, terus ngider. KUY, DER!

Liza-Fathia.Com

a Lifestyle and Travel Blog

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

Eka Hei

Selalu ada cerita dalam setiap langkah

D Sukmana Adi

Ordinary people who want to share experiences

Papan Pelangi

tempat berjalan dan bercerita

Peregrination

Jalan-Jalan | Kuliner | Review

Guratan Kaki

Travel Blog

Omnduut

Melangkahkan kaki ke mana angin mengarahkan

The Spiffy Traveller

Exploring Endless Paradise

Efenerr

mari berjalan, kawan

BARTZAP.COM

Travel Journals and Soliloquies

virustraveling.com

Pack your dream and GO!!

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

Travel Blog Evi Indrawanto

Cerita Perjalanan Wisata dan Budaya

Plus Ultra

Stories and photographs from places “further beyond”.

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

Musafir Kehidupan

Live in this world as a wayfarer

Fahmi Anhar

Travelogue

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

Sharon Loh

Food dan Travel Blogger Indonesia

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Usemayjourney

Melihat, Mendengar, Memaknai

Winny Marlina

Winny Marlina– whatever you or dream can do, do it! travel